Cara Meminjam Uang di Bank

pinjam uang di Bank

Jika Anda sedang terdesak dalam urusan keuangan atau sedang membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis Anda, namun tidak memperoleh pinjaman dari teman atau keluarga. Terdapat solusi yang paling tepat agar bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut, dan solusi itu yakni dengan mengajukan sebuah pinjaman dana ke lembaga keuangan, berupa bank.

Mengajukan pinjaman dana ke Bank adalah salah satu solusi paling masuk akal untuk masalah keuangan yang menimpa Anda. Sejauh ini masyarakat selalu menjadikan bank sebagai lembaga yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan, dan produk pinjaman dari bank adalah yang paling populer.

Hal ini dikarenakan, banyak orang yang setuju untuk meminjam dana di bank sebab suku bunganya tidak begitu besar serta tenor pinjamannya pun terbilang lama. Lalu, bagaimana cara untuk meminjam di bank supaya bisa disetujui? Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Memperoleh Pinjaman Dana dari Bank

Hampir seluruh bank memiliki berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para peminjam. Persyaratan tersebut sifatnya mutlak, jika ada satu poin saja yang tidak terpenuhi, tentu proses permohonan tidak bisa dilakukan lebih lanjut. Dibawah ini merupakan syarat umum yang perlu disiapkan calon peminjam sebelum mereka mengajukan pinjaman ke suatu bank, antara lain:

  •         Fotokopi NPWP
  •         Fotokopi slip gaji
  •         Fotokopi buku tabungan
  •         Fotokopi KTP atau Kartu Keluarga dan Akta nikah sebagai tanda identitas diri bila sudah menikah
  •         Tambahan lainnya, apabila mengambil pinjaman menggunakan agunan maka perlu menyiapkan dokumen dari bukti kepemilikan barang atau benda terkait yang dijadikan jaminan. Contohnya sertifikat tanah dan rumah atau BPKB kendaraan bermotor.

Jika semua dokumen tersebut telah disiapkan, Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang bank terkait dan mulai mengajukan pinjaman dana lewat para petugas bank.

Tips Supaya Pinjaman Agar Cepat Disetujui Bank

Apabila semua berkas sudah siap, berikutnya perhatikan beberapa poin berikut ini supaya pengajuan pinjaman dana cepat disetujui, yaitu:

1.       Menggunakan Jaminan

Supaya pengajuan pinjaman segera disetujui maka disarankan untuk Anda memakai jaminan. Pilihlah agunan yang memiliki nilai tinggi, minimal barang yang dijadikan agunan nilainya sama dengan jumlah dana yang Anda pinjam.

Pihak perbankan nantinya akan melakukan seleksi terhadap barang yang Anda jadikan jaminan, apakah layak atau tidak. Sebab barang ini akan dilelang jika debitur tidak dapat menyelesaikan semua pembayaran. Tahap seleksi ini lumayan ketat. Biasanya terdapat syarat khusus terkait barang jaminan tersebut. Seperti kendaraan yang dijadikan agunan harus diproduksi paling baru, dan masih banyak lagi.

2.       Tidak Mempunyai Catatan Hutang oleh Lembaga Keuangan Apapun

Umumnya pihak bank segera mengkroscek data para calon peminjam di BI Checking. Mencari tahu apakan calon peminjam mempunyai skor kredit tidak bagus atau buruk. Riwayat kredit atau skor kredit akan mewakilkan apakah Anda pernah mengalami kegagalan bayar pinjaman dana sebelumnya. Nantinya skor kredit ini akan dijadikan sebuah pertimbangan bagi pihak bank terkait.

3.        Menentukan Tenor Pinjaman

Masa pinjaman adalah periode peminjaman yang di berlakukan. Apabila Anda memilih periode pinjaman lebih lama, tentu nominal angsuran akan jauh lebih ringan namun suku bunga yang dikenakan jauh lebih tinggi. Sebaliknya, apabila Anda memilih periode pinjaman singkat, tentu biaya cicilan utang setiap bulannya akan lebih besar.

Sebelum Anda menentukan tenor pinjaman, sebaiknya hitung dahulu penghasilan Anda per bulan. Kemudian susunlah rencana pinjaman secara cermat dan bijak supaya nantinya tidak menjadi beban dan bahkan mengalami kegagalan pembayaran angsuran.

4.   Menyesuaikan Jumlah Pinjaman terhadap Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Jadilah peminjam yang bijak, dimana Anda harus menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan untuk membayarnya. Ajukanlah pinjaman yang mana nominal angsuran tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan Anda. Hal ini akan membuat pihak bank menilai Anda sanggup membayar semua hutang yang ada.

Apabila Anda memperhitungkan nominal pinjaman secara cermat, kemungkinan besar pengajuan pinjaman yang Anda layangkan bisa segera disetujui bank terkait.

5.   Memanfaatkan Penawaran KTA

Sebagian bank mempunyai layanan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Dimana layanan tersebut hampir serupa dengan fintech, namun suku bunganya jauh lebih ringan. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut apabila Anda tidak mempunyai jaminan sama sekali. Tapi untuk nominal pinjaman dari produk kredit tanpa agunan jauh lebih kecil dibanding produk pinjaman dengan menggunakan agunan. Maka dari itu, sesuaikan situasi dan kondisi ketika Anda akan memilih pinjaman dari bank. Sadari kemampuan dan konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil agar nantinya tidak menjadi masalah besar di kemudian hari.

Demikianlah informasi mengenai cara meminjam uang di bank yang bisa Anda coba ketika akan mengajukan pinjaman dana dan ingin segera disetujui oleh pihak bank terkait. Semoga ulasan kali ini bisa membantu Anda suatu saat nanti.