Cara Mengatur Keuangan Saat Usia Muda

cara kelola keuangan

Memang ada saatnya dimana anak muda masih menyepelekan kondisi finansial mereka dengan banyak alasan seperti belum memiliki tanggungan dan masih sering menghamburkan uang yang mana jika mendapatkan gaji yang berlimpah yang mana tidak akan habis dalam waktu 1 bulan. Meskipun masih muda maka cara mengatur keuangan juga perlu dilakukan. Untuk atur keuangan dan juga mengelola keuangan sendiri ada beberapa tips yang dapat diterapkan.

Walaupun masih muda juga diperlukan untuk memikirkannya bagi masa depan apalagi jika memiliki suatu target untuk masa depan yang akan datang. Agar kondisi dari keuangan dapat lebih maksimal, berikut ada beberapa cara dalam mengelola keuangan bagi anak muda yang perlu diimplementasikan dari sekarang.

1.Dapat membandingkan kebutuhan prioritas

Kebutuhan prioritas dapat berupa seperti halnya dalam membayar uang kosan, biaya transportasi dan juga biaya makan setiap bulan. pada bagian lainnya seperti, nonton bioskop, membeli barang yang  belum tentu dibutuhkan dan untuk nongkrong bukanlah kebutuhan prioritas. Yang menjadi perbedaan yaitu kebutuhan prioritas harus dapat dipenuhi.

Apabila sudah dapat membandingkan mana yang dijadikan prioritas, kemudian juga agar pintar dalam mengalokasikan anggaran untuk berbelanja bulanan dari perolehan gaji dalam memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas terlebih dahulu dengan bijak.

tips kelola keuangan

2. Menyisihkan Gaji yang akan Ditabung

Menabung juga menjadi hal yang penting apabila tidak memiliki uang dan perlu memenuhi kebutuhan lain serta dalam mencapai suatu tujuan dalam finansial. Seperti halnya yang mana ingin mempunyai aset yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan, maka dari itu menabung merupakan solusinya.

Agar dapat konsisten melakukannya, diperlukan untuk menghitung besaran nominal yang perlu dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan prioritas dari gaji setiap bulan. dan menyisipkannya untuk ditabung dengan memaksakan diri agar tidak menggunakannya untuk berbelanja yang mana tidak terlalu penting dalam kebutuhan sehari-hari.

3. Mengurangi  Anggaran akan Kebutuhan yang Tidak Terlalu Penting

Setelah dapat mengelola keuangan untuk kebutuhan prioritas, maka selanjutnya dengan cara atur keuangan yang akan dipangkas untuk anggaran belanja dalam keperluan yang tidak terlalu penting. Seperti contohnya jika biasanya menonton bioskop 5 kali tiap bulannya, maka cobalah untuk mengurangi nya menjadi 2 atau 3 kali, dengan memikirkan kondisi finansial yang lebih penting bukan berarti tidak boleh menonton bioskop.

Mengurangi biaya dalam suatu hal yang tidak terlalu penting dapat menjadi sebuah cara dalam atur keuangan bagi anak muda juga tidak terlalu sulit dalam penerapannya. Apabila sudah dapat menargetkan dalam menabung dari beberapa persen gaji, supaya menabung uang dari 20 persen gaji dapat bertambah sebesar 30 persen dari hasil pemangkasan pada anggaran yang tidak terlalu penting.

4. Memulai untuk investasi

Meskipun masih mudah tidak ada alasan untuk memulai investasi, dengan melakukan investasi dari jauh-jauh hari yang mana dapat menguntungkan. Dan juga efek dari compounding juga dapat menjamin keuntungan dalam berinvestasi untuk masa mendatang.

Pada saat ini juga investasi juga memiliki berbagai macam jenisnya, apalagi melalui dukungan mengenai teknologi informasi yang sudah berkembang dengan pesat, apalagi yang sudah memiliki pengalaman dalam teknologi dapat dengan nyaman menggunakannya. Investasi yang cocok anak muda memiliki beragam jenis seperti mulai dari berinvestasi saham, investasi reksadana maupun investasi online dalam peer to peer.

5.  Membangun Penghasilan Baru

Selain melakukan investasi yang dapat dijadikan dalam penghasilan tambahan juga perlu untuk memulai membangun penghasilan lainnya agar dapat membantu kondisi keuangan untuk masa depan mendatang. Dan terlebih lagi karena masih muda maka dapat mewujudkan suatu impian dalam membangun sumber penghasilan yang baru. Tips dalam mengatur keuangan bagi anak muda dapat disempurnakan melalui beberapa cara.

 Apabila masih belum percaya mengenai cara anak muda dapat membangun penghasilan lainnya, maka perlu untuk melihat lagi startup-startup yang yang masih memiliki perkembangan yang pesat pada saat ini. Kebanyakan yang mendirikannya adalah anak muda.

Dengan memulai dari hal kecil seperti contohnya membuat suatu blog yang bisa memperoleh uang melalui iklan ataupun menjadi salah satu reseller maupun dropshipper yang akan dijualkan di sebuah merchant atau juga marketplace dari Tokopedia maupun lazada, yang dapat menjadikan suatu keahlian dalam menjadi seorang freelancer.

Maka dari itu, seperti apapun ide bisnis maupun keahlian yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangunan dalam sumber bagi penghasilan baru, dengan memanfaatkannya dari sekarang apalagi saat masih muda saat ini. Dan jika ditambahkan gaji sebelumnya maka keuangan akan dapat menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan bagi anak muda ya perlu diterapkan mulai dari sekarang yang mana memiliki usia yang masih muda. Yang mana mungkin dapat dijadikan sebagai manfaat bagi kalangan remaja maupun anak muda.