Cara Mendapatkan Uang dari Blog

cara hasilkan uang dari blog

Dikarenakan perubahan dalam gaya hidup sekarang ini yang mana mungkin untuk sebagian orang tidak bisa lepas dari smartphonenya untuk berselancar di internet. Yang mana dapat menjadi manfaat cara mendapatkan uang online , terlebih lagi untuk yang memiliki hobi dalam menulis maupun mengulas sesuatu, yaitu dengan cara mendapatkan uang dari blog.

Walaupun mempunyai minat menulis, sering terjadi kendala dalam menentukan ide yang dapat dituangkan kedalam suatu blog dikarenakan kurangnya pengalaman dan juga kemampuan teknis yang sering menghantui untuk para blogger dalam cara menghasilkan uang dari blog. Kendala tersebut merupakan kendala yang seringkali dialami oleh para blogger pemula. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Memulai untuk Membuat suatu Blog

Hal yang wajib dilakukan dalam cara mendapatkan uang dari blog ataupun cara menghasilkan uang dari blog sendiri yaitu dengan memulai membuat blog itu sendiri. Dikarenakan seorang blogger harus mempunyai suatu platform dalam membuat konten-konten yang mana dapat bermanfaat dalam cara mendapatkan uang dari blog. Ada beragam tutorial dalam membuat blog mulai dari yang gratis dan juga berbayar.

2. Menentukan Pilihan pada Platform Blog

Menentukan platform blog yang akan digunakan dalam mengunggah berbagai macam konten, contoh platform sendiri yaitu Blogspot, WordPress dan lainnya. Dalam berbagai jenis platform sendiri pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya pada setiap platform.

Apabila gemar dalam mengotak-atik suatu kode dari HTML, maka dapat menggunakan blogspot dikarenakan dapat untuk layout nya dapat dikustomisasi dengan bebas. Dan untuk blogger pemula dapat menggunakan platform seperti WordPress, yang memiliki kelebihan dalam menawarkan akses secara gratis dan juga mudah untuk digunakan.

3. Membuat Nama pada Domain Blog

Apabila telah menentukan jenis dari platform yang akan digunakan, langkah selanjutnya yaitu untuk menentukan nama pada domain maupun alamat blog nya sendiri. Dan tips untuk membuat domain pada sebuah blog sendiri dengan menjelaskan domain name dari blog tersebut dan memiliki tema yang sudah direncanakan. 

4. Mengkreasikan Blog agar menarik

Setelah melakukan konfigurasi pada blog, maka selanjutnya yaitu mengubah desain pada blog supaya menarik untuk menarik pembaca. Dengan memanfaatkan tutorial yang banyak disediakan melalui internet. Dan untuk menentukan tema nya sendiri dapat menggunakan tema yang gratis maupun berbayar . tips yang perlu diperhatikan ialah untuk tidak ragu dalam menggunakan tema yang berbayar dikarenakan ramah untuk mesin pencarian 

5. Menghasilkan suatu Konten yang dapat Bermanfaat juga Menarik

Kemudian Kita perlu menghasilkan konten yang bermanfaat dan menarik. Maka dapat dengan mudah untuk ditemukan dan juga dapat berguna. Konten pada suatu blog yang menarik merupakan suatu blog yang dapat menghibur, penyelesaian masalah, dan juga menginspirasi dalam gaya hidup agar lebih baik untuk para pembacanya.

Agar dapat menghasilkannya, disarankan untuk tidak sekalipun menjiplak konten maupun menyebarkan suatu informasi yang palsu dengan menggantinya dengan cara meneliti dan juga merangkum bahan yang dapat dijadikan sebagai tema tulisan.

Apabila telah membuat blog yang berkualitas, maka sekarang saatnya untuk menentukan cara dalam menghasilkannya. Cara menghasilkan uang dari blog memiliki berbagai macam cara untuk dilakukan diantaranya sebagai berikut. 

hasilkan uang dari blog

  • Melalui Iklan

Pendapatan blog dapat dihasilkan melalui iklan yang ada pada blog, yang memiliki peran seperti halnya koran maupun majalah. Apabila memiliki traffic blog yang tinggi maka akan mendapatkan uang yang besar juga dari iklan tersebut. Dengan menggunakan salah satu cara memasang Google AdSense dalam meningkatkan traffic pada blog.

  • Melalui Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis yang memanfaatkan sosialisasi pada suatu individu. Dan jika beruntung maka individu tersebut akan mengikuti link maupun tautan yang telah ditulis maupun membeli tulisan tersebut. Yang memiliki komisi dari kesepakatan pada kedua pihak. Dan apabila sudah mempunyai pembaca setia, maka mereka dapat mengikuti rekomendasi yang telah dibuat dari blog.

  • Melalui pengadaan  event

Bagi blogger yang mempunyai pembaca setia, dapat mengundang dari pembaca dalam suatu event yang apabila telah diberikan tarif. Dan dengan diadakannya event tersebut dapat  memberikan pemasukan bagi para blogger, dan apabila belum memiliki pengalamannya maka dapat memulai dari event pertemuan pembaca dan blogger yang dimulai dari skala kecil. Selain mendapatkan pemasukan dari tarif tiket, maka dapat pula untuk mencari sponsor untuk event nya.

  • Melalui Recurring Income

Merupakan salah satu cara dalam penerapan anggota pada suatu program bagi member tertentu untuk dapat menikmati akses premium .

  • Melalui Jasa maupun layanan

Selain dari pemasangan suatu iklan pada blog, maka dapat menggunakan jasa maupun memberi penawaran dalam memberikan suatu konsultasi, pelatihan dalam penulisan dan juga desain dan berbagai macam lainnya yang bersifat freelance. Dan apabila suatu client menghubungi seorang blogger secara langsung, maka blogger tidak akan memiliki potongan.

  • Produk

Buku merupakan salah satu produk yang dapat dijual dari seorang blogger, walaupun memakan cukup waktu dikarenakan untuk dipikiran dengan matang. Keuntungan dari sebuah produk berupa buku dapat dipasarkan dari blog tersebut. Buku yang dijual juga tidak akan terkena margin.

 Itulah rangkuman dari Cara Mendapatkan Uang dari Blog dan tahapan yang perlu diperhatikan untuk membuat suatu blog yang dapat memiliki pendapatan bagi seorang blogger.