Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Persyaratannya

fungsi BPJS ketenagakerjaan

Anda pasti sudah tahu tentang BPJS Kesehatan, dimana program yang satu ini sendiri menawarkan kepada masyarakat untuk mempunyai jaminan kesehatan. Terlebih lagi dalam urusan kesehatan tidaklah mudah, apalagi jika Anda mempunyai masalah kesehatan yang sekiranya butuh biaya besar. Maka daripada itu, sangat penting sekali mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan

Apa itu BPJS Kesehatan? 

BPJS Kesehatan sendiri adalah jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Di mana BPJS ini juga membuka untuk ketenagakerjaan yang akan menjamin kesejahteraan tenaga kerja Indonesia baik di dalam negeri atapun luar negeri. Adanya BPJS ini sendiri untuk memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia yang masih kalah dari negara lain. 

Cara Daftar BPJS Kesehatan 

Karena manfaatnya yang sangat besar, maka Anda pasti ingin mengetahui bagaimana caranya daftarnya. Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk bisa mendaftar BPJS ini, yaitu cara online dan juga offline. Tapi sebelum masuk ke caranya, ada baiknya Anda tahu syarat apa saja yang dibutuhkan untuk daftar BPJS Kesehatan online dan offline. 

Syarat yang perlu Anda siapkan untuk bisa daftar BPJS ini adalah berkas-berkas penting yang nantinya harus Anda serahkan. Berikut ini adalah syaratnya: 

  • Fotocopy KTP, SIM atau Passport 
  • Fotocopy surat akta kelahiran 
  • Fotocopy surat nikah apabila sudah menikah 
  • Fotocopy NPWP (jika tidak punya bisa membuatnya terlebih dahulu)
  • Buku tabungan yang digunakan dan masih aktif 
  • Pas foto 3×4 dua lembar 

Nanti Anda juga perlu melengkapi surat tersebut dengan surat keterangan kerja untuk pekerja swasta, baik itu ASN, TNI/Polri, Surat Penetapan bagi pejabat negara, slip gaji dan surat keterangan fasilitas untuk tunjangan keluarga. 

Dokumen tersebut harus Anda siapkan agar pembuatan BPJS ini dapat terlaksana. Jika sudah menyiapkan maka Anda dapat mengikut tahapan daftar BPJS Kesehatan online dan offline berikut ini: 

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 

daftar BPJS ketenagakerjaan online

Karena saat ini kemajuan teknologi sudah sangat baik, maka BPJS pun membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mendaftar online. Di mana cara online ini bisa dibilang lebih cepat dan juga simple. Apalagi Anda bisa mendaftar BPJS ini kapan pun dan dimanapun tanpa harus memikirkan jam kerja. 

Pertama-tama, Anda menyiapkan syarat dokumen yang diperlukan dalam bentuk soft copy atau dokumen. Setelah itu Anda dapat mengunjungi www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Selanjutnya isilah data diri yang sesuai dengan KTP Anda. Pastikan bahwa data yang Anda masukan sudah benar. Kemudian nanti Anda akan diminta untuk mengisi pusat kesehatan terdekat serta rumah sakit rujukannya. Untuk WNA pun nanti akan ada formulir tersendiri. 

Jika sudah maka selanjutnya Anda memilih layanan kelas yang disediakan, ada kelas I, II dan III. Di mana setiap kelasnya sendiri akan memiliki biaya bulanan yang berbeda. Kemudian, Anda dapat mengunggah document yang sudah Anda siapkan sesuai dengan kolom yang diminta. Setelah itu, nanti Anda tinggal menunggu nomor virtual yang diberikan oleh pihak BPJS. 

Nomor virtual ini sendiri akan digunakan untuk melakukan pembayaran pertama, di mana nanti bisa Anda bayarkan melalui kantor pos atau ATM. Ada baiknya nomor virtual account ini Anda cetak terlebih dahulu. Jika sudah dibayar, maka selanjutnya Anda akan menerima email dari BPJS bahwa Anda sudah sukses menjadi anggota BPJS. 

Untuk mendapatkan kartu BPJS, Anda bisa langsung mengunjungi kantor BPJS dengan membawa bukti pembayaran. 

Cara Daftar BPJS Offline 

Untuk mendaftar BPJS Offline sendiri Anda hanya tinggal datang saja ke kantor BPJS terdekat dengan domisili Anda. Bawalah semua syarat yang sudah disebutkan sebelumnya, di mana selanjutnya Anda akan mengambil nomor antrian ketika sudah sampai kantor BPJS dan mengisi formulir untuk pendaftaran. 

Tunggulah hingga nomor Anda terpanggil dan kemudian Anda akan diarahkan untuk kek petugas yang menangani pendaftaran. Setelah pendaftaran selesai, maka Anda akan diberikan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran melalui kantor pos, ATM ataupun bank. Jika sudah membayar, bawalah bukti pembayaran tersebut dan jangan sampai hilang. 

Apabila pembayaran sudah selesai, maka selanjutnya Anda kembali ke loket dengan membawa bukti pembayaran di mana nanti petugas akan memberikan Kartu BPJS Anda. Proses ini adalah langkah terakhir dan Anda sudah dinyatakan sebagai peserta BPJS. 

Dengan daftar BPJS kesehatan online dan offline, maka Anda bisa mendapatkan fasilitas jaminan kesehatan untuk seterusnya. Di mana nantinya ketika ada masalah kesehatan, Anda bisa mendapatkan fasilitas kesehatan gratis ataupun juga mendapatkan potongan. 

Mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan sendiri sangatlah penting, karena program yang satu ini akan sangat bermanfaat di masa depan. Apalagi fasilitas yang diberikan tidaklah sedikit, yang mana nantinya Anda akan merasa aman ketika terjadi masalah kesehatan.