Cara Cek Rekening Listrik Secara Online

cek rekening listrik

Banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa sekarang PLN telah memberikan pelayanan maksimal untuk memudahkan pelanggan ketika ingin cek rekening listrik. Kemudahan pengecekan ini tidak lepas dari kemajuan teknologi, di mana masyarakat bisa cek secara online. Tapi, sayangnya masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengecek rekening PLN. Bagi Anda yang ingin cek rekening tagihan listrik secara online, di bawah ini akan dijelaskan secara terperinci.

Cara Cek Rekening Listrik Online

Tidak seperti dulu, bila ingin membayar dan mengecek tagihan listrik harus datang langsung ke kantor PLN dan mengantri. Saat ini, PLN telah menyediakan cara pengecekan dengan online yang tentu saja lebih praktis dan lebih cepat. Adapun beberapa cara yang dapat Anda pilih jika ingin melihat berapa tagihan listrik per bulannya, seperti berikut ini:

Cara Cek Tagihan dari Website

cek tagihan listrik

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk bisa mengecek tagihan listrik secara online adalah melalui website resmi PLN. Dalam website ini Anda tidak hanya bisa mengecek saja, tapi juga menemukan berbagai informasi terkait layanan dari PLN. Berikut ini caranya:

  1. Masuk ke website resmi PLN, yaitu di alamat situs web.pln.co.id.
  2. Pilihlah menu Pelanggan yang terletak pada bagian kiri atas dari website.
  3. Bila sudah, maka Anda akan menemukan beberapa pilihan menu. Anda hanya perlu memilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Pada tahapan ini, jika Anda sudah memiliki akun bisa langsung login dengan memasukan alamat email yang sudah terdaftar beserta passwordnya. Tapi jika belum mendaftar, maka Anda bisa membuat akun. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu klik tombol Daftar Akun.

Kemudian isilah data yang diminta seperti alamat email, nama Anda, nomor ID pelanggan, masukan password dan ulangi passwordnya. Lalu, masukan kode yang sudah tertera di kolom yang sudah disediakan dan klik tombol Daftar.

  1. Apabila sudah terdaftar, jangan lupa melakukan aktivasi akun yang sudah terdaftar dan login.
  2. Setelah Anda login, maka Anda akan bisa menemukan data detail tentang tagihan listrik dalam satu bulan.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi

Cara mengecek tagihan listrik secara online selanjutnya adalah melalui aplikasi yang bernama PLN Mobile. Aplikasi yang satu ini sendiri bisa Anda download dari Google PlayStore. Cara untuk mengecek tagihan listrik adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google PlayStore.
  2. Kemudian Anda bisa login jika memang sudah pernah mendaftar sebelumnya. Apabila belum, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Caranya pun mudah, hanya perlu menggunakan nomor telepon, alamat email, nama Anda dan juga nomor ID pelanggan.
  3. Bila sudah mendaftar, maka Anda bisa memilih menu Informasi.
  4. Pilih lagi menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  5. Jika sudah, maka Anda hanya perlu untuk menunggu beberapa saat. Nanti akan keluar seluruh detail berapa biaya taghan listirk Anda.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Melalui E-commerce

Tidak hanya melalui aplikasi serta website resmi milik PLN, Anda pun bisa mengecek tagihan dengan menggunakan e-commerce. Hampir seluruh e-commerce telah bekerja sama dengan PLN untuk bisa membantu pelanggan melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa e-commerce yang mungkin dapat Anda gunakan:

  • Tokopedia

Anda bisa mengecek tagihan listrik dengan menggunakan aplikasi e-commerce Tokopedia. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  • Kemudian pilih menu Top up dan Tagihan.
  • Lalu pilih lagi menu Listrik PLN.
  • Jika sudah, maka Anda akan menemukan kolom Jenis Produk Listrik. Anda dapat memilih menu Tagihan Listrik.
  • Setelah itu, Anda bisa memasukan ID pelanggan kemudian tekan tombol Lanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul jumlah biaya tagihan listrik yang perlu Anda bayarkan.
  • Shopee

Anda pun bisa mengecek tagihan PLN dengan menggunakan aplikasi Shopee, di mana berikut ini adalah caranya:

  • Bukalah aplikasi Shopee yang Anda miliki.
  • Setelah itu carilah menu Pulsa dan Tagihan, letaknya ada di bawah tulisan ShopeePay.
  • Kemudian pilihlah menu Listrik PLN.
  • Anda selanjutnya akan masuk ke laman baru di mana ada dua pilihan menu yaitu Token Listrik dan Tagihan Listrik. Pilihlah menu Tagihan Listrik.
  • Jika sudah, maka Anda hanya tinggal memasukan nomor ID pelanggan dan klik Lanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis Anda akan menerima detail tagihan listrik yang harus dibayarkan pada bulan ini.

Selain melalui e-commerce, Anda juga bisa cek rekening listrik PLN dengan menggunakan e-wallet. Beberapa e-wallet seperti Gojek, OVO atau Dana sudah memberikan layanan pembayaran tagihan listrik. Caranya pun juga sama mudahnya, hanya perlu memilih menu tagihan serta masukan nomor ID pelanggan saja. Selanjutnya Anda akan mendapatkan laporan detail besaran biaya yang harus dibayarkan.