Cara Daftar iBanking BRI dan Aktivasinya

daftar iBanking BRI

Kemajuan teknologi dalam dunia perbankan sangatlah membantu masyarakat pada saat ini. Salah satunya adalah fitur ibanking atau internet banking yang sudah tersedia di hampir seluruh bank di Indonesia. Termasuk Bank BRI yang juga memberikan layanan ibanking ini untuk kemudahan transaksi bagi nasabah. Bagi Anda yang ingin daftar iBanking BRI, lebih baik mengetahui caranya terlebih dahulu.

Fitur yang Ada di iBanking BRI

iBanking dari Bank BRI mempunyai beberapa fitur unggulan yang disediakan untuk para nasabah. Mengetahui fitur yang ada pada layanan ini terbilang sangat penting. Karena ini akan memudahkan Anda dalam penggunaan layanan perbankan berbasis internet ini. Berikut ini adalah fitur yang ada pada internet banking BR:

  1. Adanya fitur pengecekan rekening, sepert sisa saldo dan mutasi rekening. Sehingga nasabah tidak perlu lagi melakukan pengecekan ke ATM.
  2. Dapat melakukan transfer uang baik ke rekening BRI atau ke lain bank tanpa perlu lagi datang ke ATM. Cukup dengan ibanking maka urusan transfer perbankan bisa Anda lakukan kapan saja.
  3. Memudahkan Anda untuk membayar tagihan baik itu pulsa, BPJS, kartu kredit dan lain sebagainya.
  4. Bisa top up e-wallet dengan lebih cepat tanpa perlu ke ATM.
  5. Melakukan transaksi terjadwal tanpa harus repot lagi ke bank atau ATM.
  6. Anda juga bisa menemukan berbagai informasi penting dalam dunia perbankan, seperti cek kurs dollar, investasi dan masih banyak lagi.

Dengan fitur-fitur tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Anda akan lebih mudah melakukan kegiatan perbankan dasar tanpa harus ke ATM. Selain itu, proses yang diperlukan sudah pasti lebih cepat dan juga lebih aman.

Cara Daftar iBanking BRI

daftar tabungan berjangka

Menggunakan layanan ibanking saat ini sangatlah disarankan, apalagi jika Anda memiliki mobilitas tinggi yang sulit sekali meluangan waktu untuk ke ATM. Bagi Anda yang ingin mendaftar layanan iBanking dari BRI ini, ada dua pilihan cara yang disediakan. Berikut ini adalah caranya:

Mendaftar di kantor cabang BRI

Cara pertama yang bisa Anda pilih untuk terdaftar di layanan ibankin bank BRI adalah dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Di bawah ini adalah syaratnya yang diperlukan:

  • Membawa buku tabungan Britama, Simpedes atau Britama Junior dan mempunyai kartu ATM yang bersifat aktif.
  • Membawa identitas diri, dalam hal ini adalah KTP dengan data yang sama dengan buku tabungan.
  • Membawa ponsel yang akan digunakan untuk aktivasi. Dalam hal ini operator ponsel yang digunakan adalah Telkomsel, XL, Indosat, Telkom Flexy, Mobile 8 dan Bakrie Telecom.
  • Alamat email yang masih aktif dan valid

Jika sudah membawa seluruh syarat yang disebutkan, maka Anda tinggal mengatakan kepada petugas bahwa ingin mendaftar internet banking. Nantinya petugas akan mengarahkan Anda untuk ke customer service. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir tambahan, pastikan bahwa Anda mengisinya dengan benar dan sesuai. Setelah pendaftaran selesai, maka Anda akan menerima m-token untuk aktivasi.

Daftar melalui ATM

Anda yang tidak ingin mengantri ke bank, juga bisa melakukan pendaftaran melalu ATM. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masukanlah kartu ATM BRI Anda.
  • Kemudian, masukan PIN ATM Anda.
  • Pada menu yang muncul di layar, pilihlah Menu Lainnya.
  • Setelah itu, pilih lagi menu Internet Banking.
  • Anda nantinya akan diminta untuk memasukan PIN atau password untuk internet banking. Tekan Lanjutkan.
  • Bila sudah, ulangi lagi PIN yang sudah Anda masukan tadi.
  • Selanjutnya Anda akan mendapatkan nama user ID untuk ibanking.
  • Jika sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan struk yang berisi user ID.

Perlu Anda ketahui, walaupun sudah mendaftar dari ATM, Anda masih perlu ke kantor cabang BRI untuk mendapatkan m-token. Di mana memang m-token ini hanya bisa didapatkan di kantor pusat atau cabang BRI saja.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Apabila Anda sudah terdaftar, maka Anda perlu melakukan aktivasi. Caranya pun mudah dan bisa dilakukan online. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka situs iBanking dari BRI di alamat https://ib.bri.co.id.
  • Setelah itu masukan user ID yang sudah didapatkan dengan password atau PIN yang Anda buat sebelumnya. Kemudian ketik juga kode captca pada kolom yang sudah disediakan.
  • Anda akan dibawa pada laman syarat dan ketentuan, Anda hanya perlu klik Setuju.
  • Bila sudah, Anda akan diminta mengubah password dan memasukan alamat email yang masih aktif.
  • Akun internet banking BRI Anda pun sudah siap untuk Anda gunakan.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara daftar ibanking BRI serta aktivasinya. Perlu Anda ingat, untuk mendapatkan pengamanan lebih, maka Anda perlu menggunakan m-token. Alat yang satu ini sendiri akan terus digunakan ketika Anda akan melakukan transaksi menggunakan ibanking dari BRI. Untuk aktivasinya pun Anda bisa bertanya kepada customer service di Bank BRI.