Cara Cepat Kaya yang Mudah dan Tepat

cara cepat kaya

Siapa yang tidak ingin kaya? Mayoritas orang pasti ingin kaya,kan. Orang kaya identik dengan banyak uang. Uang memang bukan segalanya tetapi uang dapat memudahkan kita dalam segala hal seperti dalam hal bertahan hidup. 

Cara Cepat Kaya

Untuk mendapatkan uang yang banyak tidaklah mudah. Semua hal tersebut dibutuhkan kerja keras serta pengorbanan demi mendapatkan semua itu. 

Kali ini kita membahas mengenai cara cepat menjadi kaya yang mudah dan tepat. 

Bijak dalam mengelola keuangan

Banyak orang belum mengetahui cara mengelola keuangan dengan bijak. Tak heran banyak orang sampai terjerat hutang. Gaji bulanan hanya untuk menutup lubang sehingga terjadi lingkaran setan  yaitu gali lubang tutup lubang.  

Jika begitu terus, hidupnya hanya habis untuk membayar hutang tanpa ada simpanan uang untuk hari tua. Maka dari itu penting untuk bisa mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Sebaiknya kamu mengatur pengeluaran dengan membaginya ke pos-pos keuangan. 

Seperti teori dari Elizabeth Warren yakni 50/20/30. Jadi 50% penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk cicilan dan asuransi. 20% untuk tabungan. 30% untuk kebutuhan luxury, misalnya untuk gaya hidup seperti nongkrong di kafe.

Jadi menabung bukan dari sisa-sisa penghasilan, melainkan dibuatkan pos sendiri. Dengan begitu kamu mempunyai simpanan dana.

Tapi jika kamu memiliki beban hutang yang cukup besar, bisa diambil dari pos menabung dan mengurangi pos pengeluaran gaya hidup. 

Fokus pada hal besar

Ya, Fokuslah pada sesuatu hal yang besar. Daripada uang buat beli snack atau ngopi-ngopi di kafe, lebih baik uang tersebut ditabung untuk nantinya dapat dibelikan aset yang lebih besar, contohnya rumah. Membeli kebutuhan bisa dilakukan setelah pos menabung terisi. Jadi sebisa mungkin menabung dulu, belanja kemudian. Dengan begitu uang tabungan aman tersimpan.

Investasi

Kamu bisa menyisihkan gaji untuk berinvestasi. Itu adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk menjadi kaya. Karena dengan berinvestasi, uang yang kamu investasikan bisa berlipat ganda dalam waktu tertentu. Tetapi, berhati-hatilah dalam memilih investasi agar uang yang kamu investasikan tidak sampai habis karena salah memilih investasi. 

Gandakan penghasilan

Para pengusaha besar tidak mungkin mempunyai hanya satu sumber penghasilan. Pasti ada usaha-usaha lain yang membuat keran uang mengucur. Memang salah satu untuk bisa menjadi kaya adalah dengan berbisnis, bisa usaha sendiri ataupun menjadi investor. 

Selain itu, pengusaha-pengusaha besar pasti memiliki penghasilan pasif, yang membuat pundi-pundi uang menumpuk. Beberapa contoh usaha yang dapat menghasilkan penghasilan pasif yaitu memiliki usaha kos-kosan, sewa-menyewa rumah, atau toko yang sudah berkembang. 

Selain menjadi investor, ada hal yang mungkin bisa kamu coba untuk menggandakan penghasilan yaitu menjadi freelancer

Ilmu, keahlian dan keterampilan kamu bisa dimanfaatkan untuk dapat menghasilkan uang yang lebih besar. Menjadi freelancer bisa dilakukan di luar jam kerja. Nah, bayaran yang kamu dapatkan tergantung dari seberapa ahli dan jam terbang yang kamu miliki. Semakin bagus akan semakin tinggi juga bayaran yang kamu dapatkan. 

Ada juga hal yang bisa dijadikan untuk menggandakan penghasilan yaitu bisnis online. Pandemi merubah kebiasaan orang-orang. Saat ini orang-orang cenderung lebih memilih membeli secara online karena selain lebih mudah, umumnya terdapat banyak potongan harga dan ongkos kirim. Jelilah melihat peluang bisnis mana yang lebih menguntungkan dan menghasilkan uang yang besar.

Fokus pada “aset terpenting”

Aset terpenting yang dimaksud disini adalah diri sendiri. Untuk menjadi pengusaha berawal dari diri sendiri. Yakinlah pada diri sendiri untuk menentukan pilihan, jangan setengah-setengah bahkan ragu. Keraguan membuat kamu tidak percaya diri dan itu mempengaruhi keputusan yang kamu ambil serta bisa jadi bukan sukses yang didapat malah berhenti atau menyerah di tengah jalan.

Nah, jika sudah yakin dengan diri sendiri, saatnya berpikir kreatif (out of the box). Dengan berpikir kreatif, akan memunculkan ide-ide apa yang akan dipakai dalam berbisnis. Penting untuk kamu bisa mengorganisir diri, misalnya rajin mencatat sesuatu hal yang penting. Kemudian bisa mengorganisasi sesuatu menjadi satu kesatuan. Dapat mengorganisir dan mendisiplinkan diri adalah kunci menjadi orang sukses. Jangan lupa untuk terus belajar. Dengan bertambahnya ilmu, semakin bertambah pula wawasan dalam hal berbisnis. 

Bijak dalam berhutang

Bijak dalam berhutang yang dimaksud adalah bijak memilih pinjaman. Berhutang tidaklah salah tapi harus dipikirkan matang-matang supaya tidak terjerumus ke lubang hutang. Sebisa mungkin tidak berhutang karena ingin sesuatu hal yang tidak penting. 

Semua orang bisa menjadi kaya. Bukan kesalahan kamu jika terlahir miskin, tapi dengan kamu yakin bahwa kamu bisa dan berusaha keras, kamu bisa menjadi kaya. Jadi yakinlah pada dirimu sendiri dan penuhi pikiranmu dengan pikiran-pikiran yang positif. 

Nah, cara menjadi kaya dengan mudah dan tepat sudah dijelaskan di atas.  Semoga bisa membantu kamu. Selamat mencoba.