Cara Cek NPWP Online Untuk Mengetahui Status Pajak

Melakukan cek NPWP online dapat Anda lakukan dengan lebih praktis saat ini, sebab telah didukung oleh teknologi canggih dan dapat diakses melalui berbagai macam media elektronik seperti PC, Smartphone dan sejenisnya. Lewat metode online ini, Anda akan mengetahui terkait NPWP dan status pajak Anda telah aktif atau belum.

Perlu diketahui bersama bahwa NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor wajib dimiliki penduduk Indonesia atau sebuah perusahaan yang memiliki penghasilan dan perputaran uang di dalamnya.

NPWP sendiri juga sebagai tanda pengenalan diri dan identitas perihal Wajib Pajak Anda dalam melakukan hak serta kewajiban pajak. Dengan begitu, untuk Anda yang telah bekerja atau sudah mempunyai penghasilan dengan begitu mempunyai NPWP merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain itu Anda juga dapat melakukan cek NPWP online, karena sudah tersedia fitur pendukung yang dapat memudahkan Anda dalam melakukannya.

Bukan sekedar ada kaitannya dengan pajak saja, NPWP sendiri juga memiliki fungsi untuk berbagai keperluan administrasi, mengajukan diri ke sebuah perusahaan sebagai calon karyawan sampai keperluan mendaftar BPJS Kesehatan.

Agar dapat meninjau terkait NPWP terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan cukup mudah dan sangat praktis.

Dengan melakukan cek NPWP online Anda dapat mengetahui status pajak atau NPWP yang Anda miliki Aktif atau sebaliknya. Untuk itu, silahkan simak penjelasan dibawah ini terkait cara mengecek NPWP melalui online.

cek NPWP lewat NIK

1.       Cara mengecek NPWP via aplikasi DJP

Bagi Anda yang ingin mengecek NPWP melalui online yang pertama dapat melakukannya lewat fitur aplikasi dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak) agar dapat mengetahui secara jelas status pajak atau NPWP Anda. Tidak hanya itu, fitur dari aplikasi DJP ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan NPWP sudah aktif atau belum.

Berikut ini cara untuk cek NPWP online melalui aplikasi:

  •         Masuk ke dalam aplikasi DJP
  •         Disarankan untuk masuk dengan menggunakan akun yang sama ketika mendaftar NPWP
  •         Membuka dashboard
  •         Apabila sudah memasuki dashboard, Anda akan diperlihatkan identitas serta NPWP
  •         Apabila tidak ada tampilan apapun, berarti nomor NPWP Anda belum aktif.

Apabila ketika sudah dilakukan pengecekan dan hasilnya NPWP Anda tidak aktif, maka disarankan untuk segera melakukan pengurusan ke kantor pajak terdekat.

2.       Cara mengecek NPWP lewat situs resmi

Melakukan cek NPWP online dapat Anda lakukan melalui situs resmi seperti ereg.pajak.go.id agar dapat mengetahui status pajak dan keaktifan NPWP yang Anda miliki. Saat ini untuk bisa mengecek nomor NPWP via online terbilang sangat mudah sebab Anda hanya perlu masuk kedalam situs resmi Dirjen Pajak melalui gadget atau ponsel pribadi.

Berikut cara cek NPWP online agar lebih praktis.

  •         Pertama bukalah situs web ereg.pajak.go.id
  •         Mengisi kolom NPWP dengan lengkap serta password yang valid
  •         Kemudian tunggulah sampai tampilan pindah ke kolom email
  •         Apabila nomor NPWP Anda masih aktif, bagian kolom nama nantinya akan mendeteksi penggunanya
  •         Apabila identitas Anda tidak muncul, berarti NPWP Anda belum aktif atau bahkan tidak aktif.

 

3.       Mengecek NPWP menggunakan NIK

Mengecek NPWP online menggunakan NIK lumayan praktis sebab Anda hanya perlu KK dan KTP yang dijadikan syarat utama.

Akan tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa KK dan NIK yang ada telah sesuai untuk Anda melakukan validasi terkait NPWP via online.

Berikut cara mengecek NPWP menggunakan NIK :

  •         Pertama masuk ke dalam situs resmi dari pajak yakni https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp
  •         Lalu masukan NIK dari KTP serta nomor KK
  •         Mengisi captcha
  •         Mengklik cari
  •         Selesai

Tidak perlu khawatir apabila setelah mengecek NPWP namun status yang muncul tidak aktif. Apabila Anda melakukan cek NPWP online dan muncul status tidak aktif atau belum terdaftar, Anda dapat melakukan validasi terkait NPWP lewat Kring Pajak, live chat didalam situs pajak.go.id atau dengan mention via twitter ke @kring_pajak dengan mencantumkan #Validasi NPWP

4.       Cara mengecek NPWP lewat Email

Mengecek nomor NPWP melalui email terbilang mudah dan sangat praktis. Bila ingin melakukannya Anda hanya perlu mengirimkan bentuk permohonan ke alamat @pajak.go.id.

Sesudah itu, Anda hanya perlu menunggu balasan pesan email dari pihak Dirjen Pajak dalam 1×24 jam.

5.       Cara mengecek Nomor NPWP lewat Faksimili

Mengecek NPWP online dengan metode berikut ini dapat dikatakan jadul di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Akan tetapi, siapa tahu metode tersebut masih cocok digunakan bagi para masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Untuk dapat melakukan cek NPWP lewat faksimili Anda hanya perlu menghubungi nomor resmi dari DJP. Nantinya faksimili akan memberi fasilitas pengiriman pesan berupa surat yang nantinya akan dikirim ke DJP. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu balasannya mulai dua hingga empat hari terhitung dari waktu pengiriman dilakukan.