Cara Daftar Program Affiliate Shopee

Sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, masyarakat semakin sering berbelanja secara online melalui marketplace. Dan Shopee menjadi platform paling populer yang dipilih masyarakat karena banyaknya fitur yang tersedia.

Shopee pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura dan hingga kini sudah berhasil memperluas jangkauannya ke Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, Taiwan, India, Brasil, Chili, Argentina, Meksiko, Kolombia, Spanyol dan Polandia.

Shopee terus berkembang dengan menghadirkan fitur-fitur terbaik untuk jutaan penggunanya. Dan belum lama ini, Shopee meluncurkan fitur terbarunya yaitu Shopee Affiliate Program yang digadang-gadang bisa memberikan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Apa sebenarnya Shopee Affiliate Program itu ?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai shopee affiliate program dan bagaimana cara mendaftarnya, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Shopee Affiliate Program ?

Shopee Affiliate merupakan program yang memungkinkan para penggunanya mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan mempromosikan produk yang dijual di shopee. Program ini banyak dimanfaatkan oleh para content creator untuk membuat konten-konten yang kreatif. 

Sistem kerjanya yaitu Anda cukup membagikan custom link produk ke berbagai media sosial yang Anda miliki seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Tiktok, dan lain-lain. Anda akan mendapatkan komisi dan keuntungan lainnya untuk setiap penjualan yang berasal dari link yang dibagikan tersebut. Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari program ini ?

  • Komisi tetap sebesar 2,5 persen hingga 10 persen untuk produk-produk yang terjual dari Star Seller, Star+, Shopee Mall dan Shopee Supermarket.
  • Bonus komisi dari Shopee Affiliate Team sebesar 20 persen
  • Tambahan komisi hingga 55 persen atau 2,2 juta dari penjual
  • Untuk 1.200 penjualan pertama, Anda akan mendapatkan bonus Rp 1.850.000
  • Voucher hingga produk gratis jika Anda mengikuti campaign Shopee. 

Menarik, bukan ? Apalagi program ini tak hanya diperuntukkan bagi kalangan para content creator yang memiliki follower ribuan saja. Siapa pun bisa menjadi bagian dari Shopee Affiliate Program. Bagaimana cara daftarnya ? Kami akan memberikan caranya di bawah ini, yuk simak !

Begini Caranya Mendaftar Program Affiliate dari Shopee 

Sebelum mengetahui cara-cara mendaftar Shopee Affiliate Program, sebaiknya Anda pahami dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku. 

  • Anda harus memiliki akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter maupun Youtube
  • Akun-akun tersebut aktif dan tidak private serta berisi konten yang orisinil
  • Media sosial Anda merupakan akun pribadi buka akun penjual atau toko.
  • Akun tidak mengandung SARA maupun pornografi serta tidak melanggar aturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang dipromosikan adalah produk yang dijual oleh Star Seller, Star+, Shopee Mall dan Shopee Supermarket 
  • Semua jenis produk diperbolehkan, kecuali obat-obatan terlarang, rokok, ganja, rokok elektrik (vape), dan produk palsu atau tidak original. 

Dan berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan akun Shopee Anda ke program Affiliate.

  • Buka Link Pendaftaran 

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu kunjungi situs pendaftaran Shopee Affiliate Program di www.affiliate.shopee.co.id. Selanjutnya login menggunakan akun Shopee Anda atau lanjutkan dengan akun WhatsApp, Facebook, Google atau Apple. 

  • Lengkapi Formulir

Setelah Anda berhasil login, selanjutnya  lengkapi informasi akun seperti nama lengkap, tipe akun, alamat, nomor handphone dan juga alamat email. Pastikan formulir tersebut sudah terisi semua secara detail dan lengkap

  • Isi Informasi Media

Dalam tahapan ini, Anda diminta untuk mengisi link media sosial, memilih spesifikasi kategori produk dan tipe rekan. Anda bisa memilih kategori produk lebih dari satu. Setelah itu, Anda bisa langsung klik “Kirim” yang berada di bagian kanan bawah. Tapi jangan lupa untuk ceklis kolom persetujuan sebelum mengirim pendaftaran. 

  • Pendaftaran Berhasil

Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi jika pendaftaran sudah diterima oleh pihak Shopee dan akan ditinjau. Langkah selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi via email kurang lebih selama tiga hari. 

  • Sebarkan Custom Link

Jika Anda sudah berhasil mendaftar Shopee Affiliate Program, Anda bisa memulai untuk membagikan custom link. Caranya pilih produk yang ingin dipromosikan, kemudian klin salin tautan. Anda akan mendapatkan custom link seperti https://shp.ee yang bisa diedit sesuai keinginan Anda. Setelah itu, Anda bisa menyebarkan custom link tersebut ke berbagai akun media sosial yang Anda miliki agar orang lain melihatnya. 

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu program Affiliate Shopee serta cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar program tersebut. Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk mendaftar program ini sangat mudah. Komisi yang akan Anda dapatkan pun juga lumayan untuk menambah penghasilan bahkan bisa menggiurkan jika ditekuni. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat misalnya mengikuti kelas-kelas Shopee Affiliate secara gratis. Sehingga secara tidak langsung Anda bisa mendalami dunia marketing dengan mengikuti program ini.