Cara Kerja Bisnis Online Afiliasi dan Keuntungan yang Ditawarkan

bisnis online affiliasi

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal merupakan impian semua orang. Beruntung bagi Anda yang hidup di zaman teknologi sudah canggih, karena di era ini ada banyak cara mencari uang dengan mudah. Salah satunya adalah ikut bisnis online afiliasi yang memberikan penghasilan pasif dengan modal kecil saja!

Pada kesempatan ini kami akan membahas berbagai hal terkait cara kerja bisnis afiliasi dan keuntungan yang ditawarkan kepada peserta. Daripada penasaran, mari simak artikel berikut sampai selesai.

Apa Itu Afiliasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Afiliasi merupakan program komisi bagi orang-orang yang berhasil mengajak orang lain menggunakan atau membeli suatu produk atau layanan. Untuk jumlah komisinya bisa berbeda-beda, karena ditentukan oleh kebijakan perusahaan yang diikuti.  Cara kerja program afiliasi melibatkan beberapa pihak, yakni pemilik produk, afiliator, dan konsumen. Berikut kami jelaskan cara kerjanya supaya lebih jelas.

Mendaftar Bisnis Afiliasi

Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mengikuti program afiliasi. Silahkan kunjungi website perusahaan yang menyediakannya, kemudian dapatkan kode referral. Nah, kode tersebutlah yang digunakan setiap orang yang Anda undang. Semakin banyak yang menggunakan kode referral, maka semakin besar penghasilan yang Anda dapatkan.

Mempromosikan Produk Afiliasi

Ingin lebih banyak komisi? Mudah kok, Anda hanya perlu mempromosikan kode referal dari penyedia program. Ada beberapa cara promosi yang bisa dilakukan, mulai dari membuat review produk di blog, memasang banner di blog, dan share melalui media sosial masing-masing. Promosi produk dengan membuat review di blog harus sesuai dengan tema yang dibahas. Agar promosi efektif, Anda perlu menyesuaikan produk afiliasi dengan target audiens.

Kemudian untuk pemasangan banner di blog bisa menjadi cara promosi efektif lainnya. Banner program affiliate bisa dibuat semenarik mungkin agar perhatian pengunjung tertuju padanya. Usahakan untuk memasang banner di tempat-tempat strategis misalnya di sisi samping atau header blog, Anda juga bisa menempatkannya sebagai CTA di akhir review.

Orang-orang Menggunakan Kode Referal Anda

Promosi afiliasi dilakukan dengan tujuan membuat orang-orang menggunakan kode undangan yang Anda bagikan. Kalau ada konsumen yang menginputkan kode tersebut ketika membeli suatu produk affiliate, maka mereka akan mendapat diskon tambahan. Anda sebagai pihak afilaitor juga diberi komisi khusus karena telah membantu memasarkan produk.

Memperoleh Komisi

Komisi diperoleh dari penggunaan kode referal. Anda akan berbagi profit dengan pemilik produk, untuk jumlahnya tergantung kebijakan perusahaan. Berikut ini tiga jenis komisi yang tersedia di bisnis online afiliasi.

  •       Per lead, komisi ini dibayar ketika calon pembeli berhasil menyelesaikan suatu kegiatan yang diminta oleh pemilik produk.
  •       Per penjualan adalah jenis pembagian komisis yang dihitung berdasar jumlah produk yang terjual dengan kode referal.
  •       Per klik, dibayar ketika ada orang yang mengklik link referal yang mengarah ke website oemil produk.

Apa Saja Keuntungan Bisnis Afiliasi?

Ada banyak, contohnya seperti penghasilan pasif dan jam kerja yang fleksibel. Kalau Anda penasaran dengan keuntungan bisnis afiliasi, berikut akan kami sampaikan.

Modal Kecil

Diketahui ada dua jenis perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Pertama, perusahaan yang mewajibkan Anda membeli produk mereka sebagai syarat mengikuti program afiliasi. Kedua adalah perusahaan yang membebaskan syarat wajib membeli produk saat pendaftaran. Untuk jenis pertama, sebaiknya Anda memilih produk sesuai kebutuhan. Sedangkan yang kedua bisa dikatakan gratis tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Jam Kerja Fleksibel

Tidak ada kontrak yang mengikat Anda untuk terus menerus mempromosikan program afiliasi. Jadi bisnis ini bisa dijalankan kapan saja menyesuaikan waktu luang pesertanya.  

Memberikan Passive Income

Program afiliasi bukanlah suatu bisnis yang mengharuskan Anda berada di tempat kerja untuk menghasilkan uang. Karena saat tidur sekalipun Anda tetap mendapatkan pundi-pundi rupiah selama aktif. Promosi yang dilakukan di awal tetap berjalan selamanya, ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu bahkan setiap bulan. Tak perlu lagi duduk lama di depan komputer, karena uang akan datang dengan sendirinya.

Penghasilan Murni dari Kerja Keras

Uang yang diperoleh dari bisnis afiliasi sepenuhnya bergantung pada usaha. Semakin Anda bekerja keras mempromosikan produk, maka semakin besar pula hasil yang didapatkan. Kalau pekerjaan lain, mungkin Anda perlu menghabiskan banyak waktu tanpa menghasilkan uang lebih banyak dari program afiliasi.

Boleh Ikut Lebih dari Satu Program Afiliasi

Kalau dirasa satu bisnis afiliasi saja belum cukup menguntungkan, Anda bisa mengikuti beberapa program sekaligus. Tidak ada ketentuan batas maksimal pendaftaran, asal tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan penyedia produk. Maka dari itu, silahkan baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan agar tidak muncul masalah di kemudian hari.

Bagaimana, tertarik mencoba bisnis online afiliasi? Di atas sudah kami jelaskan cara kerjanya secara rinci beserta keuntungan yang didapat. Tak perlu ragu mencoba, karena Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam waktu singkat.