Cara Mendapatkan Piinjaman Bank BCA Untuk Usaha dan Syaratnya

syarat kredit usaha bca

Mengajukan pinjaman biasanya memang menjadi salah satu cara agar bisa mendapatkan modal usaha. Pinjaman yang biasanya dipilih ada produk dari bank, dimana saat ini hampir semua bank mempunyai produk pinjaman khusus untuk modal usaha. Salah satunya adalah pinjaman bank BCA untuk usaha, di mana bank ini memiliki beberapa jenis pinjaman yang memang khusus membantu para pelaku usaha. 

Pinjaman Bank BCA untuk Usaha 

Sebelum mengetahui bagaimana cara dan syarat untuk mendapatkan pinjaman BCA, maka ada baiknya mengetahui jenis pinjaman apa saja yang disediakan bank ini. Berikut adalah beberapa jenis pinjaman yang disediakan oleh bank yang satu ini: 

  • Kredit Lokal 

Jenis pinjaman pertama yang ada di Bank BCA dan bisa digunakan modal usaha adalah kredit lokal. Kredit yang satu ini sendiri adalah salah satu dukungan modal usaha yang bersifat liquid. Dana dari pinjaman yang satu ini dapat dilunasi kapan saja, di mana dana pun juga ditarik kapanpun selama masih dalam jangka batas waktu. 

Pencairan dana serta pembayarannya sendiri menggunakan rekening giro. Anda bisa melakukan pembayaran sekaligus ataupun dibayar sesuai dengan penggunaannya dalam setiap bulan. Dana pinjaman ini sendiri nantinya akan diberikan sesuai dengan kebutuhan dan juga akan dilakukan analisis kredit oleh pihak BCA. Di mana nantinya, bank BCA akan mempertimbangkan jenis usaha, aset, serta omset yang didapatkan. 

  • Installment Loan 

Untuk jenis pinjaman BCA yang satu ini sendiri memiliki maksimal masa tenor hanya 5 tahun saja. Di mana Anda dapat melakukan penarikan sekali ataupun dengan bertahap. Namun, jika Anda memilih jenis pinjaman ini, harus diingat bahwa yang bisa mengajukan adalah calon peminjam yang sudah lolos dari account officer. Jumlah dana pinjaman sendiri nantinya akan ditentukan berdasarkan kemampuan dari debitur.

  • Time Loan 

Untuk jenis pinjaman yang satu ini sendiri memiliki sistem seperti kredit lokal, hanya saja masa waktu tenor mulai dari 1 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan. Pelunasan sendiri bisa dilakukan dalam jangka waktu masa tenor tersebut. Ada dua jenis masa tenor yang dapat dipilih dari jenis pinjaman ini sendiri. 

Pertama adalah Time Loan Revolving yang mana penarikan bisa dilakukan lebih dari sekali dengan jangka waktu pelunasan 1 tahun dan bisa diperpanjang. Lalu, ada Time Loan Insidentil, di mana Anda hanya bisa menarik sekali saja dengan jangka waktu pelunasan 6 bulan. Perlu diperhatikan untuk masa tenor dari Time Loan Insidentil ini, karena waktunya tidak dapat diperpanjang. 

Sama seperti jenis pinjaman lain, di mana hanya debitur yang lolos dari analis petugas BCA saja yang akan mendapatkan pendanaan ini. Dana yang diberikan sendiri juga disesuaikan dengan kemampuan finansial dari peminjam yang mana debitur juga tidak mempunyai catatan buruk akan masalah pinjaman. 

  • Kredit Ekspor 

Untuk pinjaman BCA yang satu ini sendiri adalah jenis pendanaan seluruh kegiatan produksi hingga penyiapan barang yang berhubungan dengan ekspor dan impor. Sehingga pinjaman yang satu ini diberikan khusus untuk para eksportir, di mana masa tenor yang diberikan bisa mencapai satu tahun dan bisa diperpanjang. Untuk besaran dananya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan sekali ekspor dan pelunasan bisa langsung dari pendebetan rekening. 

Dari jenis-jenis pinjaman yang sudah disebutkan, maka sudah jelas ada beberapa pilihan pinjaman usaha yang bisa Anda gunakan. Di mana selanjutnya tentu saja adalah mengetahui cara dan syarat pinjam uang di BCA ini. 

Syarat dan Cara Pinjam Uang di BCA 

kredit bca

Untuk syarat pinjam uang di BCA sendiri tidaklah terlalu sulit, di mana pertama Anda adalah seorang warga Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP. Usia minimal untuk mengajukan pinjaman adalah 17 tahun, di mana peminjam juga sudah memiliki badan usaha yang diakui hukum dan tidak bermasalah terhadap hukum dan norma yang berlaku.

Syarat pinjam uang di BCA yang terakhir adalah badan usaha tidak boleh berstatus bangkrut atau sedang dalam situasi sengketa bangkrut. Tentu saja ini adalah kebijakan dari Bank BCA untuk menghindari kredit macet. 

Selain itu syarat yang sudah disebutkan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, KTP pasangan, akte nikah, akte cerai atau akta kematian jika ada dan lain sebagainya. 

Adapun cara untuk bisa mengajukan pinjaman di bank BCA, yaitu dengan cara online maupun offline. Untuk offline, Anda dapat langsung mengunjungi kantor BCA terdekat. Di mana nantinya Anda akan dipandu petugas untuk melakukan pengajuan. Sedangkan untuk cara online, Anda bisa mengunjungi situs  https://www.bca.co.id/id/Bisnis/Produk-dan-Layanan/Pinjaman/Kredit-Modal-Kerja

Jika ingin mengajukan pinjaman secara online, adapun syarat tambahan bahwa minimal pinjaman adalah 500 juta rupiah dan maksimal 15 milyar rupiah. Di mana Anda hanya tinggal memilih menu dari jenis pinjaman yang diinginkan dan klik tombol Ajukan. Lalu kemudian mengikuti prosedur dengan mengupload dokumen yang diperlukan dan juga mengisi data diri. 

Itulah penjelasan cara mengajukan pinjaman Bank BCA untuk usaha yang memang telah diberikan pilihan sesuai dengan kebutuhan para pengusaha yang ingin mendapatkan tambahan modal.