Cara Menghemat Baterai HP Saat Bepergian

cara hemat baterai hp

Ketika beraktivitas di luar rumah dalam waktu cukup lama, misalnya berlibur ke tempat wisata, baterai handphone sering kali habis sebelum kita kembali. Untuk itu, perlu melakukan penghematan supaya baterai masih dapat digunakan selama perjalanan. Selain mematikan ponsel, Anda juga memerlukan cara menghemat baterai HP lainnya saat bepergian.

Cara menghemat baterai handphone saat perjalanan jauh menjadi sangat penting bagi kaum traveler dan pemudik. Seperti yang kita tahu, mencari sumber listrik saat bepergian jauh cukup sulit, sehingga harus sebisa mungkin meminimalisir penggunaan perangkat elektronik tersebut. Kalaupun bisa mendapatkan sumber energi listrik, Anda harus berhenti dulu di suatu tempat, dan hal ini tentunya dapat menghambat perjalanan.

Baterai pada ponsel memang sebuah elemen penting karena menjadi sumber daya listrik satu-satunya untuk tetap hidup dan menjalankan fungsi-fungsinya dengan benar. Karena memiliki keterbatasan, baterai hp cepat habis dan tidak bisa bertahan lama saat digunakan terlalu sering. Apalagi ketika perjalanan jauh, umumnya baterai ponsel hanya dapat bertahan hingga 8 jam dan bahkan bisa lebih jika kapasitas penyimpanannya besar.

Nah, berikut ada beberapa tips supaya baterai hp tidak cepat habis dan bertahan lama saat bepergian. Bagi seorang traveler atau pemudik, tips ini mungkin sangat dibutuhkan untuk memastikan alat komunikasi tetap menyala. Silahkan dicoba.

hemat baterai hp

Aktifkan Mode Penerbanagan

Saat tidak dipakai, Anda bisa mengaktifkan mode penerbangan untuk menghemat penggunaan baterai. Seperti yang kita tahu, baterai hp akan sangat boros ketika mencari sinyal, sedangkan kondisi geografis setiap daerah yang dilewati pasti berbeda-beda dan bisa mempengaruhi kekuatan sinyal ponsel tersebut. Untuk menghindari kondisi ini, disarankan mengaktifkan mode penerbangan saja jika ponsel tidak digunakan saat perjalanan jauh.

Kurangi Waktu Time Out Layar

Baterai hp cepat habis jika waktu time out layar terlalu panjang, jadi akan lebih baik jika Anda memperpendek durasinya. Adapun maksud dari memperpendek waktu time out layar adalah mempercepat layar ponsel mati ketika sudah dipakai. Cara ini efektif dalam menghemat baterai ponsel, apalagi saat melakukan perjalanan jauh. Anda bisa mengurangi waktu time out layar yang semulanya 30 detik menjadi 15 detik saja, maka layar akan mati secara otomatis jika sudah lewat dari waktu tersebut.

Menurunkan Kecerahan Layar

Mengurangi tingkat kecerahan layar adalah cara menghemat baterai ponsel selanjutnya yang efektif digunakan. Karena semakin tinggi tingkat kecerahan layar pada ponsel, maka semakin besar pula daya yang dihabiskan. Oleh sebab itu, kurangi atau atur kecerahan layar menjadi lebih rendah supaya baterai ponsel tidak cepat habis.

Kami anjurkan menurunkan kecerahan layar Anda di angka 20 – 25 persen saja. Karena konsumsi baterai yang diperlukan akan semakin kecil saat tingkat kecerahannya berkurang.

Menggunakan GPS Seperlunya

Ketika bepergian jauh ke tempat yang belum pernah didatangi menggunakan kendaraan sendiri, Anda mungkin akan membutuhkan peta GPS sebagai penunjuk arah. GPS memang satu-satunya penolong saat Anda bingung dengan arah menuju lokasi tujuan. Namun yang tidak diketahui adalah penggunaan GPS terlalu lama dapat memakan banyak energi ponsel. Ponsel Anda akan bekerja lebih berat saat menjalankan GPS, maka dari itu gunakan seperlunya saja untuk meminimalisir penggunaan daya baterai.

Menggunakan Wallpaper Non-animasi              

Wallpaper animasi ternyata memakan banyak daya dari pada wallpaper berwarna gelap. Saat perjalanan jauh, sebaiknya Anda tidak menggunakan wallpaper animasi dulu untuk menghemat penggunaan baterai. Selain itu, wallpaper animasi juga dapat membuat ponsel bekerja lebih berat karena memakai sebagian ruang RAM. Jadi, gunakan wallpaper gelap saja untuk membuat layar ponsel lebih redup dan tidak terlalu banyak menghabiskan daya.

Tidak Memasang Aplikasi Penghemat Baterai

Kebanyakan orang sering terkecoh dengan aplikasi penghemat baterai yang katanya dapat menghemat konsumsi daya. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah aplikasi ini memakan banyak baterai untuk dapat bekerja. Alih-alih menghemat, yang ada malah baterai hp cepat habis. Sebaiknya, hapus aplikasi penghemat baterai tersebut dari ponsel.

Mengaktifkan Silent Mode       

Mengaktifkan silent mode saat bepergian membantu Anda menghemat penggunaan baterai ponsel secara signifikan. Meskipun sering diremehkan, nyatanya cara menghemat baterai ponsel ini cukup efektif dalam mengurangi penggunaan daya yang terus berulang ketika menerima notifikasi. Mengaktifkan silent mode dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi dalam melakukan perjalanan seorang diri, misalnya ketika menggunakan motor atau mobil.

Mematikan Paket Data              

Saat perjalanan jauh Anda juga bisa mematikan paket data untuk menghemat baterai dan menyalakannya kembali saat sudah sampai tujuan dengan selamat. Koneksi internet memang dibutuhkan saat berkomunikasi, akan tetapi akan sangat memakan daya baterai jika berjalan secara berkelanjutan. Nah, jika tidak membutuhkannya, sebaiknya Anda matikan paket data terlebih dahulu.

Menaruh Ponsel di Tempat Sejuk        

Usahakan menyimpan ponsel di dalam tas atau di tempat sejuk yang tidak langsung terpapar dengan suhu tinggi seperti di dashboard mobil ataupun jok motor. Kinerja ponsel akan terpengaruh oleh suhu yang panas dan membuat konsumsi daya membesar. Hindari konsumsi daya berlebih dengan menaruh ponsel di tempat sejuk.

Demikian tips atau cara menghemat baterai hp saat bepergian. Semoga membantu.