Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita Secara Alami

cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Perut yang buncit memang menjadi momok menakutkan untuk sebagian besar orang, apalagi perempuan. Begitu banyak cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang dicari untuk kemudian dipraktekkan. Memiliki bentuk perut yang rata atau kencang merupakan impian, selain itu juga menjadi sebuah tanda bahwa orang tersebut telah menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya.

Untuk bisa menghilangkan lemak yang ada disekitar perut memang membutuhkan perjuangan. Selain dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit, lemak berlebih pada perut juga bisa menimbulkan rasa kembung, resiko munculnya penyakit jantung serta diabetes.

Namun, walau lemak pada perut susah untuk dihilangkan, tetapi jika melakukan beberapa hal bukannya tidak mungkin lemak tersebut akan berkurang dan perut Anda kembali rata, sehat dan kencang. Berikut dibawah ini adalah cara untuk mengecilkan perut buncit.

Cara mengecilkan perut buncit bagi wanita

cara hidup sehat

Seperti yang Anda ketahui, bila lemak pada perut terlalu berlebih akan membuat Anda memiliki resiko terkena masalah kesehat, seperti diabets, kolesterol, terjadinya gangguan pernapasan dan kemungkinan terburuk adalah munculnya penyakit kardiovaskular yang bisa menyebabkan kematian. Karenanya simak beberapa cara berikut dibawah ini untuk mengecilkan perut yang buncit :

  • Hindari makanan yang mengandung gula, karbohidrat dan lemak trans

Cara pertama adalah dengan menghindari makanan yang memiliki kadar gula, karbohidrat dan lemak trans yang tinggi. Karena menurut penelitian, apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan komponen diatas, seperti misalnya fast food, gorengan, minuman bersoda dan lain sebagainya.

Akan membuat asupan lemak trans, gula dan karbohidrat Anda melonjak tinggi. Tentunya jika hal ini terjadi, perut bisa menjadi buncit dan kesehatan tubuh juga akan terancam. Ada kemungkinan bila nantinya akan muncul penyakit-penyakit serius.

Jadi, lebih baik mengganti cemilan Anda dengan kudapan yang lebih sehat. Seperti misalnya pisang, singkong rebus, ubi rebus, nasi merah, juga buah dan sayur-sayuran. Untuk minuman Anda boleh sesekali menikmati kopi ataupun teh dengan menggunakan sedikit gula, walau lebih baik jika mengkonsumsi air putih.

  • Batasi minuman beralkohol

Kurangi atau lebih baik menghindari meminum minuman beralkohol, karena seperti yang telah diketahui, jika minuman ini tidak memiliki manfaat bagi tubuh yang ada hanya akan membuat perut menjadi buncit dan memicu timbulnya obesitas pada peminumnya.

  • Berolahraga secara teratur

Rajinlah melakukan olahraga, karena gerak tubuh memiliki andil besar dalam membakar lemak berlebih. Bila belum dapat melakukan gerakan berat, mulailah dari yang ringan terlebih dahulu atau Anda dapat melakukan konsultasi pada ahlinya dan meminta masukan mengenai apa yang harus dilakukan jika ingin mengecilkan perut yang buncit.

Lagipula dengan berolahraga, tidak hanya perut saja yang bisa menjadi kecil tapi tubuh bisa jadi lebih sehat secara keseluruhan. Anda dapat melakukan lari, renang, atau jalan santai setiap harinya selama kurang lebih 60 menit hingga 120 menit. Lalu, apabila sudah terbiasa, Anda dapat meningkatkan frekuensinya.

  • Kelola stres dan istirahat cukup

Mulailah untuk belajar mengelola stres Anda, karena banyak yang percaya jika stres berlebih merupakan salah satu penyebab utama perut menjadi buncit. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kada hormon penyebab stres, lalu membuat nafsu makan menjadi tinggi serta terganggunya kualitas tidur.

Agar stres bisa terkelola dengan baik. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang membuat tenang dan senang, misal ikutlah yoga atau bisa juga mengambil kelas meditasi. Lalu, pastikan Anda membuat jadwal tidur yang tetap. Supaya jam istirahat Anda tidak berantakan dan dapat tidur dengan nyaman.

  • Konsumsi makanan tinggi serat larut dan protein

Cara terakhir untuk mengecilkan perut yang buncit dan paling efektif serta direkomendasikan adalah mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat larut. Para ahli mengatakan bahwa serat larut bisa membuat penyerapan makan menjadi lebih lambat, sehingga rasa kenyang yang Anda rasakan dapat bertahan lama.

Contoh makanan yang memiliki serat larut tinggi adalah obat, kacang-kacangan, brokoli, alpukat, jambu, wortel dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak di bagian perut .

Kemudian selain serat, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Kenapa? Karena bahan makanan yang tinggi proteinnya, cenderung lebih sedikit mengandung lemak dan tidak akan membuat perut menjadi buncit.

Berikut adalah bahan makanan yang tinggi protein, kacang-kacangan, ikan, produk olahan susu, telur, protei dari whey dan masih banyak lagi. Bila Anda mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi, maka metabolisme dalam tubuh juga akan meningkat serta membantu mengontrol nafsu makan Anda.

Penyebab Perut Buncit

Sama seperti obesitas, perut buncit juga timbul disebabkan oleh asupan makanan yang berlebih sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolah atau menyerapnya. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab perut buncit, misalnya seperti :

  • Perubahan hormon
  • Hobi ngemil
  • Tidak menyukai makan sayur
  • Terlalu sering minum minuman bersoda
  • Stres berlebih
  • Menopause

Bagaimana? Apakah informasi mengenai cara mengecilkan perut buncit pada wanita ini dapat membantu Anda menyadari manfaat dari hidup sehat dan menghindari segala hal yang menjadi penyebab perut buncit serta resiko yang bisa Anda hindari jika menerapkan gaya hidup sehat.