Cara Membuat SIUP, Syarat, dan Biayanya

Jika Anda ingin membangun dan membuka bisnis mungkin sudah tidak asing dengan SIUP atau surat izin usaha perdagangan. Hal ini sebagai bentuk legalitas secara menyeluruh dalam menjalankan usaha dimata hukum, tentunya Anda harus memahami proses cara buat SIUP tersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk proses perdagangan dalam menjalankan bisnis secara menyeluruh. 

Dalam dunia bisnis SIUP sudah menjadi kebutuhan penting, karena sebagai bentuk legalitas atau aturan yang penting dalam menjalankan bisnis. Pada tahap ini Anda harus bisa memenuhinya dan menjadi kebutuhan wajib yang harus diperhatikan. Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis, maka penting memahami proses atau syarat membuat SIUP tersebut. 

Mengenal Jenis SIUP 

Jika Anda ingin membuka bisnis atau usaha dalam skala kecil dan besar wajib memiliki SIUP tersebut, karena sebagai bentuk legalitas yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu pada tahap ini kami akan memberikan beberapa jenis SIUP yang dapat Anda pahami dan ketahui secara menyeluruh. Berikut ini beberapa jenis SIUP tersebut, simak ulasan lengkapnya. 

Untuk dipahami secara jelas dan menyeluruh, maka penting untuk dipahami dalam dunia bisnis atau usaha untuk beberapa kategori yang bisa Anda pahami. Dalam berbagai kebutuhannya ada SIUP Mikro yang dikhususkan untuk yang baru memulai usaha atau modal yang dibawah 50 juta rupiah. Lalu untuk Anda yang mempunyai modal lebih dari 50 juta sampai 500 juta dikenal sebagai SIUP Kecil. 

Jika Anda menjalankan bisnis dengan modal memiliki kekayaan secara menyeluruh dengan total 500 juta rupiah sampai 10 Miliar, maka Anda harus mengurus dan menentukan SIUP Menengah. Apabila Anda mempunyai modal usaha lebih dari 10 Miliar, maka harus mengurus SIUP besar yang harus dimiliki dan dilakukan secara menyeluruh. 

Dalam tahap ini Anda harus bisa memahami dan mengetahui syarat membuat SIUP agar kebutuhan bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami permasalahan hukum nantinya. Jika Anda ingin membuka bisnis, maka penting sekali untuk melakukan pengurusannya dengan jelas dan menyeluruh untuk diperhatikan dengan baik. 

Syarat Membuat SIUP

cara membuat SIUP

Jika Anda ingin untuk membuat SIUP tersebut ada beberapa syarat yang harus dilakukan dan diperhatikan dengan baik. Hal ini membuat Anda akan lebih mudah menentukan syarat administrasinya dengan jelas dan menyeluruh. Pada tahap ini kami akan memberikan beberapa syarat yang bisa Anda lakukan dan pahami secara jelas dalam proses pembuatannya. 

1. SIUP Untuk Perseroan Terbatas (PT)

Jika Anda untuk membuka bisnis atau usaha yang harus dipahami secara menyeluruh, maka penting untuk mempersiapkan fotokopi KTP dari penanggung jawab atau direktur. Mempersiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) apabila penanggung jawabnya adalah perempuan. Tidak lupa untuk memberikan dan mempersiapkan NPWP secara menyeluruh yang harus dipahami. 

Memberikan SITU atau surat keterangan domisili, mempersiapkan fotokopi akta pendirian PT dan fotokopi keputusan dari pengesahan hukum. Memberikan neraca perusahaan dan surat izin gangguan atau HO yang lengkap. Selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan foto direktur utama atau penanggung jawab dengan memberikan ukuran foto 4×6 sebanyak 2 lembar. 

Apabila diminta secara langsung, maka Anda bisa mempersiapkan dengan surat izin teknis dari instansi tertentu yang lengkap dan menyeluruh dan tidak lupa untuk mempersiapkan materai Rp. 6.000. Hal ini harus Anda persiapkan dan miliki sebagai syarat yang harus diperhatikan. 

2. SIUP Untuk Koperas

Jika untuk kebutuhan SIUP koperasi, maka Anda akan bisa memberikan fotokopi dari dewan pengurus dan pengawas, memberikan fotokopi NPWP dan Akta Pendirian, tersedia daftar susunan dewan pengurus dan pengawas, fotokopi SITU dari Pemda, Neraca koperasi, pas foto penanggung jawab, dan memberikan materai Rp. 6.000. 

Untuk kebutuhan koperasi yang berkaitan dengan limbah, maka Anda harus mempersiapkan dan memiliki AMDAL untuk kebutuhan jalannya koperasi tersebut. 

3. SIUP Perorangan 

Apabila Anda ingin untuk kebutuhan SIUP perorangan, maka Anda tinggal mempersiapkan fotokopi KTP, NPWP, SITU, neraca perusahaan, dan materai Rp. 6.000. Selanjutnya Anda tinggal melakukan foto penanggung jawab dan surat izin usaha yang akan dijalankan tersebut. 

4. SIUP Untuk Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

Jika Anda ingin untuk pengurusan perusahaan Tbk, maka Anda bisa melakukan dan memperhatikan beberapa syarat yang hampir sama dengan lainnya. Tetapi Anda harus mempersiapkan Akta Notaris, badan pengawas pasar modal, fotokopi Surat tanda penerimaan laporan keuangan tahunan, dan foto penanggung jawabnya. 

Tentunya setiap usaha yang dijalankan untuk kebutuhan SIUP, maka penting juga untuk mempersiapkan beberapa biaya buat SIUP tersebut. 

Biaya Buat SIUP 

Jika untuk biaya pembuatan tersebut, maka ada beberapa biaya yang harus Anda keluarkan dan dilakukan pembayaran secara menyeluruh. Dalam tahap ini beberapa biaya buat SIUP tersebut memiliki beberapa perbedaan yang jelas, untuk informasi dan penjelasan lengkapnya Anda bisa melakukan untuk langsung ke kantornya saja secara jelas dan menyeluruh. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat SIUP yang dapat Anda pahami dan lakukan secara jelas dan menyeluruh.