Cara Investasi Saham Untuk Pemula

peluang investasi saham

Bisa menjadi mapan secara finansial pasti menjadi impian bagian semua orang yang hidup di bumi. Anda tentu merupakan salah satu orang yang menginginkan hal tersebut. Agar bisa mencapai target yang diinginkan Anda perlu bekerja keras. Akan tetapi ada cara lain yang dapat Anda terapkan agar bisa mencapai target diinginkan yakni mempelajari cara investasi saham.

Akan tetapi, sebagian orang masih takut dan ragu melakukan hal ini, padahal melakukan investasi saham, Anda dapat memperoleh pasif income di kemudian hari yang pastinya bisa menjaga keseimbangan finansial Anda.  Nah, bagi Anda yang ingin belajar saham agar bisa menabung saham untuk masa depan, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1.       Mencari Sekuritas dengan Nilai Transaksi Kecil

Melakukan investasi saham dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memiliki rekening efek yang akan difasilitasi perusahaan sekuritas tersebut.  Sesudah Anda memiliki rekening efek tersebut, Anda dapat langsung menjalankan investasi saham dan melakukan to up uang ke rekening efek. Seluruh transaksi pembelian saham, pihak sekuritas akan memotong biaya transaksi.

Tarif transaksi yang akan dipotong dapat berbeda untuk setiap perusahaan sekuritas. Umumnya tarif transaksi yang dikenakan untuk pembelian sekitar 0,19% dan untuk penjualan 2,29%. Akan tetapi ada saja perusahaan sekurita memungut biaya pembelian sekitar 0,15% serta untuk penjualan 0,20%.

Supaya keuntungan yang didapatkan bisa semakin tinggi, pastinya Anda perlu memperhatikan nominal biaya transaksi yang dimiliki perusahaan sekuritas pilihan Anda. Jika Anda memilih sebuah perusahaan sekuritas  yang memiliki biaya transaksi kecil, Anda bisa mengoptimalkan keuntungan. Akan tetapi, umumnya tarif transaksi diukur dari kualitas terkait layanan dari perusahaan sekuritas tersebut.

2.       Pilihlah Consumer Goods atau Saham Perbankan

Bagi Anda yang sedang belajar saham, selanjutnya Anda perlu memilih jenis saham yang berangkat dari perusahan di bidang consumer goods atau perbankan. Hal ini dikarenakan kedua jenis perusahaan tersebut bisa dikatakan merupakan perusahaan yang memiliki bisnis sederhana namun berpotensi menciptakan keuntungan yang besar.

3.       Beli Saham yang Luncurkan BEI

Ketika akan menjalankan suatu saham, Anda perlu memastikan saham yang ingin Anda beli sudah terdaftar di BEI. Dimana BEI sendiri selaku pihak penyelenggara serta menyediakan mekanisme jual beli dan sarana agar bisa mempertemukan para penawaran dan pembeli berdasarkan tujuan menjalankan bisnis investasi atau menabung saham. Tidak hanya itu saja, BEI lewat situs resminya memperlihatkan profil anggota dari bursa, partisipan serta dealer utamanya sebagai pertimbangan untuk menjalankan investasi.

4.       Belilah Saham Ketika Harga Sedang Murah

Sekarang sudah banyak investor baru yang mempunyai pemahaman agar bisa menghindari nilai saham yang mengalami penurunan. Akan tetapi, pemahaman tersebut tidak bisa dikatakan benar atau salah sepenuhnya. Sebab, terdapat beberapa kejadian salah seorang investor membeli sebuah sahal dalam keadaan saha tersebut sedang turun, namun setelah itu justru harga saham tersebut menjadi naik sangat tinggi.

Lewat penerapan metode tersebut, itu berarti Anda memiliki kesempatan memperoleh keuntungan yang sangat besar nantinya. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan aspek lain, tidak semata-mata membeli saham karena harga jualnya sedang turun saja. Belajar saham dengan baik agar bisa menabung saham atau menjalankan bisnis investasi saham lebih baik dan tepat.

5.       Pilihlah Investasi untuk Jangka Panjang

investasi saham

Tips berinvestasi saham yang baik dan benar selanjutnya dapat Anda terapkan seperti memilih investasi saham jangka panjang. Umumnya bentuk investasi saham jangka panjang jauh lebih aman serta memberi keuntungan yang berlipat. Selain itu, melakukan investasi saham jangka panjang mempunyai potensi risiko yang jauh lebih kecil jika Anda memilih wadah investasi yang bagus.

Dengan memilih investasi saham untuk jangka waktu yang panjang, sama dengan menabung saham untuk masa depan. Hal ini tentu sangat bagus di kemudian hari karena Anda sudah memiliki simpanan menjanjikan, apalagi investasi jangka panjang lebih aman dan berpotensi memberi keuntungan yang begitu besar dari modal pertama investasi.

Saat ini juga sudah banyak aplikasi penyedia layanan investasi saham dan sudah secara resmi menawarkan berbagai jenis investasi saham dengan fitur-fitur menarik serta fasilitas pendukung bagi Anda yang melupakan orang baru dalam melakukan bisnis investasi saham tersebut.

Maka dari itu, cara investasi saham yang sudah dijelaskan diatas semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang baru saja ingin memulai sebuah investasi saham dan masih ragu atau takut dalam melakukan pergerakan agar dapat menjalankan bisnis investasi dengan berani dan memperoleh keuntungan yang besar.

Selain itu, investasi saham sudah bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan PC atau laptop dan bahkan ada beberapa aplikasi yang sudah mendukung system Android sehingga bisa dijalankan melalui ponsel.