Cara Mencegah Kantong Kering ketika Shopping

Munculnya pandemi virus Corona akan memberikan dampak yang cukup besar untuk segala aspek yang ada di kehidupan. Salah satu Aspek kehidupan yang terpengaruhi oleh pandemi saat ini adalah di bidang ekonomi. Dalam kondisi seperti sekarang ini,  pentingnya kemampuan dalam mengatur keuangan akan sangat penting dan diperlukan. Hal ini bertujuan agar dapat mencegah pengeluaran yang tak terkendali dan memastikan bahwa keuangan yang Anda miliki dapat mencukupi sampai akhir bulan. Adalah satu cara untuk mengatur keuangan adalah dengan hemat ketika berbelanja online. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat semua kegiatan berlangsung secara online.

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini telah banyak sekali e-commerce yang menyediakan  platform untuk berbelanja online. Selain itu, para e-commerce tersebut juga berlomba-lomba untuk memberikan sebuah promo dalam rangka menarik minat para pembeli.  Hal  ini, kerap kali menjadi sebuah tantangan tersendiri. Karena saat Anda melihat diskon sampai 50%, maka seringkali Anda tergiur untuk langsung memasukkan barang tersebut ke dalam keranjang belanjaan Anda.

Terlebih lagi jika barang tersebut sudah lama ada di wishlist belanjaan Anda. Kebiasaan-kebiasaan tersebut, tanpa disadari akan membuat pengeluaran Anda semakin banyak dan tidak terkendali. Namun hal tersebut tidak diiringi dengan pemasukan yang meningkat pula. Sehingga akan muncul pertanyaan yaitu, bagaimanakah  cara untuk mencegah kantong kering ketika shopping? Berikut beberapa tips hemat dalam berbelanja online yang tidak membuat jantung Anda kering.  Simak penjelasannya.

1. Membuat daftar belanjaan yang dibutuhkan

Agar dapat menghemat pengeluaran ketika berbelanja online,  maka Anda harus cermat dalam memilih produk yang akan dibeli. Sangat disarankan untuk memprioritaskan barang yang memang dibutuhkan dibandingkan barang sesuai keinginan Anda.  Selain itu, Anda harus mempertimbangkan harga dari produk yang akan dibeli. Anda harus menunda membeli sebuah produk yang yang tidak terlalu dibutuhkan,  karena hal  tersebut hanya membuat kondisi keuangan Anda semakin buruk.

2. Menggunakan voucher cashback

Disaat tanggal atau hari perayaan tertentu, sering kali e-commerce akan memberikan voucher belanja dengan cashback yang sangat menggiurkan. Jika Anda memanfaatkan voucher cashback ini, maka Anda akan mendapatkan pengembalian uang sekian persen untuk setiap produk yang Anda beli. Jika cashback tersebut dikumpulkan, maka deposit tersebut dapat digunakan lagi saat Anda ingin berbelanja online di lain waktu. Oleh karena itu, penggunaan voucher cashback sangat menguntungkan, jadi tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

3. Menggunakan promo gratis ongkir

Menggunakan promo gratis ongkir merupakan salah satu cara untuk mencegah kantong kering saat berbelanja online.  Namun apabila sedang tidak ada promo dari gratis ongkir,  maka Anda harus memperhatikan harga dari biaya kirim tersebut. Jangan sampai dikarenakan hal tersebut membuat Anda harus mengeluarkan uang yang jauh lebih besar saat berbelanja online. Salah satu cara agar dapat menghindari biaya ongkos kirim yang mahal, Anda dapat membeli produk yang dijual oleh toko yang terdekat dengan wilayah Anda.

4. Melakukan perbandingan harga antara satu toko dengan toko lainnya 

Agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan melakukan survei perbandingan harga antara satu toko dengan toko yang lainnya.  Selain membandingkan harga, Anda juga perlu membandingkan kualitas dari produknya. Kemudian Anda kaji lebih lanjut mengenai ulasan dari produknya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat terhindar dari perasaan kecewa karena membeli barang yang berbeda dengan foto.

5. Belajarlah untuk mengendalikan diri

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, membuat segala aktivitas dilakukan secara online.  Dalam hal ini, berbelanja juga termasuk ke dalamnya. Akan tetapi, jika Anda memiliki kecanduan dalam berbelanja online, kebiasaan tersebut dapat menjadi di bumerang tersendiri untuk  kondisi keuangan Anda. Agar dapat meminimalisir perilaku konsumtif dan impulsif tersebut,  Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang positif.  Lakukanlah kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran Anda,  sehingga Anda tidak terbayang Terus mengenai produk yang ada di wishlist belanjaan anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah banyak sekali berbagai jenis e-commerce yang menawarkan kemudahan saat berbelanja. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh banyaknya e-commerce tersebut, bisa membuat Anda kalap dan berfoya-foya dalam berbelanja. Namun hal tersebut tentunya sangat tidak baik karena dapat membahayakan kondisi keuangan Anda. Oleh karena itu, belajar mengendalikan diri merupakan hal yang sangat penting dalam berbelanja online.

 

Demikianlah beberapa tips dari cara mencegah kantong kering saat berbelanja online. Berbelanja onlien memanglah mudah namun, jangan terbuai dengan segala perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan. Karena perkembangan teknologi juga harus diiringi dengan sikap yang bijak dalam penggunaannya. Jika Anda telah menerapkan prinsip tersebut maka Anda tidak akan lagi membeli hal-hal yang tidak berguna sampai mengabaikan kebutuhan lain yang memiliki  bersifat jauh lebih penting.