Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Gratis dari Pemerintah

bantuan usaha dari pemerintah

Masa pandemi sekarang ini banyak sektor dan industri mengalami permasalahan yang besar, sehingga banyak yang tidak mampu untuk survive pada pekerjaannya. Untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan tersebut, maka pemerintah memberikan bantuan modal usaha untuk masyarakat agar bisa bertahan di tengah ketidakpastian sekarang ini yang belum menentu dan dipahami. 

Untuk menerima dan mendapatkan modal usaha tersebut, maka bantuan modal usaha gratis dari pemerintah ini bisa didapatkan dan diterima melalui kredit yang ada. Dalam tahap ini Anda bisa mendapatkannya melalui UKM BTN, BRI, dan Mandiri yang dibutuhkan untuk pelaku usaha yang membutuhkan bantuan tersebut secara tepat dan menyeluruh dalam memenuhi kebutuhannya. 

Pilihan Bantuan Pemerintah 

bantuan usaha

Melalui bantuan modal usaha gratis dari pemerintah tersebut menjadi langkah strategis negara dalam memenuhi kewajibannya untuk bertanggung jawab dalam kesejahteraan penduduk atau masyarakatnya secara luas dan menyeluruh. Salah satunya dengan menggenjot dan memaksimalkan program kewirausahaan yang ada di Indonesia. Untuk itulah kami mencoba merangkum beberapa bantuan yang diberikan oleh pemerintah, simak penjelasannya secara lengkap dan menyeluruh. 

Berikut ini beberapa pilihan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Modal UMKM 

Salah satu yang paling banyak diberikan oleh pemerintah yaitu modal UMKM yang akan membantu setiap industri kecil yang terdampak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jumlah modal usaha yang diberikan kisaran 2,4 juta rupiah. Tentunya ini langkah yang tepat untuk membantu bisnis yang ada bisa terus bertahan dan tidak mengalami kendala atau persoalan pada masa pandemi Covid 19 ini. 

Bantuan modal usaha gratis dari pemerintah tersebut sudah tercantum jelas pada surat Kementerian Koperasi dan UKM yang menjelaskan pada SK Nomor 367/SM/VIII/2020 tanggal 4 Agustus 2020 tersebut. Untuk itu fokus pada program satu ini memang untuk usaha kecil mikro, sehingga pemerintah mencoba memberikan program agar biaya usaha akan bisa berjalan dengan maksimal. 

Dalam tahap ini untuk syaratnya pun terbilang mudah dan bisa Anda dapatkan, caranya dengan mempersiapkan NIK, usaha mikro, bukan status PNS, POlRI/TNI, tidak ada kredit pada bank, jika KTP dan domisili usaha berbeda bisa langsung melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha). Apabila sudah melengkapinya Anda bisa langsung mengajukan dan mendaftar pada lembaga yang sudah ditunjuk. 

2. Kredit Pemerintah

Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial selanjutnya yang dapat dipilih dan dimaksimalkan oleh masyarakat adalah kredit pemerintah. Program satu ini untuk memberikan dukungan dan dorongan pada aktivitas usaha yang akan diberikan pinjaman tertentu dengan penawaran suku bunga yang jelas dan rendah, sehingga masyarakat dapat memaksimalkannya. 

Bantuan ini memiliki fokus untuk memberikan bantuan pada usaha kecil dan menengah (UKM) yang sedang membutuhkan dan mencari suntikan dana. Melalui program tersebut berharap ekonomi tetap hidup dan berkembang pesat, sehingga tidak begitu signifikan mengalami permasalahan dalam menghadapi badai pandemi Covid 19 ini yang belum ada titik terangnya tersebut. 

Untuk mensukseskan program tersebut pihak pemerintah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak agar modal usaha atau kredit tersebut bisa maksimal dan menyeluruh untuk didapatkan oleh lapisan masyarakat yang membutuhkannya. Pihak pemerintah memberikan kredit melalui program KUR atau Kredit Usaha Rakyat, PNPM Mandiri, dan program kemitraan dan bina lingkungan. 

3. Bantuan Bukan Kredit

Berikutnya yang diberikan oleh pemerintah adalah bantuan bukan kredit, pada tahap ini pemerintah akan memberikan sarana dan prasarana penunjang untuk menjalankan usaha yang dilakukan.biasanya pemerintah akan memberikan bantuan berupa peralatan yang bukan dalam bentuk uang, tetapi semua kebutuhannya akan diberikan dalam bentuk barang untuk memenuhi kebutuhan yang ada. 

Jika Anda tertarik pada kesempatan kali ini akan memberikan Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial tersebut untuk membantu dan mendorong usaha kecil mikro itu agar tetap berjalan dan memiliki pendapatan meskipun pandemi masih terus berlangsung. Dengan adanya bantuan ini akan tercipta usaha yang berjalan dan mendorong ekonomi bisa bangkit kedepannya. 

Prosesnya memang berbeda dengan bantuan pada umumnya, biasanya beberapa pihak dinas pemerintahan termasuk dinas sosial akan memberikan barang, baik mesing-mesin atau beberapa peralatan usahanya. Tentunya ini membuat masyarakat yang terkena imbas dari dampak pandemi bisa memaksimalkan dan langsung memanfaatkan bantuan tersebut secara menyeluruh. 

Melalui bantuan tersebut membuat masyarakat bisa mewujudkan gagasannya baik untuk membuka usaha rumahan, sampingan, atau usaha kecil mikro (UKM) yang bisa dimanfaatkan dan diwujudkan oleh pemerintah untuk mendukung dan membangkitkan ekonomi masyarakat tersebut. Jika Anda belum menerima, langsung saja memahami Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial atau dinas lainnya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai bantuan modal usaha dari pemerintah tersebut, semoga beberapa penjelasan diatas dapat memberikan Anda masukan untuk mengajukan bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut.