Cara Mengecek Harta Kekayaan Pejabat Dengan Menggunakan LHKPN

cara mengecek kekayaan pejabat

Secara umum pejabat atau penyelenggara negara memang wajib untuk melaporkan harta kekayaan yang ada. Hal ini sebagai bentuk informasi kepada masyarakat agar bisa mengetahui harta yang dimiliki oleh para pejabat tersebut. Tahapan ini juga berfungsi sebagai bagian pengawasan terhadap pejabat atau penyelenggara negara. 

Dengan adanya laporan kekayaan yang dimiliki tersebut, maka bisa Anda melihat beberapa informasi yang jelas terkait kegiatan yang dilakukan pemerintah negara. Untuk mengetahuinya Anda bisa melihatnya dengan e-Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau e-LHKPN yang fokus dikelola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Manfaat Terkait Adanya LHKPN

Ada beberapa manfaat terkait LHKPN tersebut untuk memenuhi melihat daftar kekayaan masyarakat secara menyeluruh. Dalam tahap ini kami akan memberikan beberapa manfaat yang ada, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Pengelolaan SDM 

Melalui LHKPN tersebut membuat bagian dalam proses penelitian untuk mengangkat atau mempromosikan pegawai untuk naik level atau jabatan yang ada. Dalam tahap ini Anda akan mampu melihat dan memperhatikan semuanya dengan jelas. Sehingga dapat mengetahui terkait kepatuhan dalam LHKPN tersebut. 

2. Bentuk Pengawasan 

Dengan adanya LHKPN tersebut membuat Anda akan lebih bisa mengetahui dan mengawasi beberapa harta kekayaan yang ada dalam masyarakat. Hadirnya lembaga tersebut perjalanan harta kekayaan yang dimiliki oleh pejabat atau penyelenggara negara bisa dengan mudah mengetahui dan mendapatkan pengawasan yang tepat. 

3. Instrumen Akuntabilitas

Adanya pelaporan keuangan yang dilakukan oleh pejabat atau penyelenggara tersebut memberikan bentuk tanggung jawab yang jelas. Oleh karena bentuk pendapatan yang diterima tersebut bukan hasil dari berbagai dana yang merugikan banyak pihak atau korupsi. Pelaporan tersebut jelas dan dapat dikroscek secara menyeluruh. 

Mengenal Regulasi Terkait LHKPN 

Terkait dengan adanya LHKPN tersebut terdapat beberapa regulasi yang mengatur semuanya secara menyeluruh. Tahapan ini tentunya sebagai dasar untuk ketetapan yang ada tersebut memberikan beberapa hasil yang ada. Dengan demikian, aturan yang ada itu harus dapat dipenuhi dan dipatuhi oleh pejabat atau penyelenggara negara. 

Ada beberapa aturan Undang-Undang yang mengaturnya, mulai dari Undang Nomor 28 Tahun 1999 terkait dengan penyelenggara negara yang bersih, bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme. Lalu, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 terkait dengan Komisi pemberantasan tindak pidana korupsi. Terakhir mengenai Peraturan KPK 07 Tahun 2016 terkait tata cara, 

Pendaftaran, Pengumuman, dan Pemeriksaan LHKPN. 

Melalui aturan tersebut bisa Anda lakukan dengan memperhatikan beberapa kebijakan dan ketentuan yang ada tersebut secara menyeluruh. Dalam tahap ini, LHKPN menjadi bagian dari kewajiban pejabat dan penyelenggara negara untuk memenuhi semuanya. Dengan demikian, pastikan Anda memperhatikan dan memahaminya dengan jelas. 

Bagaimana Untuk Mengakses LHKPN?

Untuk Anda yang ingin melakukan biaya terkait LHKPN tersebut, dalam tahap ini Anda bisa mengetahuinya dengan tepat dan jelas. Melalui LHKPN tersebut Anda bisa melakukannya dengan mudah, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Cara Pertama Mengakses LHKPN

Dalam tahap ini Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi ke website ke elhkpn.kpk.go.id, selanjutnya bisa dilakukan dengan e-lhkpn. Selanjutnya bisa Anda lakukan dengan masuk ke menu e-Announcement. Langkah berikutnya bisa Anda lakukan dengan mengisikan nama/NIK sesuai dengan data penyelenggara negara bisa langsung dicek. 

Langkah berikutnya bisa Anda lakukan dengan memasukkan kode captcha, lalu tinggal langsung mengklik tombol carinya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan beberapa data LHKPN terkait penyelenggara negara dan akan ditampilkan berdasarkan tabel yang ada dibawahnya tersebut secara keseluruhan. 

Untuk Anda yang ingin melakukan pencetakan bisa Anda lakukan dengan preview terkait pencetakan yang ada. Lalu, klik dan muncul form yang ada dengan mengisikan secara lengkap mengenai nama, rentang usia, dan jenis profesi yang ada. Selanjutnya tinggal klik tombolnya dan bisa langsung mendownloadnya. 

2. Cara Kedua Mengakses LHKPN

Langkah berikutnya bisa Anda lakukan dengan mengunjungi situs di https://acch.kpk.go.id/ pengumuman-lhkpn/. Tindakan berikutnya bisa anda lakukan dengan memasukan nama, lembaga, NHK, dan bisa langsung memasukan laporan yang disesuaikan dengan penyelenggara yang ada dan dicek secara langsung. 

Berikutnya bisa Anda lihat menjawab mengenai beberapa pertanyaan yang ada, lalu tinggal langsung masuk pada klik tombol. Tahap selanjutnya bisa Anda lihat dengan beberapa data tabel yang ada tersebut. Melalui pilihan tersebut Anda akan melihat beberapa hasil pengumuman yang ada dan jelas. 

Setelah itu, proses itu Anda akan mengisi beberapa form yang ada dan tinggal langsung mengisikan dengan alamat email saja dan langsung pilih profesi yang ada. Nantinya akan mendapatkan pengumuman LHKPN tersebut, jika Anda ingin download bisa dilakukan dengan langsung tersimpan ke komputer Anda tersebut. 

 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai proses mengecek harta kekayaan pejabat yang bisa Anda ketahui dan pahami secara menyeluruh.