Cara Mencicil Rumah Untuk Gaji 5 Juta

Perumahan tentunya adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Namun, orang-orang yang hanya mendapatkan upah sedang di ibu kota mungkin menghadapi dilema untuk menyewa rumah atau membayar dengan mencicil. Menandatangani kontrak dan membayar dengan mencicil keduanya sama dengan menghabiskan uang. Berikut adalah beberapa cara mencicil rumah  untuk gaji 5 juta

  • Kemauan dan komitmen yang kuat 

Membeli rumah dengan cara mencicil membutuhkan usaha jangka panjang. Butuh tekad dan kemauan yang kuat. Dan, tentu saja, jika Anda memutuskan untuk menyewa, Anda sudah sangat matang dan siap secara finansial. Jadi nekat, hanya dimotivasi kegirangan, karena khawatir sebab orang-orang dengan penghasilan yang sama dengan Anda, atau bahkan orang seusia Anda, sudah bisa membeli rumah pertama. Tolong jangan. 

Setelah Anda memutuskan, tetapkan tujuan pembelian rumah Anda. Baik sebagai rumah atau sebagai investasi. Rumah yang tidak dihuni dapat rusak karena kelembaban yang tinggi. Namun, jika Anda membayar dengan mencicil sebagai investasi, Anda memutuskan apakah akan menyewa atau menjual di kemudian hari atau apa yang harus dilakukan di masa depan untuk mendapatkan keuntungan modal dengan harga rumah saat ini. 

  • Hitung kemampuan membayar dengan mencicil 

Jika Anda tidak memiliki uang yang Anda butuhkan saat ini karena Anda membutuhkan banyak uang, Anda harus bertujuan untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan untuk membeli rumah dalam beberapa waktu ke depan. Pembelian kredit dapat menjadi pilihan jika kekurangan uang menjadi masalah saat membeli rumah.  Metode ini sering terkendala masalah setoran. Untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan, Anda perlu disiplin dan komitmen untuk anggaran dan benar-benar melaksanakan. 

  • Cari Skema Pembelian Rumah 

Jika Anda membeli sebuah rumah dengan gaji 5 juta rupiah sebenarnya Anda mempunyai pilihan yang sangat luas. Anda dapat memilih skema KPR subsidi maupun komersial. Karena harga jual rumah subsidi kurang dari Rp200 juta dan gaji yaitu Rp5 juta, Anda juga dapat mendapatkan cicilan kurang dari 35% dari gaji bulanan Anda. Anda juga dapat memilih program pinjaman real estate komersial dengan gaji Rp 5 juta. Ini adalah saat Anda membutuhkan rumah dengan kualitas yang lebih baik daripada subsidi. 

  • KPR Subsidi 

Program KPR yang dicanangkan BTN ini menyasar pemilik rumah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Umum Republik Indonesia menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang mudah mencicil untuk membeli rumah kaya di pedesaan dengan  bunga rendah. tarif. Dikatakan demikian. Dan apartemen. Setoran rendah dari 1%. Juga, status perumahan umum adalah Anda dapat segera pindah ke rumah, dan  Anda dapat segera pindah ke rumah. Sesuai Peraturan PUPR No. 242/KPTS/M/2020, luas pembangunan perumahan rakyat adalah 21  hingga 36 meter persegi, dan luas lahan 60.200 meter persegi. Manfaat adalah  bunga tetap 5%, jangka waktu hingga 20 tahun, subsidi deposito Rp 4 juta (hanya rumah pedesaan), tanpa premi  dan tanpa PPN. 

  • Hipotek komersial 

Opsi ini bisa dipertimbangkan jika Anda membutuhkan rumah dengan kualitas lebih baik daripada subsidi. Keduanya dibangun oleh pengembang, tetapi rumah komersial memiliki area yang lebih luas, bahan yang lebih baik, dan dapat dibeli secara pivot daripada rumah bersubsidi. Tapi tentu saja, bangunan komersial lebih mahal daripada rumah bersubsidi. Tentu saja hal ini juga mempengaruhi jumlah deposit yang Anda bayarkan. Misalkan Anda membeli gedung komersial seharga Rp 300 juta dan ingin memberikan deposit Rp 100 juta atau deposit 20%. Di sisi lain, uang muka atau besaran uang muka tentunya dapat mengurangi hutang pokok gedung komersial yang ingin Anda beli, yang pada akhirnya dapat memudahkan cicilan bulanan. Hipotek dapat membuat membeli rumah  lebih mudah dan lebih cepat. Ini adalah daftar real estate Indonesia dengan KPR di wilayah Bogor Jawa Barat. 

  • Bayar hutangnya 

Jika Anda terlilit hutang dan dapat cepat melunasi hutang Anda, beban keuangan Anda akan berkurang. Menabung jauh lebih mudah dan menyenangkan ketika Anda tidak perlu membayar hutang Anda. Jika Anda tidak memiliki cicilan/hutang, Anda bisa fokus pada kegiatan menabung. Karena utang dapat membebani pikiran dan membuat Anda depresi. 

  • Alokasikan 30% untuk tarif DP 

Hal ini memudahkan dalam menghitung dan memperkirakan biaya cicilan. Anda dapat menggunakan situs perbankan dari beberapa penyedia KPR. Dengan penghasilan Rp 5 juta, Anda bisa menghemat sekitar Rp 1,5 juta. Itu 30 persen dari penghasilan bulanan Anda. Dari kalkulator KPR,  harga rumah yang dapat dipertahankan selama 20 tahun dengan cicilan ini bisa ditaksir sekitar 200 juta rupiah, dengan hitungan uang muka 40 juta rupiah.