Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

kelola gaji kecil

Setiap orang sepertinya ini memperoleh pekerjaan dengan gaji yang tinggi untuk memenuhi kebutuhannya dengan cukup. Namun sayangnya, hanya sebagian orang yang cukup beruntung untuk mendapatkannya. Ini bisa menjadi dilema jika harga seluruh kebutuhan pokok terus naik dan gaji yang mereka terima cenderung stabil pada tingkat yang relatif rendah. 

Gaji yang kecil sedikit memusingkan, bukan? Sepertinya gaji yang belum dipotong selama sebulan  sudah mencari nafkah, dan terkadang Anda mencari pinjaman di sana-sini untuk mencari nafkah.  Jika ini terus berlanjut, hidup dapat menyengsarakan Anda. Faktanya, gaji yang kecil dan kebutuhan selalu tidak cukup yang akhirnya berhutang. Tapi Anda tidak perlu khawatir, gaji  kecil bisa Anda gunakan dengan baik jika Anda mengelola keuangan dengan bijak. Untuk memenuhi semua kebutuhan meskipun gaji rendah.

Seperti apa caranya? Mari simak ulasannya berikut ini. 

1. Membuat anggaran 

Anggaran berperan penting dalam mengelola keuangan, kenapa? Penganggaran memberi Anda kendali atas uang yang masuk dan keluar. Ini memberi Anda gambaran yang jelas tentang untuk apa uang Anda dibelanjakan. Sehingga nanti Anda akan menghitung seluruh biaya dari awal sehingga Anda dapat menyisihkan sebagian tabungan jika adanya uang lebih. Meski dengan gaji kecil, jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat mengelola keuangan dengan cermat.

2. Mengelola pengeluaran untuk angsuran rumah 

Siapa bilang Anda tidak dapat mempunyai rumah dengan gaji kecil sebab banyak KPR yang saat ini disubsidi oleh negara? Oleh karena itu, mereka yang berpenghasilan di bawah 4 juta bisa memilih rumah yang nyaman dan layak. Namun, beberapa orang mengeluh jika sangat sulit untuk memikirkan membayar sewa jika gajinya rendah. 

Anda mungkin tidak dapat membayar cicilan di kemudian hari sebab gaji Anda telah digunakan untuk kebutuhan lain. Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman pembelian rumah yaitu penting agar angsuran tidak melebihi 30 persen dari total pendapatan Anda agar keuangan Anda tetap  terkendali. Dengan demikian, gaji rendah tidak akan menghambat investasi Anda.

3. Berhemat 

Gaji bulanan yang biasanya hanya meningkat meningkat sedikit, bisa jadi menyulitkan Anda saat seluruh biaya hidup mulai meningkat. Salah satu cara paling pasti untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda dengan gaji yang tidak besar adalah harus berhemat. Berhemat tidak berarti bahwa Anda harus menyiksa diri dengan membatasinya pada ketidaknyamanan. Tetapi Anda harus dapat menekan biaya yang dirasa tidak terlalu penting atau mendesak. 

Dengan menggunakan cara itu Anda benar-benar dapat mengelola keuangan Anda sehingga lebih efisien dan tidak boros. Setidaknya Anda tidak perlu berhutang untuk gaya hidup mewah tetapi gaji kecil. 

4. Hindari pemakaian kartu kredit 

Kartu kredit memiliki banyak manfaat untuk para penggunanya, tetapi tidak disarankan bagi mereka yang memiliki gaji rendah. Kartu yang satu ini menimbulkan banyak biaya tambahan jika Anda tidak membayar tagihan bulanan. Lagi pula, jika kartu kredit milik seseorang yang suka mata lapar, itu tentu saja dapat menjadi bencana. 

Gaji bulanan mungkin tidak mampu untuk membayar tagihan yang membengkak. Sebaiknya tunda dulu keinginan untuk mempunyai kartu kredit saat Anda harus menghilangkan keinginan tersebut, atau saat keuangan Anda sedang tidak stabil. Hidup sederhana tidak membutuhkan kartu kredit, sehingga Anda tidak perlu membayar hutang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan dan gaji Anda dapat disisihkan untuk ditabung.

5. Kurangi berfoya-foya 

Bepergian ke tempat rekreasi, bersantai di kedai kopi, menonton film, atau makan di restoran terkadang bisa bermanfaat. Setiap kali itu berarti hore dan sia-sia. Mencari kesenangan bukanlah hal yang buruk, sebab dapat mengurangi rasa lelah setelah bekerja. 

Tetapi harus diingat jika ini jelas membutuhkan banyak uang. Jika Anda memaksakan semua ini dengan gaji kecil, bersiaplah jika gaji Anda cepat habis  sebelum hari gajian berikutnya di bulan selanjutnya. Tidak apa-apa untuk bersenang-senang, tapi jangan biarkan Anda menghabiskan semua gaji. Keinginan ini lebih baik disikapi melalui tabungan khusus, sehingga keinginan untuk bersenang-senang tidak terhambat oleh gaji yang rendah. 

6. Buat tabungan 

​​Jika gaji yang Anda peroleh relatif rendah, keinginan untuk menabung biasanya berangsur-angsur terkikis jika tidak terpikirkan. Namun, seperti pembayaran angsuran lainnya, jika Anda menabung langsung dengan sistem debit, Anda bahkan tidak akan menyadari bahwa gaji Anda dipotong untuk berinvestasi di tabungan Anda. Jadi, setidaknya jika Anda mempunyai tabungan dan tidak harus memotong biaya apapun supaya dapat menyimpan penghasilan ke tabungan. 

7. Bijak mengatur keuangan 

Terdapat banyak cara untuk mengatur keuangan Anda dengan gaji yang rendah ini, tetapi sangat membutuhkan ide-ide kreatif dari diri Anda sendiri. Karena kehidupan setiap orang sangat berbeda. Untuk itu, Anda harus bijak untuk mengatur keuangan agar dapat hidup tanpa hutang.