Cara Membuat Rumah Sederhana yang Nyaman

rumah sederhana

Memiliki rumah adalah impian semua orang, apalagi jika Anda sedang dalam proses untuk membangunnya. Semua orang pasti ingin mempunyai rumah mewah, tapi sekarang ini sepertinya membuat rumah sederhana yang nyaman adalah prioritas paling utama. Terlebih lagi dengan harga tanah yang sekarang ini juga tidak murah. Bahkan semakin tahun juga semakin tinggi. 

Jika Anda memang ingin mempunyai rumah sederhana, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana caranya. Dimana tentu saja rumah tetap akan terasa nyaman dan aman. Jadi, ikuti terus pembahasannya berikut ini. 

Cara Membuat Rumah Sederhana 

Membuat rumah sederhana, tahapannya tidak berbeda jauh dengan jenis bangunan lain. Dimana yang membedakannya hanyalah dari ukuran dn dana yang harus dikeluarkan. Bagi Anda yang ingin membuat rumah sederhana, berikut ini adalah caranya: 

Tentukan desain terlebih dahulu 

Kalau berbicara rumah sederhana sudah pasti Anda harus mengusung desain minimalis. Rumah minimalis sekarang ini sangatlah populer di kalangan masyarakat urban. Hal ini sendiri disebabkan karena harga tanah yang sangat tinggi, sehingga kebanyakan memilih tanah yang tidak begitu luas untuk dibangun rumah. 

Walau sudah jelas menggunakan desain rumah minimalis, Anda tetap harus membuat desain denah rumah. Hal ini sendiri sangatlah penting agar Anda bisa membuat ruangan yang diperlukan. Selain itu, juga meminimalisir terjadinya kesalahan pembangunan. Karena jika terjadi kesalahan, maka sudah jelas Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

Ukur luas bangunan dengan teliti 

Sebelum Anda membangun, pastikan bahwa Anda telah melakukan pengukuran luas bangunan dengan tepat. Hal ini sendiri berkaitan erat dengan poin pertama. Dimana dengan mengukur luas dengan tepat, maka akan memudahkan Anda untuk membuat denah desain rumah sederhana.

Pengukuran yang tepat sendiri juga berguna untuk menghindari kesalahan pembangunan. Tidak hanya mengukur seluruh total luas bangunan saja, Anda pun juga harus melakukan pengukuran untuk ruangan-ruangan dalam rumah. Hal ini sendiri akan sangat memudahkan Anda untuk bisa membuat rumah sederhana yang nyaman. 

Survey bahan material 

Setelah Anda selesai membuat desain dan melakukan pengukuran, maka selanjutnya Anda harus melakukan survey bahan material serta harganya. Hal ini sangatlah penting agar Anda bisa tahu berapa kira-kira biaya yang perlu Anda keluarkan. Untuk melakukan survey sendiri Anda bisa membandingkan satu toko dengan yang lainnya. 

Tidak hanya mencari harga yang paling murah, tapi Anda juga perlu mencari toko yang menyediakan bahan material terlengkap. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mencarinya di beda-beda toko yang tentu saja akan banyak membuang tenaga dan waktu. Agar bisa menghemat, maka lebih baik pilih bahan material dari produk lokal yang sudah SNI. 

Produk lokal juga tidak kalah bagus dengan produk premium. Sehingga Anda sudah tidak perlu ragu lagi menggunakannya. Karena sudah teruji dan standar nasional yang diakui oleh pemerintah. Kualitasnya sudah bisa dijamin sangat baik dan Anda tidak akan kecewa dengan kualitasnya. 

Pilih jasa tukang bangunan yang terpercaya 

Selanjutnya Anda juga harus memilih jasa tukang bangunan yang terpercaya. Bagian ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Karena jika memilih yang asal, sudah jelas rumah sederhana Anda tidak mungkin bisa dibangun dengan baik. Dimana bisa jadi rumah malah tidak akan sesuai dengan keinginan. 

Maka daripada itu, Anda harus bisa mendapatkan tukang bangunan yang tepat. Bagi Anda yang baru pertama kali membangun rumah, bisa memilih jasa konstruksi profesional yang sudah berpengalaman. Bila masih belum yakin, Anda bisa meminta rekomendasi dari orang terdekat. 

Perlu Anda tahu bahwa jasa tukang bangunan ini biasanya ada dua kategori, harian dan borongan. Bagi Anda yang ini pembangunan cepat dan lebih murah, mungkin bisa memilih jasa borongan. Jasa yang satu ini sendiri akan dibayar berdasarkan luas bangunan yang akan dibangun. 

Hanya saja, perlu Anda perhatikan ketika menggunakan jasa borongan untuk selalu mengawasi pengerjaan. Kenapa? Karena terkadang saking cepatnya mereka bekerja, sering kali ada bagian yang kurang teliti dikerjakan. Hal ini tentu saja bisa merugikan Anda kedepannya. 

Buatlah RAB 

Ketika seluruhnya sudah Anda siapkan, kemudian Anda harus membuat Rencana Anggaran Bangunan atau RAB. Pada dasarnya ketika Anda membangun rumah, maka RAB ini sangatlah penting. Gunanya sendiri adalah agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak perlu. Tidak hanya itu saja RAB ini juga akan sangat membantu Anda untuk mengontrol dana agar tidak berlebihan. 

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah sederhana. Dimana tidak begitu jauh dengan membuat bangunan mana pun, hanya saja lebih simple dan mudah. Namun, tetap saja Anda harus melakukan perencanaan dengan baik dan juga hati-hati agar tidak terjadi kesalahan saat membangunnya.