Cara Membuat Bisnis Minuman Kekinian yang Unik

Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha yang banyak peminatnya. Karena memang tidak ada orang yang tidak suka makan atau jajan. Hal ini tentunya dapat terlihat dari beragamnya jenis kuliner yang muncul akhir-akhir ini.

Para pebinis pada sektor ini terus saja berinovasi dan semakin berkembang, baik untuk makanan maupun minumannya. Contohnya saja kini mulai bervariasi makanan dengan cita rasa pedas, bahkan levelnya bisa sampai puluhan. Untuk minuman tentunya beraneka ragam, ada kopi, boba, thai tea hingga minuman tradisional yang dikemas dalam wadah kekinian.

Untuk kisaran harganya sendiri juga sangat bervariasi, minuman kekinian memiliki range harga mulai dari Rp 5000 hingga Rp 50.000 hal ini dipengaruhi dengan kualitas bahan baku yang digunakan serta apakah brand terkenal atau tidak.

Cara untuk memulai usaha minuman kekinian

Berikut dibawah ini adalah tips bagi Anda yang ingin memulai usaha minuman kekinian :

Gunakan bahan baku yang berkualitas

Pastikan jika bahan baku yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik, karena minuman dengan bahan berkualitas baik, mempunyai cita rasa berbeda dari yang lain. Jadi, sebelum memulai usaha minuman, ada baiknya Anda melakukan sebuah riset terlebih dulu.

Buatlah formula rahasia yang hanya ada pada usaha minuman milik Anda. Jangan terburu-buru dalam melakukannya, karena setiap usaha itu pasti akan merasakan kegagalan terlebih dahulu untuk mencapai kesuksesan.

Variasi dan inovasi

Buatlah inovasi baru pada minuman Anda dengan menghadirkan beragam varian rasa, agar konsumen memiliki banyak pilihan dan tidak merasa bosan. Selain itu Anda memang dituntut menjadi kreatif jika terjun pada usaha ini, karena sudah pasti Anda mempunyai banyak saingan.

Kemasan menarik

Saat ini sudah banyak produk dari minuman kekinian muncul. Selain tentang rasa, pada nyatanya kemasan yang akan digunakan juga sangat menentukan apakah bisnis dapat berjalan atau tidak. Sebab pada kenyataannya, konsumen lebih memilih membeli minuman dengan kemasan rapi dan menarik dibandingkan jika Anda hanya menjual minuman dan dikemas dalam plastik.

Tidak hanya itu, kemasan yang Anda pilih pada kenyataannya juga sangat mempengaruhi branding dari produk Anda. Karenanya perhatikan dengan baik mengenai masalah kemasan ini, seperti apa konsep dari desain gelas Anda.

Pastikan jika gelas yang Anda gunakan, memiliki bahan yang kuat dan cukup tebal. Kemudian saat ada konsumen yang ingin membawa pulang minumannya, Anda bisa mengemas minuman tersebut pada kotak karton cantik baru dimasukkan ke dalam plastik.

Lokasi yang strategis

Selanjutnya yang menjadi hal penting adalah lokasi Anda untuk menjalankan bisnis minuman ini, Anda harus memikirkan secara matang lokasinya serta sesuaikan dengan target market Anda. Misalnya minuman yang Anda jual memiliki kisaran harga Rp 5000 hingga Rp 10.000.

Anda dapat berjualan disekitaran sekolah atau kampus, karena dengan harga segitu pastinya masih cocok dan mempunyai peluang tinggi untuk memperoleh pelanggan. Kemudian jika range harga Anda cukup tinggi, Anda bisa mencoba berjualan di dalam mal atau supermarket.

Namun, belakangan ini tidak banyak penjual minuman kekinian yang memikirkan masalah lokasi. Karena mereka memilih untuk bekerja sama dengan perusahaan ojek online dalam hal pengantaran pesanan. Alasannya adalah karena budget untuk menyewa tempat dan membuat booth saat ini cukup tinggi.

Manfaatkan media online untuk promosi

Kini dunia digitalberkembang dengan sangat pesat, karena itu akan sangat disayangkan jika Anda tidak mau memanfaatkannya guna mempromosikan jualan Anda. Media online paling banyak pengguna serta mudah cara penggunaanya adalah sosial media, misal Facebook, TikTok dan instagram.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi whatsapp, Anda dapat memasang iklan pada fasilitas story yang WA miliki. Namun, jika Anda hanya menggunakan WA maka yang bisa melihat hanyalah orang-orang yang Anda simpan nomornya dan mereka yang menyimpan nomor Anda.

Tetapi, jika Anda melakukan promosi menggunakan sosial media. Maka akan dapat dilihat oleh orang  banyak bahkan mereka yang tidak berteman dengan Anda. Kemudian sosmed sendiri juga telah memiliki fitur bagi penjual online yang ingin mempromosikan dagangan mereka.

Anda dapat menggunakan IG Shop ataupun marketplace pada faceboo dan TikTok Shop. Ketiga media sosial ini juga dilengkapi dengan fitur paid promote atau iklan berbayar, dimana ketika Anda menggunakannya akan banyak sekali orang yang sesuai kriteria Anda dapat melihatnya.

Sesuai dengan budget

Modal kerap kali menjadi masalah saat ingin memulai suatu usaha. Dimana ketersediaan modal dapat menjadi sebuah hambatan terbesar, walaupun sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menekan budget.

Misalnya dengan menyesuaikan target dari orang-orang yang dituju dan menyesuaikannya dengan anggaran. Lalu, bisa juga menekan budget dalam hal produksi, Anda bisa mencari distributir yang memberikan penawaran terjangkau.

Jika masih juga terkendala dengan modal, Anda bisa melakukan penjualan secara online. Pasarkanlah bisnis Anda melalui sosial media dan bermitralah dengan perusahaan penyedian layanan antar, seperti GoFood, ShopeeFood atau GrabFood.