Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Mingguan

kelola keuangan rumah tangga

Tidak dapat disangkal bahwa permintaan meningkat dari waktu ke waktu, yang pada gilirannya meningkatkan pengeluaran. Membeli berbagai macam produk yang kita butuhkan dan inginkan,  dari yang direncanakan sampai yang tidak direncanakan, seringkali merupakan kepuasan pribadi. Tetapi jika berlebihan tentu berdampak negatif bagi kita. Ada sejumlah hal yang dapat Anda alami jika terlalu banyak membuang uang, mulai dari kehabisan uang atau tidak punya waktu untuk menabung atau berinvestasi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, Anda harus mengetahui cara mengelola keuangan mingguan dengan tepat. 

Faktanya, mempelajari dan memahami cara mengelola keuangan mingguan Anda mungkin tampak agak sulit untuk beberapa orang. Namun, tentu saja jika Anda melakukannya secara konsisten, Anda juga dapat menikmati banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Nah, berikut ini mari simak cara mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan yang tepat. 

1. Membuat anggaran 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengelola keuangan mingguan Anda adalah membuat anggaran. Bagilah rencana anggaran menjadi dua bagian. Apa yang sangat Anda memerlukan dan apa yang Anda butuhkan, tetapi itu bukan keadaan darurat. Lalu, anggaran  ini juga harus dipisahkan dari kebutuhan harian, mingguan, dan bulanan sehingga total kebutuhan minimal satu bulan tidak diabaikan. Misalnya, coba buat daftar rencana anggaran seperti: 

  • Ongkos setiap hari. 
  • Membayar angsuran. 
  • Biaya telpon dan internet. 
  • Biaya makan setiap hari. 
  • Kebutuhan bulanan. 
  • Menyimpan uang untuk menabung. 

Ingatlah jika rencana anggaran Anda juga wajib sesuai dengan pendapatan bulanan Anda dan jangan berlebihan. Setelah menuliskan semua kebutuhan Anda di buku catatan, hal pertama yang perlu Anda lakukan saat Anda dibayar adalah memenuhi semua kebutuhan tersebut. Apabila mau, Anda juga dapat menyetel pengingat di ponsel bisa Anda dapat menjalankan semua rencana dengan benar.

2. Sisihkan uang untuk menabung 

Masih berkaitan dengan pembahasan di atas, investasi dan tabungan adalah kebutuhan yang perlu Anda prioritaskan untuk sekarang, dan merupakan cara yang paling ampuh untuk mengelola keuangan mingguan Anda. Tidak hanya dapat digunakan untuk perencanaan masa yang akan datang, tetapi juga dapat digunakan sebagai tabungan atau diinvestasikan sebagai tabungan jika diperlukan dalam keadaan darurat suatu hari nanti. Setelah gaji bulanan 

Anda telah membuat rekening, maka bisa menyimpan sejumlah uang untuk ditabung secepatnya. Ada banyak cara untuk menabung, misalnya mengikuti membuka rekening baru yang tidak memungut biaya administrasi, program tabungan  bank, atau menginvestasikan tabungan Anda. Untuk pemula, emas adalah alat investasi teraman yang dapat Anda pilih. Hal ini disebabkan nilai emas yang stabil memiliki resiko paling rendah dari investasi daripada jenis investasi lainnya.

3. Jangan belanja berlebihan 

Meskipun Anda memiliki rencana anggaran di awal bulan, Anda tidak dapat berbelanja berlebihan untuk nafsu pribadi Anda jika Anda tidak ingin sedih di hari tua. Coba untuk mengendalikan diri saat berbelanja. Misalnya, hanya membeli pakaian dan sepatu selama sebulan dan melakukan hal yang sama pada bulan berikutnya. Jika Anda memiliki cukup di akhir bulan, Anda dapat menginvestasikannya di tabungan Anda.

4. Evaluasi pengeluaran 

Setelah menghabiskan uang untuk seluruh keperluan, pastikan untuk membuat laporan dan penilaian di akhir bulan. Apakah biaya Anda sesuai anggaran atau melebihi anggaran? 

Anda dapat menilai kelemahan Anda dalam pengelolaan keuangan dengan mempersiapkan penilaian Anda secara teratur dan hati-hati. Cara mengatur  keuangan mingguan berikutnya adalah dengan mencari cara untuk mengatasi kelemahan Anda dengan benar. Mengetahui bagaimana mengelola keuangan mingguan Anda dengan baik adalah penting untuk memahami bagaimana menjadi lebih efisien di masa depan dan mempunyai kesempatan untuk mencapai impian Anda di masa depan.

Keuntungan Mengelola Keuangan Mingguan 

1. Merencanakan masa depan dengan lebih baik 

Mengetahui cara mengelola keuangan mingguan dapat membantu Anda mendapatkan rencana dengan sangat matang dan lebih baik untuk masa depan. Anda bahkan dapat mulai investasi atau menabung tanpa utang untuk membantu mewujudkan impian Anda di masa depan. 

Pastinya, kita semua  tidak  akan tahu hal apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi apakah itu rencana usia atau rencana yang sudah lama ingin Anda lakukan, Anda perlu merencanakan dengan matang sejak usia dini.  Uang yang Anda simpan dapat digunakan untuk kuliah, membeli rumah, membayar pernikahan, atau menggunakannya menjadi modal usaha.

2. Mengatasi biaya darurat 

Mengetahui cara mengelola keuangan mingguan dengan tepat juga akan memberikan pemahaman tentang pendanaan darurat. Perlu diingat bahwa dana darurat sangat penting untuk perencanaan keuangan, meskipun terbatas pada pengelolaan keuangan mingguan saja. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak  tahu apa-apa tentang masa depan, tidak hanya situasi darurat misalnya biaya rumah sakit, biaya pengobatan, biaya renovasi rumah, biaya perbaikan kerusakan mobil, dan kecelakaan. Jangan pernah mengorbankan orang yang Anda cintai maupun keluarga akibat Anda terlilit hutang dan tidak mempunyai dana darurat.