Cara Kelola Pengeluaran Bulanan di Masa Pandemi

laporan keuangan bulanan

Masa pandemi yang sedang terjadi pada saat ini memang menyebabkan ekonomi masyarakat menurun drastis. Pembatasan pergerakan yang dilakukan pemerintah demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 membuat masyarakat merasa sulit untuk melakukan aktivitas yang mendukung perekonomian mereka. Akibatnya pun tidak hanya pendapatan bulanan menurun, tapi juga terjadi PHK dimana-mana. 

Mungkin Anda adalah salah satu yang terkena dampak ini saat virus corona masuk Indonesia. Sudah pasti ini membuat diri Anda bingung untuk mengelola uang bulanan. Tapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mampu mengatur pengeluaran uang dengan baik. Untuk lebih jelasnya, terus simak ulasannya di bawah ini.

Cara Kelola Pengeluaran pada Masa Pandemi 

Dengan mengatur keuangan dengan baik tiap bulannya, setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan yang paling pokok. Dalam kondisi seperti pandemi seperti sekarang ini, bukan masalah pendapatan yang turun tapi harus bertahan hidup terlebih dahulu. Agar seluruh kebutuhan dalam sebulan dapat terpenuhi dan Anda masih bisa menyisihkan uang, maka gunakan cara berikut ini: 

  1. Catat pengeluaran dan pemasukan 

Cara pertama adalah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan selama sebulan. Dengan mencatat apa saja yang sudah dibeli, maka Anda akan melihat beberapa kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Selain itu, Anda juga dapat memastikan berapa pengeluaran sebulan. Sehingga pada bulan berikutnya, Anda bisa mencari celah agar bisa berhemat. 

1. Pilihlah kebutuhan daripada keinginan 

Anda juga harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Contoh semisalnya adalah susu untuk anak, ini jelas kebutuhan. Bandingkan dengan kata “butuh liburan”. Liburan bukanlah kebutuhan tapi keinginan yang bisa dilakukan kapan saja. 

Tidak seperti membeli susu anak yang memang sudah harus dibeli. Jadi, Anda harus dapat membedakan keduanya agar pengelolaan uang bisa berjalan dengan baik pada masa pandemi ini. Mungkin saja dengan pandangan yang berubah ini, Anda bisa menyisihkan uang agar bisa liburan. 

2. Buat daftar belanja bulanan 

Cara selanjutnya adalah dengan membuat daftar belanja kebutuhan pokok dalam sebulan. Dengan membuat daftar ini, maka Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan pengeluaran yang dibutuhkan. Daftar belanja ini tidak hanya dalam bentuk barang saja. Tapi juga tagihan-tagihan pokok yang harus dibayar seperti listrik, asuransi, pulsa dan lain sebagainya. 

Dengan mencatat apa saja yang akan dibelanjakan dalam sebulan, maka Anda dapat memperkirakan berapa jumlah pengeluaran yang diperlukan di setiap bulannya. Selain itu, dengan adanya daftar ini juga akan membantu Anda untuk mengontrol biaya perbulan. Sebisa mungkin buat secara terperinci agar Anda lebih mudah untuk menyisihkan uang. 

3. Kurangi makan di luar 

Untuk bisa menghemat dengan lebih efektif, baiknya Anda tidak makan di luar seperti restoran, cafe atau lain sebagainya. Selain untuk menjaga diri dari penularan virus corona, Anda juga mampu menghemat dengan lebih jauh lagi. Apalagi makanan yang ada di restoran atau cafe biasanya lebih mahal dan ini tentu saja menjadi salah satu pemborosan yang tidak penting pada masa pandemi. 

Agar tidak pernah merasa bosan dengan makanan di rumah, mungkin Anda bisa belajar resep-resep baru. Bisa jadi dengan menciptakan resep baru malah akan memberikan peluang bisnis yang baik untuk kedepannya. 

4. Jangan tertarik dengan berbagai diskon yang ada 

Tidak dapat dipungkiri, banyak sekali toko yang berlomba-lomba memasang diskon untuk berbagai macam barang yang dijual. Hal ini tidak lepas agar mereka juga bisa bertahan hidup. Apabila Anda memang membutuhkan barang tersebut pada saat sedang diskon, tidak masalah untuk membelinya. Tapi, jika tidak perlu maka ini akan menjadi pemborosan. 

Anda harus ingat bahwa diskon ini akan membuat gelap mata jika Anda tidak bisa membedakan lagi antara kebutuhan dan keinginan. Jadi, bijaksanalah dalam membeli barang diskon. Jangan sampai Anda tergoda dengan diskon yang bertebaran dan akan menyesal pada akhir bulan karena uang bulanan tidak cukup. 

5. Hindari belanja dengan sistem cicilan 

Sistem cicilan memang terkesan lebih murah karena Anda akan membayar lebih rendah dari harga yang sudah seharusnya. Tapi, nyatanya ini bisa menjadi boomerang untuk Anda. Karena ada pikiran bayaran lebih murah, maka Anda akan terus berbelanja dan akhirnya pengeluaran dalam sebulan melebihi pendapatan. 

6. Cari kerja sampingan 

Karena masa pandemi ini banyak diberlakukan pembatasan, sudah jelas waktu yang Anda miliki pun lebih banyak. Agar bisa mengelola uang dengan baik dan tidak kurang setiap bulannya, tidak ada salahnya Anda melakukan pekerjaan sampingan dari rumah. Semisalnya adalah dengan menjadi penulis artikel, jualan online, pulsa dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa cara untuk mengelola uang di saat pandemi seperti sekarang. Lebih baik, Anda mulai untuk menabung dan mengubah gaya hidup agar kondisi keuangan bisa tetap aman.