Cara Membuat Efin dan Persyaratannya

daftar efin online

Kemajuan era digital dan teknologi sekarang ini membuat banyak orang lebih mudah untuk menentukan berbagai kegiatan dalam kehidupannya. Terutama dalam melakukan pengurusan pajak, sekarang ini untuk wajib pajak bisa dengan mudah melaporkan bukti pembayaran melalui surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPh) elektronik. Tentunya wajib pajak harus mengenal cara membuat EFIN dulu

Efin sendiri tahapan pertama yang akan dilakukan agar terdaftar terdapat pada sistem DJP, sehingga bisa langsung melaporkan wajib pajaknya melalui penghasilan tersebut. Cara daftar Efin pun terbilang mudah dan tidak begitu ribet, hal inilah membuat banyak orang bisa langsung untuk membuatnya. Penasaran mengenai penjelasan lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu EFIN?

Mungkin dari beberapa orang belum terlalu memahami EFIN atau electronic filing identification number yang dikhususkan dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk seluruh wajib pajak dalam mempermudah prosesnya akan lebih mudah dalam melakukan transaksi elektronik. Hal ini telah diatur dan ditentukan dalam Peraturan Jenderal Pajak yang menjelaskan PER-41/PJ/2015/

Dalam aturan tersebut dijelaskan mengenai keamanan dalam transaksi elektronik dan dibutuhkan wajib pajak untuk memenuhi kebutuhan individu dalam melakukan SPT pajak akan dilakukan secara online dan real time melalui akses internet. Dengan adanya EFIN ini membuat wajib pajak tidak perlu untuk datang langsung ke kantor pajak, tetapi dapat dilakukan secara online. 

Oleh karena itu, apabila Anda belum mempunyai EFIN, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara membuat EFIN secara mudah dan praktis. Hal ini tentunya memberikan banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan. Karena prosesnya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak terlalu ribet. 

Cara Daftar EFIN 

Untuk proses pendaftaran EFIN sendiri wajib pajak dapat memilih dua alternatif untuk melakukannya, dalam tahap ini untuk proses pengajuan sangat mudah untuk dilakukan. Untuk pilihannya Anda bisa langsung melakukan pendaftaran langsung ke kantor pajak atau bisa mengajukannya proses pendaftaran melalui proses online secara menyeluruh. 

Jika Anda tidak ingin ribet dalam registrasi EFIN lebih baik untuk melakukannya secara online saja, karena jauh lebih mudah dan praktis untuk proses melakukannya. Hal terpenting Anda mempunyai akses internet dan dapat melakukannya dengan sangat sederhana. Berikut ini proses pengajuannya untuk bisa Anda pahami secara jelas dan menyeluruh, simak ulasannya. 

Pembuatan Offline EFIN 

cara daftar efin

Pada tahap ini Anda harus pertama kali melakukan download formulir terlebih dahulu melalui website www.pajak.go.id , lalu Unduh Formulir Efin. Apabila dalam prosesnya mengalami kendala, anda dapat langsung untuk menuju kantor pajak saja untuk proses mendapatkan formulirnya tersebut. Hal ini jika terjadi kendala atau persoalan dalam proses untuk downloadnya. 

Langkah berikutnya Anda tinggal melengkapi beberapa formulir yang sudah didownload tersebut secara lengkap dan jelas melalui formulir yang disediakan tersebut. Setelah Anda melengkapinya, maka proses untuk pengajuannya tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, tentunya harus wajib pajak yang bersangkutan untuk melakukan pengurusan dan proses pembuatan EFIN tersebut. 

Kecuali untuk kebutuhan perusahaan dapat dilakukan dengan perwakilannya yang telah ditentukan. Dalam tahap ini untuk beberapa dokumennya, pihak wajib pajak harus menyertakan formulir aktivitasi EFIN, alamat email yang aktif, KTP asli dan fotokopi, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) Untuk WNA wajib sertakan yang asli dan fotokopi. 

Terakhir untuk registrasi EFIN, peserta wajib membawa dan memberikan NPWP asli beserta fotokopinya secara lengkap dan menyeluruh untuk mempermudah prosesnya. Perlu dipahami juga untuk perusahaan yang ingin proses pembuatan EFIN harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu yang harus dilengkapi dan dipenuhi dengan baik serta menyeluruh. 

Dalam tahap ini harus berjumlah 20 orang, nama tercantum dalam SPT PPh, perusahaan mempunyai dan melengkapi peralatan untuk aktivasi EFIN, dan karyawan harus hadir pada saat proses pengaktifan EFIN tersebut. Setelah formulir dilengkapi dan dokumen selesai, langsung saja menuju kantor pajak untuk proses selanjutnya untuk mendapatkan EFIN dan langsung proses aktivasi nya. 

Pembuatan Online EFIN 

Untuk proses online ini sebenarnya tidak begitu rumit dan sulit untuk melakukannya, karena dalam tahap ini Anda tinggal langsung menggunakan PC dan internet saja. Prosesnya Anda tinggal download formulir yang ada dan melengkapinya, setelah itu langsung melakukan swafoto dengan memegang KTP dan NPWP. setelah itu langsung saja kirim email untuk pengajuan proses EFIN tersebut. 

Dalam tahap ini tinggal menunggu proses registrasi EFIN langsung, nantinya jika sudah selesai biasanya akan mendapatkan aktivasi EFIN secara online. Untuk menerima balasan tersebut biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih dalam kurun waktu 24 jam langsung mendapatkan semua kode EFIN yang langsung dibalas melalui email yang ada. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai proses atau cara membuat EFIN secara menyeluruh yang dapat Anda pahami dan ketahui dengan jelas.