Cara Kelola Uang ala Miliarder Dunia, Kamu Bisa Cepat Kaya

Seiring naiknya karir seseorang, pendapatannya pun ikut bertambah. Namun tidak kunjung mapan, mengapa demikian? Memiliki pendapatan yang tinggi memang tidak menjamin seseorang bisa mapan dan kaya. Dibandingkan jumlah pendapatan yang diperoleh, kemampuan dalam mengatur finansial yang bijak jauh lebih berpengaruh terhadap kondisi keuangan Anda. Kemampuan inilah yang bisa menjadi kunci keberhasilan para miliarder dunia saat merintis kekayaan yang mereka punya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu cara para miliarder dunia dalam mengelola uang. Maka dari itu, simak penjelasan dibawah ini.

1.       Memulai Sejak Dini

Cars Slim Helu merupakan pengusaha hebat yang berasal dari Meksiko dan pernah menduduki kasta tertinggi sebagai orang paling kaya di dunia tahun 2011. Slim menganggap betapa pentingnya mengelola finansial sejak dini. Beliau bahkan mulai melakukan investasi dengan membeli saham sebuah bank Meksiko dari usia masih menginjak 12 tahun.

Dengan semakin cepat Anda menabung, tentu akan semakin banyak pula dana yang bisa terkumpul. Sedini mungkin Anda dalam melakukan investasi, tentu semakin banyak juga imbal hasil yang diperoleh, sekaligus menjadi lebih banyak peluang untuk bisa belajar serta menghindari berbagai kesalahan berinvestasi yang bisa terjadi di masa depan.

2.       Memikirkan Tujuan Keuangan

Agar dapat mengelola keuangan yang bijak, Anda harus memiliki tujuan keuangan Anda terlebih dahulu. Misalnya ingin mempunyai mobil di umur 27 tahun, atau membeli rumah saat umur sudah 30 tahun, dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai tujuan keuangan, Anda jadi mempunyai motivasi yang kuat untuk mencari penghasilan sekaligus dapat mengatur pengeluaran jauh lebih bijak. Jika dilakukan dengan tepat, tentu pendapatan yang diperoleh tidak mudah habis begitu saja.

3.       Menabung dengan Sistem Auto Debit

Untuk sebagian masyarakat, menabung mungkin menjadi hal yang tidak mudah dilakukan. Ketika mendapatkan gaji, penghasilan sudah terpangkas untuk membayar berbagai tagihan serta kebutuhan pokok. Ditambah pengeluaran untuk berbagai keinginan, dan menerima tawaran hangout di akhir pekan, besar kemungkinan uang gaji akan habis dengan begitu cepat.

Pada akhirnya, upaya untuk menabung hanya sebatas rencana setiap bulan. Agar Anda bisa menyisihkan uang gaji, maka menabunglah dengan menggunakan tabungan khusus yang memakai sistem auto debit yang mana penarikannya dilakukan secara otomatis setiap bulan. Susu jadwal penarikan sesuai jadwal setelah Anda baru gajian, satu atau dua hari setelah gajian.

4.       Mempunyai Beberapa Sumber Pendapatan

Dari hasil riset yang ada, diketahui sekitar 65% miliarder dunia mempunyai setidaknya 3 sumber penghasilan, dimana 45% miliarder mempunyai 4 sumber penghasilan serta 29% sisanya mempunyai sampai 5 bahan lebih sumber pendapatan sekaligus.

Memiliki lebih banyak sumber penghasilan bisa menjaga kondisi finansial tetap stabil. Buan dijadikan dana konsumtif tambahan, tapi sebagai sumber uang investasi tambahan dan tabungan

Konsep ini juga diterapkan sendiri oleh Jay Leno yang merupakan komedian Amerika Serikat dan dikenal sebagai miliarder bukan hanya soal kariernya saja, namun juga cara dia dalam mengelola keuangan dengan tepat.

Triknya yakni mempunyai beberapa sumber penghasil, namun hanya memakai uang yang dihasilkan dari satu sumber saja. Sedangkan penghasilan dari sumber lain di tabung semuanya. Bahkan Leno sendiri malah memilih menabungkan sumber penghasilan terbesar miliknya.

5.       Menggunakan Pola 50-30-20

Untuk metode pengelolaan uang kali ini dasarnya membagi pendapatan ketiga pos keuangan, dimana 50% untuk kebutuhan pokok, 20% untuk ditabung, serta 30% lagi untuk dana hiburan. Menggunakan pola ini dianggap sangat efektif dalam mengatur finansial dari setiap individu.

Tapi jika penghasilan Anda cukup tinggi dan bisa menyesuaikan kebiasaan sehari-hari, akan semakin bagus lagi bila 50% nya justru dialokasikan menjadi dana tabungan. Jika hal ini bisa Anda terapkan, bukan tidak mungkin kesehatan finansial Anda di masa depan akan sangat stabil.

6.       Investasikan Uang

Tidak ada satupun miliarder dunia yang hanya berharap oleh tabungan agar bisa menjadi kaya raya. Mereka semua sadar, bunga bank yang diperoleh dari tabungan tak sebanding dengan inflasi yang selalu terjadi tiap tahun. Bila dibandingkan oleh kenaikan harga jual barang serta jasa, dana di dalam tabungan malah bisa mengalami penurunan nilai.

Maka dari itu, para miliarder sukses, selalu memilih untuk menginvestasikan uang mereka agar terus berkembang. Investasi merupakan hal yang penting dan masuk ke dalam tips dan trik cara mengatur keuangan yang bijak sebab tidak hanya bisa menjamin finansial saat itu juga, namun akan menjamin dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, menjadi investor memungkinkan orang bisa memperoleh pasif income.

Tidak perlu menunggu menjadi kaya raya agar bisa meniru pola mengatur keuangan yang sudah dijelaskan diatas. Anda bisa menerapkannya dari sekarang, agar dapat mencapai kondisi finansial yang sehat dan hidup sejahtera.