Cara Mengelola Cash Flow dalam Bisnis Coffee Shop

Coffee shop adalah bisnis yang saat ini sangat menjanjikan. Mungkin kamu adalah salah satu pebisnis yang menjalankan bidang ini. Dimana jelas kamu harus tahu beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah dari cash flow yang jelas tidak bisa diremehkan. 

Cash flow merupakan aliran atau arus kas dalam sebuah bisnis. Ketika cash flow ini bisa diatur dengan baik, maka akan ada keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah bisa mengembangkan bisnis agar lebih baik lagi. Tidak heran jika sebuah bisnis coffee shop pun juga harus menjaga dan mengelola cash flow. 

Cara Menjaga Cash Flow Bisnis Coffee Shop 

Dengan peranan dari cash flow yang sudah pasti sangat penting, maka daripada itu kamu harus tahu bagaimana cara mengelolanya. Sehingga bisnis coffee shop pun bisa berkembang lebih jauh lagi. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga cash flow pada bisnis coffee shop: 

Pencatatan yang Terperinci 

Cara pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan memiliki pencatatan yang terperinci dan lengkap. Dimana pencatatan ini sendiri termasuk pengeluaran dan juga pemasukan. Karena pada dasarnya cash flow adalah aliran uang yang terjadi dalam bisnis, maka jelas kamu harus mencatat semuanya dengan jelas. 

Untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan ini sendiri harus dilakukan setiap hari atau setiap ada transaksi yang terjadi. Karena ketika kamu kelewatan atau tidak mencatat, maka akan ada perbedaan pada laporan keuangan. Maka daripada itu, kamu harus teliti dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan ini sendiri. 

Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, misalnya dengan menggunakan Excel atau Google Sheet. Dimana kedua tools ini bisa digunakan secara gratis dan mudah. Ingat, kamu harus mencatat semuanya dengan teliti jangan sampai terlewat. Pastikan juga untuk menyertakan berbagai bon atau nota untuk menjadi bukti telah terjadi transaksi. Jadi, pencatatan juga akan lebih mudah dan cash flow dapat dijaga dengan baik. 

Pisahkan Uang Pribadi dengan Uang dari Coffee Shop 

Cara selanjutnya yang harus kamu perhatikan untuk mengelola cash flow pada coffee shop adalah dengan memisahkan uang pribadi dengan yang berasal dari coffee shop. Hal ini sendiri sangatlah penting sekali untuk kamu perhatikan. Karena jika kamu campurkan antara uang pribadi dan usaha, akan menyebabkan kebingungan. 

Hasilnya pun nantinya kamu tidak akan tahu mana uang digunakan untuk kebutuhan sendiri dan juga uang untuk operasional bisnis. Jika hal ini terjadi, maka kamu tidak bisa mengelola bisnis dengan benar. Tentu saja ini akan menjadi kendala yang tidak bisa kamu selesaikan. Jadi, pastikan kamu memisahkan keduanya dengan benar. 

Untuk memisahkan antara uang pribadi dan coffee shop, kamu bisa menggunakan dua rekening yang berbeda. Dimana ini akan jauh lebih mudah untuk kamu mengatur antara uang pribadi dan bisnis. Kemudian, kamu harus memastikan juga melakukan pengawasan ketat terhadap bisnis pemasukan dan pengeluaran coffee shop dengan baik. 

Kelola Utang dengan Baik 

Salah satu cara mengatur cash flow dengan baik dalam bisnis coffee shop adalah dengan mengelola utang dengan baik. Hal ini berlaku apabila kamu memang mempunyai utang bisnis yang digunakan untuk mengembangkan bisnis coffee shop. Apabila tidak bisa kamu kelola dengan baik, sudah jelas kamu tidak akan bisa menjaga cash flow. 

Untuk menjaga utang dengan baik ini sendiri, kamu harus tahu tahu berapa utang yang harus dibayarkan baik dalam jangka pendek dan panjang. Jika memang ada yang belum selesai dibayarkan, sangat disarankan untuk tidak menambah utang baru. Karena ini bisa jadi akan memberikan beban sendiri kepada kamu dalam menjalankan bisnis. 

Evaluasi Keuangan 

Agar cash flow bisa dikelola dengan baik, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan selalu melakukan evaluasi secara rutin. Evaluasi keuangan ini sendiri untuk mencari tahu mana saja pengeluaran yang tidak diperlukan dan bagaimana memaksimalkan keuntungan dengan baik. 

Dengan melakukan evaluasi keuangan, maka akan memberikan bantuan kepada coffee shop di masa depan. Karena memang cash flow ini akan membantu kamu untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Jadi, jangan pernah kamu tidak melakukan evaluasi. Dimana sebulan sekali adalah waktu yang ideal untuk melakukan evaluasi secara keseluruhan. 

Dengan cara di atas, maka kamu bisa mengatur cash flow jauh lebih baik lagi. Karena dengan begini kamu pun bisa mendapatkan banyak sekali manfaat baik untuk mengembangkan bisnis coffee shop. Bahkan bisa jadi bisnis akan jauh lebih maju dibandingkan dan bersaing dengan ketat di antara para kompetitor. Jadi, lakukanlah pengelolaan cash flow sekarang juga.