Cara Mencari Modal Awal Untuk Usaha

cara mencari modal awal untuk usaha

Ketika sudah bosan menjadi seorang pegawai atau karyawan, maka membuka usaha sendiri adalah hal yang banyak dilakukan. Apalagi jika mampu memiliki usaha yang sekiranya sangat menjanjikan, sudah pasti tidak boleh dilewatkan kesempatan tersebut. Namun, setiap usaha pasti membutuhkan modal untuk bisa mengembangkan usaha tersebut. Lalu bagaimana cara mencari modal awal untuk usaha? Ikuti ulasan berikut ini. 

Cara Mencari Modal Awal Untuk Usaha 

Bagi sebagian dari Anda yang ingin membuka usaha, mencari modal adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Terlebih lagi jika ingin mengembangkan usaha, sudah pasti modal adalah hal paling pertama yang harus disiapkan. Lalu bagaimana cara mencarinya? Berikut ini adalah beberapa cara mencari modal untuk membuka usaha: 

  • Menggunakan tabungan 

Cara pertama untuk mendapatkan modal usaha yang pertama adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Hal ini tentu saja dapat dipilih apabila memang Anda memiliki tabungan yang sekiranya cukup untuk membuka usaha yang Anda pilih. Tapi, menggunakan tabungan sendiri harus banyak yang perlu Anda pertimbangkan. 

Semisalnya adalah dengan berhati-hati tidak menghabiskan seluruh tabungan untuk modal usaha. Karena Anda membutuhkan dana untuk kehidupan sehari-hari, maka memang lebih baik merencanakan berapa besar dana yang dibutuhkan untuk membuka usaha yang akan dijalankan. 

  • Pinjam bank 

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam bank. Cara yang satu ini cukup sering dipilih karena merupakan cara yang paling mudah. Apalagi beberapa bank di Indonesia menyediakan produk pinjaman yang bisa dipilih seperti kredit tanpa agunan juga pinjaman dengan agunan. 

cara mencari modal awal untuk usaha

Untuk kredit tanpa agunan sendiri adalah pinjaman yang tidak memerlukan jaminan apapun. Di mana untuk mengajkan pinjaman ini, Anda harus menyediakan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh bank, yang tentu saja harus Anda penuhi. Sedangkan untuk pinjaman dengan agunan, Anda bisa menggunakan jaminan kendaraan bermotor ataupun sertifikat berharga. 

  • Pinjam ke orang terdekat 

Cara lainnya adalah dengan meminjam dana ke orang terdekat, seperti keluarga atau teman. Hanya saja melakukan peminjaman dana ke orang terdekat memiliki resiko social yang banyak dihindari. Apalagi jika terjadi masalah ketika usaha sedang dijalankan, di mana Anda perlu sekali melakukan pembayaran terhadap pinjaman tersebut. 

Agar dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah persaudaraan atau pertemanan, maka ada baiknya saat melakukan pinjaman Anda membuat perjanjian utang piutang. Hal ini sendiri demi kenyamanan kedua belah pihak yang akan mengamankan tali silaturahmi dengan orang yang akan uangnya akan Anda pinjam. 

  • Menjual aset 

Cara selanjutnya agar Anda bisa mendapatkan modal adalah dengan menjual aset yang dimiliki. Semisalnya Anda mempunyai aset seperti perhiasan, kendaraan bermotor, rumah atau lain sebagainya, bisa Anda jual untuk mendapatkan modal tambahan. Namun, tentu saja dalam penjualan aset ini Anda harus bisa melalui pertimbangan yang sangat matang. 

Mengapa demikian? Karena aset adalah sebuah tabungan di masa depan, di mana jika terbeli sudah pasti tidak akan kembali. Maka dari pada itu, Anda perlu sekali mengelola masalah aset untuk modal ini dengan sangat baik. Karena jika salah langkah, maka bisa saja aset yang sudah terjual tidak dapat terbeli kembali. 

  • Menjalin kerja sama 

Salah satu cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan menjalin kerja sama. Cara yang satu ini sendiri cukup umum dilakukan, di mana Anda akan mencari seorang partner yang sekiranya memiliki visi misi yang sama. Selanjutnya nantinya Anda dan partner akan mengumpulkan modal secara bersamaan, sehingga usaha akan berjalan dan berkembang. 

Namun, dalam hal ini Anda harus mencari partner yang tepat agar usaha bisa berjalan sesuai dengan kesepakatan bersama. Lalu, bagilah keuntungan dengan adil dan juga perlu sekali membuat perjanjian pasti yang jelas, sehingga tidak aka nada kerugian dari kedua belah pihak. 

  • Mencari investor 

Jika Anda ingin membuka sebuah usaha atau bisnis dan membutuhan modal, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencari investor. Cara yang satu ini biasanya dijalankan jika memang modal yang diperlukan cukup besar. Investor ini nantinya akan menanamkan modal yang sekiranya akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis. 

Lalu, investor akan mendapatkan keuntungan yangs sesuai dengan kesepakatan bersama. Untuk memperoleh investor, maka ada baiknya Anda membuat proposal bisnis yang menarik agar investor mau menanamkan modal kepada bisnis yang Anda jalankan. Anda juga bisa mencari investor dari pelatihan-pelatihan UMKM yang juga banyak diadakan oleh investor. 

Itulah beberapa cara mencari modal awal untuk usaha yang bisa Anda lakukan. Hal terpenting ketika Anda memulai usaha adalah dengan mengatur modal yang tepat dan selalu berhati-hati. Usahakan bahwa pengelolaan modal harus tepat dan bisa membuka peluang agar bisnis bisa berjalan dengan baik.