Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Cara cek tagihan BPJS saat ini sangatlah mudah, sebab seluruh sistem untuk sekarang ini serba online, sehingga kamu bisa mengeceknya menggunakan BPJSTKU Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore. BPJS ini merupakan salah satu program yang diberikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk melindungi tenaga kerja dari kemungkinan resiko kecelakaan ketika sedang melaksanakan kerja maupun untuk risiko sosial ekonomi lainnya. 

Masing-masing perusahaan wajib untuk memberikan BPJS ini kepada seluruh karyawannya, lebih baik setiap bulan Anda lakukan cek untuk tagihan BPJS Ketenagakerjaan. 

Periksa Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Terdekat 

Apabila Anda masih menggunakan cara konvensional, periksa tagihan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan mengunjungi secara langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan baik ke kantor pusat atau kantor cabang. Apabila menggunakan cara ini, Anda harus membawa kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. 

Periksa Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU Mobile 

Anda dapat juga cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh BPJS yaitu BPJSTKU Mobile. Kamu dapat ikuti cara di bawah ini. 

  1. Download aplikasi BPJSTKU Mobile di PlayStore untuk Android dan di AppStore untuk iPhone. 
  2. Jika telah memiliki akun dapat langsung masuk menggunakan email yang sebelumnya telah didaftarkan. Sementara untuk yang tidak memiliki akun, terlebih dahulu sign up dengan mencantumkan data diri. Anda akan mendapatkan kode verifikasi pada email yang telah didaftarkan. 
  3. Selanjutnya masukan PIN aktivasi yang terdapat di email Anda. 
  4. Lengkapi seluruh data diri, seperti tanggal lahir, nama, nomor KTP, nomor handphone dan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 
  5. Masukkan kode yang Anda peroleh lewat SMS. 
  6. Langkah terakhir, Anda dapat melihat saldo pada aplikasi BPJS Kesehatan

Periksa Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Melalui Situs Resmi

BPJS kesehatan

Cara periksa tagihan BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya yaitu melalui website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.  Anda dapat menggunakan cara berikut ini. 

  1. Kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan. 
  2. Pilih menu “Layanan Peserta” yang terletak pada bagian bawah. 
  3. Lalu, klik BPJSTKU. 
  4. Jika belum memiliki akun, Anda wajib untuk membuatnya terlebih dahulu untuk dapat melihat saldo yang Anda miliki. 
  5. Selanjutnya Anda bisa login untuk mengecek jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan. 

Manfaat Menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

  • Dijadikan untuk jaminan hari tua (JHT) 

Untuk fungsi ini yaitu sebagai sebuah jaminan yang dapat diperoleh oleh karyawan selepas menempuh usia pensiun. Tentu saja program ini bertujuan supaya karyawan memperoleh uang tunai seusai masa kerjanya selesai, meninggal dunia atau mendapatkan cacat secara total. 

  • Jaminan kecelakaan kerja (JKK) 

Tidak ada yang dapat memprediksi apabila adanya kecelakaan kerja. Walaupun telah dilengkapi dengan sejumlah peralatan keselamatan, tetapi tidak ada yang dapat menjamin kejadian tersebut dapat menimpa siapa saja. Fungsi adanya BPJS Kesehatan yang utama yaitu menjamin para karyawan yang telah terdaftar pada program ini memperoleh pelayanan kesehatan serta santunan dana tunai apabila menderita penyakit yang diakibatkan karena pekerjaan maupun mendapati kecelakaan kerja.  

  • Jaminan pensiun 

Perbedaan dari jaminan hari tua dan jaminan pensiun yaitu jaminan pensiun akan dibayarkan selama setiap bulan maksimal sampai 15 tahun semenjak karyawan tersebut selesai masa kerjanya atau pensiun. Jaminan tersebut berfungsi untuk menjamin para karyawan mempunyai kelayakan hidup selepas penghasilannya berkurang. Iuran juga dapat diturunkan pada anak dari karyawan tersebut yang juga menjadi peserta, jika karyawan meninggal. 

  • Jaminan kematian (JKM) 

Yang terakhir yaitu jaminan ini berbentuk bantuan dana apabila karyawan yang ada  pada program ini meninggal bukan disebabkan adanya kecelakaan kerja. Biasanya santunan akan dialokasikan secara langsung ke pewaris dari anggota program ini. 

Itulah sejumlah fungsi dari BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang wajib Anda ketahui. Selanjutnya Anda harus ketahui tentang beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh saat mendaftarkan diri menjadi peserta dari BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dengan minimal waktu selama 5 tahun. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini. 

  • Program beasiswa untuk anak dari karyawan yang kekurangan atau tidak mampu. 
  • Fasilitas KPR baik untuk rumah tidak bersubsidi maupun bersubsidi. 
  • Layanan jasa konsultasi untuk mengatur pekerjaan konstruksi. Layanan ini memiliki tujuan demi menghindari terjadinya kesalahan teknis saat sedang melaksanakan konstruksi. Pastinya dengan tujuan utama yaitu meminimalisir risiko kecelakaan kerja. 
  • Program pelatihan untuk karyawan tentang cara meminimalisir resiko kecelakaan kerja. Hal tersebut wajib digalakkan demi menghindari adanya kecelakaan kerja, walaupun telah ada jaminan.
  • Program pinjaman guna dana renovasi hunian dengan bunga yang tergolong rendah.  

Itulah pembahasan mengenai cara cek tagihan BPJS dan juga manfaat menggunakan BPJS Ketenagakerjaan yang harus Anda ketahui, sebab terdapat banyak manfaat yang dapat Anda peroleh apabila menjadi anggota dari program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan ini.