Cara Melihat Lowongan di Rekrut Bersama BUMN FHCI

Rekrut Bersama BUMN FHCI

Demi memenuhi kebutuhan lowongan kerja, BUMN yang bekerja sama dengan FHCI atau Forum Human Capital Indonesia membuka kesempatan bagi Putra Putri Indonesia untuk bisa menjadi bagian BUMN dalam Rekrut Bersama. Jumlah posisi yang dibuka pun tidak main-main, mencapai 10 ribu lebih. Lalu, bagaimana cara untuk melihat lowongan Rekrut Bersama BUMN FHCI ini? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Syarat Melamar di Rekrut Bersama BUMN FHCI

Sayangnya untuk bisa melihat lowongan yang tersedia, maka Anda harus lulus terlebih dahulu dari test yang diberikan oleh BUMN. Maka dari pada itu, sebelum tahap selanjutnya ada baiknya Anda menyiapkan beberapa syaratnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah syaratnya:

  • Lulus SMA sederajat, D1, D2, D3, D4, S1 dan S2.
  • Usia untuk pendaftar yang baru saja lulus SMA maksimal adalah 22 tahun.
  • Usia untuk pendaftar D1, D2, D3 maksimal adalah 24 tahun .
  • Sedangkan untuk pendaftar lulusan D4 dan S1 maksimal berusia 28 tahun.
  • Untuk lulusan S2, maksimal usianya adalah 38 tahun.
  • Bagi penyandang disabilitas dari berbagai lulusan, maksimal usia saat mendaftar adalah 45 tahun.
  • Bagi yang lulusan diploma ke atas harus menyertakan Sertifikat TOEFL.
  • Membuat SKCK dari Polres sesuai domisili. Ingat, untuk mendaftar menjadi pegawai CPNS atau BUMN harus mendapatkan SKCK dari Polres.
  • Surat keterangan sehat dari Puskesmas, rumah sakit atau klinik.
  • Pendaftar dapat menggunakan ijazah atau SKL untuk melakukan pendaftaran.

Syarat tersebut harus bisa Anda siapkan sebelumnya, di mana seluruh dokumennya tersimpan dalam bentuk softfile dan tidak lebih ukurannya dari 1 MB.

Cara Melihat Lowongan Rekrut Bersama BUMN FHCI

kerja hubungan international

BUMN telah membuka rekrut bersama semenjak tahun 2019 dan berhasil menarik minat dari masyarakat yang mencari pekerjaa, baik yang baru lulus sekolah atau kuliah dan yang sudah bekerja. Pada tahun ini, ada kabar bahwa akan dibuka lowongan kembali dari BUMN FHCI. Lalu, bagaimana cara untuk melihat lowongan dari BUMN mana saja yang akan dibuka? Berikut ini adalah caranya:

  1. Login ke situs resmi dari BUMN FHCI yaitu http://rekrutbersama.fhcibumn.com.
  2. Pilih menu register jika memang belum pernah mendaftar.
  3. Pada pendaftaran, Anda harus memasukan NIK atau Nomor Induk Kependudukan, email dan password.
  4. Selanjutnya Anda bisa mengecek ke email untuk melakukan konfirmasi. Setelah itu, Anda bisa langsung login. Apabila belum bisa login, tunggulah beberapa saat.
  5. Setelah itu, kliklah menu Progres, Biodata dan Akun yang terletak pada bagian pojok atas kanan tampilan situs. Apabila menu tidak muncul, Anda bisa refresh atau pun login ulang.
  6. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi biodata yang diperlukan seperti:
  • Pas foto
  • Data pribadi sesuai dengan KTP.
  • Masukan pendidikan terakhir.
  • Bila mempunyai penghargaan dapat diisi pada kolom yang sudah disediakan, jika tidak mempunyai penghargaan apapun dapat mengosongkannya.
  • Masukan berkas SKCK dan juga surat keterangan sehat. Pada bagian deskripsi, Anda dapat mengisi keterangan seperti tinggi badan, berat badan, tekanan darah dan lain sebagainya.
  1. Apabila sudah, maka Anda juga perlu melengkapi data lain seperti sertifikat TOEFL, ijazah dan lain sebagainya. Jika seluruh data sudah lengkap, klik menu Progress dan klik lagi tombol Disini.
  2. Kemudian, Anda akan diminta memasukan surat keterangan sehat sekali lagi. Jika sudah, kliklah tombol Lamar.
  3. Tunggu sesaat hingga muncul kartu jadwal test.

Itu adalah tahapan pertama untuk bisa melihat lowongan apa saja yang ada pada BUMN FHCI ini. Anda diharapkan mengikuti test yang sudah terjadwal. Untuk bisa mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan BUMN, akan ada test yang harus Anda lalui.

Tahapan yang sudah dijelaskan masuk ke dalam seleksi administrasi. Bila syarat yang lengkap dan sudah muncul jadwal test, maka Anda sudah dinyatakan lolos. Apabila belum mendapatkan jadwal test, coba cek kembali dokumen yang sudah Anda upload apakah ada kekurangan atau kesalahan.

Jika memang belum mendapatkan kartu, maka Anda bisa menghubungi pihak BUMN FHCI melalui email atau media sosial. Setelah mendapatkan kartu jadwal test, maka berikut ini adalah urutan test yang harus Anda lalu:

  • Seleksi tata nilai BUMN

Jika dinyatakan lolos tes administrasi, maka selanjutnya Anda akan mengikuti test tata nilai BUMN.

  • Seleksi kemampuan dasar

Jika pada test tata nilai dinyatakan lolos, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih 3 BUMN dengan posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Pada tahap inilah Anda dapat melihat seluruh lowongan yang disediakan. Kemudian, Anda akan melewati test online.

  • Seleksi di BUMN

Apabila Anda lolos tahap kedua, maka selanjutnya Anda akan masuk ke tahap terakhir yaitu test di BUMN tempat Anda melamar. Untuk test yang akan diadakan pun sesuai dengen kebijakan dari masing-masing BUMN serta interview kerja.

Bila Anda lolos, maka pengumuman akan dilakukan melalui web atau pun dikirim melalui email. Demikianlah penjelasan tentang cara melihat lowogan Rekrut Bersama BUMN FHCI. Di mana bagi Anda yang memenuhi syarat dapat mendaftar serta mengikuti seluruh tahapan test yang diperlukan.