Cara Hidup Sehat dan Awet Muda secara Alami

hidup sehat

Semua orang pasti ingin memiliki hidup yang sehat, namun ketika diminta menjalani gaya hidup sehat, tidak semua orang mau menjalaninya.

Paling sering, keengganan ini muncul dari anggapan bahwa gaya hidup sehat itu sulit  dan tidak menyenangkan. Memang tidak mudah, namun menjalani gaya hidup sehat memiliki banyak manfaat, seperti Membantu menghindari kelebihan berat badan, memperbaiki mood, mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan tingkat energi. Pola hidup sehat yang teratur pasti mengarah pada hidup dan kesehatan yang berkualitas. 

Menjaga pola hidup sehat sangat penting dan perlu dilakukan. Karena pola hidup yang tidak sehat apabila terjadi setiap hari bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. ketika Anda merasa tidak punya waktu untuk beraktivitas dan menyegarkan pikiran karena terlalu sibuk  untuk menghabiskan hari. 

Oleh karena itu, demi menghilangkan stres, Anda lebih memilih menghabiskan waktu senggangnya dengan bersantai di kamar sambil makan sembarangan. Dalam jangka panjang, hal ini tentu  membuat  tubuh semakin tidak higienis dan mempercepat proses penuaan. 

Proses penuaan  tidak bisa dihindari. Tetapi melalui  gaya hidup positif yang tepat, Anda dapat menjaga bentuk tubuh Anda dan pada saat yang sama dengan lebih efektif menghilangkan ketegangan yang terlalu berat di pikiran Anda.

Ubah Hidup Sehat 

Nyatanya, mengubah kebiasaan itu tidak mudah. Namun jika didasari oleh niat untuk menjalani gaya hidup sehat, maka Anda perlu melakukan trade-off. Berikut adalah beberapa cara hidup sehat untuk membuat Anda awet muda secara alami;

1. Menjadikan Olahraga sebagai rutinitas

Olahraga adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, cukup banyak juga yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik ringan dapat mencairkan dan mengurangi stres. Di sisi lain, jika tubuh  jarang aktif atau digunakan untuk berolahraga, perubahan fisik yang terkait dengan penuaan akan lebih terasa.

Misalnya, lemak bertambah, postur tubuh yang buruk, dan otot yang berkurang. Olahraga juga membantu menjaga kesehatan  jantung. Anda hanya perlu berjalan kaki selama 30 menit saja di pagi hari bisa berdampak besar bagi  tubuh dan jiwa Anda.

2. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh membutuhkan suplai antioksidan agar tetap sehat. Zat ini memiliki fungsi untuk memecah aktivitas radikal bebas yang meningkat akibat berkurangnya produksi antioksidan alami dalam tubuh. Beberapa jenis makanan kaya antioksidan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental adalah buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

3. Makan makanan sehat dan seimbang

Salah satu cara paling penting untuk menjalani gaya hidup sehat adalah makan makanan yang bergizi baik. Makanan  yang sesuai untuk diet harian harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

Protein juga  penting dalam menjaga fungsi enzim, sel dan senyawa dalam tubuh dan memastikan metabolisme optimal. Jangan lupa konsumsi serat. Serat dan air membantu mempercepat proses pembuangan sisa makanan dan zat beracun. 

Jika Anda memiliki  pola makan yang tidak sehat, Anda perlu membuat daftar semua makanan yang Anda makan setiap hari. Memo ini akan membantu mengingatkan Anda untuk  membatasi konsumsi. Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, disarankan untuk makan setidaknya 9 porsi buah dan sayuran setiap hari

4. Mengurangi konsumsi garam

Natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko  penyakit jantung dan stroke. Pada saat yang sama, banyak orang meninggal setiap tahun karena penyakit jantung dan stroke jika dibandingkan dengan penyebab lainnya. Selain itu, mereka mengonsumsi 71% natrium harian dari makanan olahan dan restoran.

Cara menjalani pola hidup sehat adalah dengan mewaspadai konsumsi garam. Orang perlu mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram Natrium per hari. Orang yang berusia di atas 51 tahun  harus dibatasi hingga 1.500 miligram. Karena itu, memasak  sendiri adalah pilihan paling aman untuk gaya hidup sehat.

5. Jaga kesehatan kulit

Untuk mewujudkan impian Anda akan tubuh yang sehat, bebas stres dan pikiran, serta awet muda adalah dengan melindungi kesehatan kulit Anda. Ada dua faktor yang mempengaruhi penuaan,  intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi gen keturunan, dan faktor ekstrinsik meliputi kebiasaan merokok dan paparan sinar matahari. 

Jika Anda seorang perokok, segera berhenti. Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan perubahan biokimia dalam tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan. Orang yang  merokok hingga 10 batang sehari selama 10 tahun, dan bahkan lebih agresif, lebih rentan terhadap kulit kasar dan kerutan daripada bukan perokok. 

Jika Anda sering terkena sinar matahari, terus biasakan mengoleskan tabir surya atau tabir surya pada kulit Anda. Dengan melindungi kulit Anda dari sinar UV, ini melindungi kulit Anda dari  kerusakan dan perubahan seperti bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan pembuluh darah yang terlihat.