Cara Menambah Pendapatan Sampingan

pendapatan sampingan

Sebagai pekerja full time seperti yang sedang Anda lakukan saat ini, merupakan sumber penghasilan pasti setiap bulan dan tentunya Anda memilih pekerjaan tersebut karena upahnya dapat mencukupi kebutuhan.

Namun, tidak jarang ada orang-orang yang masih membutuhkan pekerjaan tambahan guna mendapatkan hasil yang lebih banyak. Tetapi tentunya dalam mengerjakan part time tidak bisa sembarangan dan membutuhkan waktu disela pekerjaan utama.

Lalu, bagaimana supaya Anda bisa tetap mendapatkan penghasilan tambahan tetapi tidak mengganggu pekerjaan utama. Berikut di bawah ini adalah beberapa caranya :

Menjadi mitra sebuah usaha kecil

Berinvestasi tidak hanya dapat dilakukan pada instrumen-instrumen yang tersedia, tetapi juga bisa dengan cara memberikan bantuan modal kepada toko-toko atau usaha kecil milik kerabat, teman atau keluarga. Laba yang dihasilkan dan dibayarkan kepada Anda sesuai dengan perjanjian merupakan tambahan penghasilan.

Atau bisa juga bekerja sama dengan kerabat, teman atau keluarga untuk membuka sebuah usaha kecil dengan Anda sebagai mitra pasifnya. Jadi, Anda hanya tinggal menerima komisi bersihnya saja. Namun jangan sampai lepas tangan begitu saja. Anda juga harus sesekali melakukan pengecekan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat Anda menjadi rugi.

Menjadi Freelancer

Bila Anda memiliki keahlian tertentu, maka hal tersebut merupakan aset Anda untuk menghasilkan uang tambahan dengan nominal yang cukup besar. Anda bisa menjual bakat tersebut sebagai jasa untuk pihak yang memang membutuhkan.

Misalnya, Anda memiliki keahlian menulis. Maka, Anda bisa menjual bakat tersebut dengan menulis artikel pada website berita atau mengisi blog. Lalu, bila mempunyai bakat di bidang editing atau bakat-bakat lain.

Untuk bayaran, semuanya tergantung dengan kesepakatan Anda dengan si pengguna jasa. Tentunya akan semakin besar bila jam terbang yang Anda miliki sudah banyak. Jadi, asahlah keahlian tersebut sebaik mungkin agar semakin banyak pula uang yang didapatkan.

Mengikuti program affiliate

Apabila Anda menginginkan penghasilan namun tidak harus melakukan sesuatu, dalam arti kata passive income. Anda bisa mengikuti program yang bernama affiliate marketing, ini adalah kegiatan dimana Anda hanya perlu menyebarkan sebuah kode referral dan mempromosikan suatu produk pada seluruh media sosial yang Anda miliki atau platform lainnya, seperti website, blog, serta landing page.

Setiap kali ada yang mengklik URL atau kode tersebut, kemudian mereka meresponnya seperti misalnya membeli barang mendownload, registrasi dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan komisi.

Program affiliate ini memang dapat memberikan tambahan penghasilan secara online dengan nominal yang cukup besar bila dilakukan secara konsisten. Namun, jujur saja melakukan hal in membutuh komitmen serta kesabaran dan Anda juga harus mempunyai pengetahuan tentan SEO.

Berjualan online

Berjualan online juga bukan satu hal yang buruk, karena banyak sekali produk yang bisa ditawarkan melalui berbagai platform, misalnya pada facebook, instagram, tiktok atau e-commerce yang saat ini menjadi primadona banyak orang untuk berbelanja online.

Anda bisa mencari suplier secara online, tentukan saja produk apa yang menjadi minat Anda. Kemudian Anda hanya perlu menaikan harga yang ditujukan sebagai keuntungan. Kelebihan dari menjadi reseller atau dropshiper, yakni Anda tidak perlu memikirkan tentang kualitas barang atau hal lain yang biasanya dilakukan oleh pengusaha yang memulai usahanya dari nol.

Menjadi makelar properti atau kendaraan

Menjadi seorang makelar untuk properti seperti tanah dan rumah atau kendaraan, juga bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan besar dari komisi. Walau hasilnya tidak selalu pasti.

Namun, apabila Anda memiliki skill lebih dalam komunikasi, tentu dalam melakukan sebuah pendekatan terhadap konsumen akan lebih mudah. Apalagi pekerjaan yang satu ini terbilang fleksibel dan ringan.

Berinvestasi

Bila Anda benar-benar tidak memiliki waktu untuk bekerja sambilan, namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Maka satu-satunya jalan adalah dengan berinvestasi. Tetapi bila memang tertarik pada investasi, Anda harus melakukannya dengan segera agar bisa segera menikmati bayaran dari bunga yang didapatkan.

Untuk hasil yang didapatkan tentunya tergantung dengan investasi yang Anda ikuti. Anda bisa bertanya kepada pihak perbankan atau mencari informasi melalui internet mengenai jenis-jenis investasi yang ada di Indonesia.

Pelajarilah secara menyeluruh, supaya Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari investasi yang menjadi incaran. Berikut dibawah ini adalah jenis investasi yang direkomendasikan :

  • Deposito
  • Emas
  • Properti
  • Reksa Dana
  • Saham
  • P2P (peer to peer)

Demikianlah informasi mengenai cara agar Anda bisa memiliki tambahan penghasilan melalui kerja sampingan. Perlu diingat bila Anda juga harus memperhatikan kemampuan sendiri, jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan part time ketika kondisi tidak baik. Kemudian pilihlah pekerjaan yang memang sesuai dengan minat, dengan begitu tentunya akan lebih semangat ketika mengerjakannya.