Cara Kerja di Jepang dan Persiapannya

peluang kerja di jepang

Kerja di Jepang tentu menjadi salah satu pengalaman hidup yang menarik. Karena, di negeri sakura yang terkenal memiliki sistem kerja disiplin ini dapat membuat kita lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Untuk Anda yang sudah atau belum mengunjungi Jepang, mungkin pernah mendengar tentang budaya kerja masyarakat di negeri tersebut. Walaupun terlihat ketat, tetap ada orang-orang yang menyukainya.

Nah, bagi Anda yang punya cita-cita untuk kerja di negeri sakura ini, sebaiknya dari jauh-jauh hari sudah membuat persiapan. Pasalnya, buat kerja atau magang ke Jepang itu tidak sesederhana di negara Indonesia. Anda tidak bisa langsung pindah lalu bekerja di sana, sebab ada beberapa syarat dan tahapan yang harus dilalui.

Syarat kerja di Jepang yang pertama tentu Anda harus mempelajari dan menguasai bahasa Jepang terlebih dahulu. Tidak harus fasih, asalkan bisa dipakai dalam percakapan sehari-hari maupun bisnis. Menguasai bahasa Jepang termasuk hal yang wajib dilakukan. Asal tahu saja, sebagian besar orang Jepang masih belum bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Tidak hanya itu saja, di negeri ini juga lebih banyak menggunakan tulisan huruf Jepang daripada romawi.

Sebelum berencana mencari pekerjaan di sana, terlebih dahulu ikuti test JLPT (Japan Language Proficiency Test) untuk menguji seberapa mampu Anda mengerti percakapan bahasa Jepang dalam kecepatan normal. Selanjutnya, Anda harus mengetahui kanal-kanal mana yang bisa menjadi batu loncatan saat bekerja, berikut dengan syarat kerja di Jepang.

Nah, berikut ada beberapa persiapan kerja atau magang ke Jepang yang bisa ditempuh.

Melamar Kerja di Perusahaan Jepang di Indonesia

cara kerja di jepang

Cara pertama yang bisa dilakukan supaya dapat bekerja di Jepang adalah dengan melamar pekerjaan di perusahaan Jepang yang ada di tanah air. Persentase Anda diterima bekerja cukup tinggi karena banyaknya perusahaan Jepang yang berada di Indonesia. Melalui kesempatan ini, Anda bisa memiliki pengalaman bekerja di negeri tersebut saat ditugaskan oleh perusahaan. Sangat mengasyikkan, bukan?

Magang lewat Jalur Depnaker

Magang ke Jepang melalui Departemen Tenaga Kerja Indonesia (Depnaker) yang menjalin hubungan dengan IMM-Japan menjadi salah satu cara terbaik yang memudahkan persiapan Anda. Lewat program ini, Anda bisa melamar sebagai pekerja magang yang tidak membutuhkan pendidikan terlalu tinggi. Biasanya pekerjaan magang ini berkaitan dengan teknisi atau operator mesin di pertanian, peternakan, maupun pabrik.

Menikah dengan Orang Jepang            

Menikah dengan orang Jepang akan meningkatkan kesempatan Anda bekerja di negara tersebut karena jauh lebih mudah. Anda boleh mempertimbangkan cara ini apabila memiliki nikat kuat bekerja di sana. Asal tahu saja, jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh warga asing di Jepang cukup terbatas. Berikut beberapa jenis pekerjaan di Jepang yang umum dilakukan warga asing:

  •       Tenaga profesional seperti karyawan yang bekerja di anak perusahaan Jepang, tukang masak, hingga pengajar.
  •       Tenaga perawat dan caregiver.
  •       Pekerja magang.

Bersekolah di Jepang  

Meskipun prosesnya cukup panjang, nyatanya bersekolah di Jepang bisa menjadi cara tepat untuk Anda yang bercita-cita bekerja di sana. Pasalnya, cara ini memungkinkan perusahaan tempat bekerja nanti mengurus segala hal tentang administrasi pekerjanya. Setelah lulus dan berhasil masuk ke perusahaan, Anda akan lebih gampang mengurus tentang administrasi.

Nah, jika ingin bekerja di sana, Anda bisa mencarinya melalui lembaga pemerintah atau swasta yang menjadi perantara antara perusahaan dengan pencari kerja. Selain itu, Anda dapat menggunakan koran, sosial media, maupun internet untuk menemukan informasi lowongan kerja.

Yang pastinya, administrasi yang menjadi syarat kerja di Jepang adalah hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus memahami persyaratan tersebut supaya dapat bekerja dengan lancar di sana. Biasanya, administrasi pertama yang harus disiapkan adalah visa yang sesuai dengan keperluan. Saat bekerja di sana, Anda juga harus menyesuaikan budaya kerja perusahaan tersebut. Berikut ini budaya kerja orang Jepang yang harus diketahui:

Disiplin dan Tepat Waktu

Karakter orang Jepang terkenal sangat disiplin dan menghargai waktu. Selain pekerja keras, mereka terbiasa tiba tepat waktu di kantor, dan baru pulang saat larut malam.

Menganggap Bos sebagai Dewa

Atasan atau bos perusahaan dianggap sebagai dewa. Oleh sebab itu, orang-orang Jepang sangat patuh terhadap perintah yang diberikan bos mereka. Termasuk kerja lembur tanpa bayar akan mereka kerjakan dengan penuh tanggung jawab untuk memuaskan bos perusahaan tersebut.

Memiliki Jam Kerja Panjang     

Masyarakat Jepang adalah tipe pekerja keras, sehingga wajar bila negeri sakura ini berhasil mendapat predikat negara maju. Jam kerja karyawan juga terkenal panjang, dalam waktu sebulan bisa mencapai 143 jam. Jatah cuti mereka juga jarang terpakai, maka dari itu tidak sedikit warganya yang mengalami kematian akibat stres bekerja.

Memberlakukan Sistem Senioritas      

Anda harus menghormati senior di kantor karena negara Jepang masih sangat kental dengan budaya senioritas. Dalam mengerjakan pekerjaannya, junior akan diarahkan dan dibimbing oleh senior. Maka dari itu Anda harus hormat, patuh, dan mengikuti setiap perintah senior.

Tertarik untuk kerja di Jepang? Persiapkan dirimu dan pelajari bahasanya mulai dari sekarang!