cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Ketika mendengar keluhan rumah tangga pastinya tidak jauh dari soal keuangan, penyebabnya tidak sangat rumit ketika mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini pastinya butuh formula tersendiri untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros sehingga kebutuhan-kebutuhan dalam keluarga dapat terpenuhi.

Setiap keluarga pastinya tidak menginginkan kehidupannya sengsara. Semua keluarga tentu saja ingin dapat menjalani kehidupannya dengan sukses dan mapan. Akan tetapi hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dipecahkan. Tidak sedikit keluarga yang menabung bertahun-tahun dengan bekerja keras demi mempunyai harta benda, namun gagal untuk memperoleh impian tersebut.

Faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga akan muncul ketika tidak bisa mengaturnya dengan baik, contohnya kebutuhan yang harus dipenuhi sedikit di nomor duakan, lalu kebutuhan yang sifatnya tambahan dan hiburan lebih diutamakan, hal tersebut membuat keuangan dalam rumah tangga akan memiliki banyak masalah keuangan yang dapat mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga. pada dasarnya mengatur keuangan rumah tangga tidak hanya suami saja, namun peran istri juga memiliki peran yang sangat penting karena seorang wanita sudah ditakdirkan ketika memegang uang akan ulet.

Sebetulnya perlu khawatir, upaya untuk memperoleh kebebasan keuangan tersebut dapat dilakukan dari usia muda sebelum merencanakan pernikahan. Anda dapat mempraktikkan nya dengan beberapa kebiasaan. Misalnya perbanyak membaca buku atau referensi meniru sifat hingga cara berpikir dari tokoh terkenal yang telah menjadi sukses pada usia muda.

Dampak Negatif Keuangan Keluarga Boros

Menghambur-hamburkan uang ketika sudah berkeluarga merupakan perilaku yang tidak boleh dilakukan, perilaku boros dapat berdampak negatif untuk keuangan keluarga dan membuat kehidupan dalam berkeluarga akan tidak harmonis dan juga dapat membentuk kebiasaan berhutang, lalu dampak apa saja ketika keuangan rumah tangga boros? simak penjelasannya dibawah ini:

  • Psikologis yang Tidak Sehat
    Menurut Para ahli psikologi dampak dari tidak bisa mengatur keuangan keluarga membuat tekanan pada mental keluarga itu sendiri, misalnya depresi, kurangnya konsentrasi, sering melakukan perilaku tidak puas akan pendapatan yang ada dan kurangnya menghargai diri sendiri.

  • Memiliki Hutang yang Menumpuk
    Kebanyakan masyarakat lebih mementingkan tren akan tetapi tidak memperdulikan pendapatannya yang masih kurang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

  • Menurunnya Kesehatan
    Kehidupan keluarga yang boros membuat mental orang tersebut akan tertekan dan jika sudah melampaui batasnya akan muncul penyakit-penyakit yang mengganggu kesehatan seperti jantung, kolesterol, sering migrain hingga terjadi stroke.

Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan yang baik supaya tidak  terjadi keborosan finansial merupakan salah satu kunci suksesnya keluarga, hal ini terjadi karena dalam keluarga akan melibatkan suami, istri anak. Lalu bagaimana cara jitu supaya keuangan rumah tangga tidak boros? simak penjelasannya dibawah ini:

 

  • Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran
    Cara jitu yang pertama adalah menghitung pendapatan dan pengeluaran dalam keluarga secara detail, seperti tagihan telepon, listrik, air dan tagihan lainnya yang memang menjadi kewajiban setiap bulannya. ada juga jika memiliki kredit yang harus dibayarkan sebelum jatuh tempo setiap bulannya, hal tersebut harus masuk dalam perhitungan setiap bulannya, jangan sampai pengeluaran akan melebihi pendapatan Anda.

  • Memangkas Kebutuhan yang Belum Mendesak
    Cara jitu selanjutnya adalah memangkas keinginan-keinginan yang belum tentu dibutuhkan oleh keluarga Anda, Buatlah catatan rutin kebutuhan rumah tangga setiap bulannya dan selalu evaluasi ketika ada kebutuhan yang melebihi perhitungan Anda dan keluarga. Salah satu contohnya adalah membeli barang-barang mewah yang belum tentu digunakan oleh keluarga, belilah dengan nominal yang cukup akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya untuk keluarga Anda.

  • Menjaga Gaya Hidup
    Salah satu tantangan dalam kehidupan rumah tangga  terutama bagi mereka yang hidup di kota kota besar adalah Gaya Hidup Yang mengharuskan mengikuti gaya hidup kota yang serba glamor dan hanya biar bisa diterima atau diakui sebagai orang sukses  adalah sebuah jebakan yang mengantarkan pada pemborosan dan pengeluaran yang tak terkontrol dan tidak perlu.

  • Membuat Anggaran Sesuai Pendapatan
    Membuat anggaran keuangan adalah hal yang harus  dilakukan bagi yang telah berkeluarga. Dengan membuat anggaran keluarga bulanan , setiap pendapatan dan pengeluaran bisa terkontrol dengan baik .Anggaran keuangan bulanan juga bisa membuat hidup jadi lebih hemat karena terhindar dari pemborosan akibat pengeluaran yang tidak perlu.

  • Disiplin dalam Belanja Kebutuhan Bulanan
    Sebelum berangkat belanja rencanakan apa yang hendak dibeli dengan menuliskannya di daftar belanja. Patuhi dan disiplin dengan daftar belanja saat tiba di tempat belanja, Segera penuhi kebutuhan belanja sesuai yang tertera dalam daftar dan setelah itu pulang.

 

Nah, itulah bagaimana mengatur keuangan rumah tangga supaya tidak boros, selalu menerapkan kewajiban daripada keinginan yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan oleh keluarga Anda.