Cara Daftar di Universitas Terbuka di Jakarta

universitas terbuka

Universitas terbuka atau biasa disebut UT adalah suatu perguruan tinggi di Indonesia yang sudah diresmikan sejak 4 September 1984, UT ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu adalah Bapak Soeharto dengan Surat Keputusan Nomor 41 Tahun 1984.

Universitas terbuka mempunyai empat fakultas utama yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi (FE) Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Pendidikan Guru dan Ilmu pendidikan (IKIP) untuk Guru yang ingin menaikkan jenjang Diploma dan Sarjana.

UT tidak hanya untuk yang baru saja lulus dari SMA saja, akan tetapi diperuntukan juga bagi orang yang telah bekerja bisa tetap merasakan pendidikan perguruan tinggi, dikarenakan pada sistem UT tidaklah memandang adanya latar belakang umur, status ekonomi, status sosial dan dimana tempat tinggalnya. 

Sistem pembelajaran pada Universitas Terbuka (UT) sangat memungkinkan berjalan dengan pembelajaran fleksibel, Hal ini sangat cocok bagi orang yang memiliki pekerjaan utama yang masih ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Bagi Anda yang ingin melanjutkan ke Universitas terbuka harus melakukan beberapa persiapan dan biaya penunjang pastinya.

Universitas Terbuka juga sangat membantu orang-orang yang berada di daerah terpencil untuk melanjutkan jenjang karirnya, UT ini dapat diakses dari jarak yang cukup jauh dan efektifitas UT memberikan kesempatan yang bagus untuk orang dengan daerahnya terpencil di Indonesia maupun Global. 

Cara Bergabung Dengan Universitas Terbuka

Penerapan sistem universitas terbuka bisa juga diakses secara jarak jauh, hal ini dimaksudkan supaya siapa saja bisa mengikuti atau bergabung untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui Universitas Terbuka. Tidak adanya batasan-batasan yang masuk ke Universitas terbuka menjadikan universitas terbuka banyak diminati masyarakat Indonesia.

Pada saat pandemi covid-19 melanda indonesia, banyak universitas negeri dan swasta menjalankan kelasnya dengan sistem online, akan tetapi jauh dari pandemi, universitas terbuka sudah menjalankan kelasnya secara online, cara ini dimaksudkan supaya pemerataan pendidikan tinggi di indonesia dan global dapat merasakannya.

Dalam sistem universitas terbuka tidak ada ketentuan berapa lama Anda harus kuliah, kemampuan dan kemauan mahasiswa Universitas terbuka sangat diuji secara mandiri, tidak seperti kuliah di kampus lain yang memiliki teman sekelas ataupun adik dan kakak tingkat, universitas terbuka memang lebih mengutamakan kemampuan mahasiswanya itu sendiri. lalu tidak ada kata pemutihan atau Drop out (DO) di Universitas terbuka, karena waktu dan kesempatan kuliah dapat diatur oleh mahasiswanya sendiri.

Sistem Kredit Semester Universitas Terbuka

Sistem kredit semester atau biasa disebut SKS menjadi salah satu permasalahan di universitas umum atau juga universitas terbuka. Sks yang diberikan secara umum adalah setiap mata kuliah satu sampai enam Sks.

Jika Anda memilih universitas terbuka yang pastinya kuliah dengan jarak jauh, akan tetapi untuk mata kuliah akan disetarakan modul SKS seperti universitas umum lainnya. dalam satu modul akan memiliki 30 sampai 50 halaman. Mahasiswa unversitas terbukan akan diberikan 15 Sks setiap semesternya dengan perkiraan waktu adalah 5 jam setiap harinya.

Perkiraan waktu mahasiswa yang mengikuti kelas pastinya akan sedikit padat akan tetapi tergantung kedisiplinan mahasiswa tersebut menjadi salah satu patokan akan cepat lulus atau tidaknya di universitas terbuka.

Biaya Pendaftaran dan Kuliah Universitas Terbuka

Berapa sih biaya yang harus dibayarkan jika ingin bergabung dengan universitas terbuka? lalu apa saya yang harus dibayarkan mahasiswa dan calon mahasiswa, simak rinciannya dibawah ini.

  • Biaya kuliah dengan Jenjang Diploma yaitu Rp 1.150,000 sampai Rp 2.400,000 setiap semesternya.
  • Biaya kuliah dengan jenjang Sarjana yaitu Rp 1.300,000 sampai Rp 3.400,000 setiap semesternya.
  • Biaya untuk registrasi ujian ulang per SKS yaitu Rp 41,000 sampai Rp 75,000
  • Biaya registrasi ujian ulang setiap mata kuliah yaitu Rp 700,000 sampai Rp 900.000
  • Biaya administrasi akademik yaitu Rp 50,000 sampai Rp 150,000

Itulah biaya yang harus Anda ketahui ketika ingin bergabung atau mendaftar sebagai mahasiswa Universitas terbuka dan biasanya jadwal untuk masuk mahasiswa baru adalah di awal bulan Januari hingga akhir bulan januari, lalu gelombang kedua adalah di bulan februari sampai maret. 

Untuk informasi lebih lanjut jika Anda berminat bisa mengunjungi website resmi universitas terbuka yaitu www.ut.ac.id