Cara Menghemat Listrik di Rumah

cara hemat listrik

Kesal dengan tagihan listrik yang terus membengkak setiap bulannya? Mungkin Anda butuh cara menghemat listrik di rumah berikut ini! Dijamin ampuh dan efektif mengurangi biaya tagihan yang harus dibayar setiap bulan.

Tagihan listrik memang menjadi beban bulanan yang cukup banyak memakan anggaran rumah tangga. Apalagi jika banyak peralatan elektronik yang dipakai di rumah. Misalnya, dispenser, TV, AC, kulkas, kipas angin, komputer, charger hp dan berbagai peralatan elektronik lainnya yang dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Penggunaan alat-alat elektronik secara berlebihan memang membuat tagihan listrik semakin besar. Lalu, bagaimana cara menghemat listrik supaya anggaran rumah tangga tetap tercukupi? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba!

Langkah Mudah Hemat Listrik

cara hemat energi

  • Mencabut Kabel Alat Elektronik yang Tidak Terpakai

Anda dapat mengefisienkan penggunaan listrik dengan cara mencabut kabel-kabel peralatan elektronik yang tidak digunakan. Jangan biasakan membiarkan kabel tersebut terpasang di stop kontak, contohnya seperti meninggalkan charger laptop atau ponsel tetap terhubung dengan sumber listrik meskipun tidak dipakai saat itu.

Kebiasaan buruk ini harus segera dihilangkan jika Anda ingin hemat listrik. Karena meskipun tidak terpakai, kabel-kabel yang masih terhubung dengan sumber daya listrik akan tetap dialiri oleh arus listrik. Hal ini tentu membuat arus listrik tersebut terbuang percuma, bukan?

  • Pilih Listrik Prabayar

Menggunakan sistem listrik prabayar terbukti jitu dan efektif dalam menghemat pengeluaran listrik perbulan. Melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara), saat ini pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan terhadap penggunaan meteran listrik di setiap rumah dengan sistem pulsa atau prabayar. Sistem prabayar pada meteran listrik tentu memungkinkan Anda dapat mengelola kecil besarnya penggunaan listrik sendiri di rumah.

Dengan sistem pulsa ini, secara tidak langsung penggunaan listrik dapat lebih bijak dan bisa disesuaikan kebutuhan pemakainya. Cara ini cukup jitu dan membantu Anda membatasi pengeluaran listrik.

  • Bijak dan Hemat Memakai AC

Dibandingkan peralatan elektronik lainnya, ternyata penggunaan AC bisa mengkonsumsi daya lebih besar. Cara hemat listrik untuk alat elektronik ini sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu membatasi penggunaannya ketika dibutuhkan saja. Menggunakan AC secara berlebihan juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Anda juga dapat memaksimalkan pengaturan udara segar untuk meminimalisir udara panas di rumah. Jadi, tidak harus memakai AC terus menerus. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan AC yang sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis serta memiliki teknologi hemat energi.  

  • Matikan Lampu di Siang Hari  

Bagaimana cara menghemat listrik yang paling mudah diterapkan? Adalah dengan mematikan lampu saat meninggalkan rumah ataupun pada siang hari. Anda perlu menghilangkan kebiasaan buruk ini bila tidak ingin tagihan listrik semakin membengkak. Lebih baik matikan saja lampu-lampu di rumah jika sudah tidak diperlukan lagi.

Di siang hari, Anda bisa memanfaatkan penerangan alam yaitu sinar matahari. Selain itu, Anda juga dapat menyiasati penerangan di rumah tanpa harus menyalakan lampu terus menerus.

  • Kurangi Penggunaan Dispenser            

Efisiensikan pemakain dispenser untuk lebih meminimalisir penggunaan daya listrik di rumah. Penggunaan mesin pendingin dan pemanas air yang terdapat pada dispenser ternyata secara kumulatif memakan lebih banyak listrik daripada kulkas dan AC. Anda dapat mengurangi penggunaan dispenser yang memiliki mesin pendingin dan pemanas air tersebut supaya lebih hemat listrik. Untuk menggantikan fungsi dispenser, Anda bisa mendinginkan air di kulkas atau memasak air panas di kompor.

  • Pakai Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan    

Anda dapat menghindari pemakain mesin cuci yang tidak sesuai dengan kebutuhan untuk menghemat listrik di rumah. Pilihlah mesin cuci berkapasitas rendah agar tidak mengkonsumsi banyak daya. Karena semakin besar kapasitasnya, maka otomatis lebih banyak pula listrik yang dikonsumsi dalam pemakaian. Cara ini perlu diupayakan supaya tagihan listrik tidak semakin membengkak.

  • Menghemat Pemakaian Kulkas

Bagaimana cara menghemat listrik melalui kulkas? Seperti yang kita tahu, kulkas adalah salah satu alat elektronik yang mengkonsumsi banyak daya. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan peralatan tersebut. Misalnya, menurunkan suhu kulkas ke suhu terendah ketika hendak keluar rumah untuk waktu yang lama. Bila memungkinkan, Anda juga bisa mematikan kulkas saat bepergian. Cara ini sangat boleh dicoba.

  • Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis        

Dengan kemajuan teknologi, kini hadir berbagai terobosan baru khususnya dalam peralatan elektronik seperti setrika. Kini, setrika yang dijual di pasaran sudah ada yang dilengkapi dengan pengatur panas otomatis. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat listrik di rumah, karena listrik tidak akan terbuang sia-sia meskipun setrika digunakan dalam waktu cukup lama.

  • Bijak Menggunakan Rice Cooker

Saat memasak nasi, Anda bisa menggunakan air mendidih untuk mengurangi konsumsi listrik yang terlalu besar. Cara ini memang terlihat mudah, sayangnya belum banyak diketahui orang-orang.

Selain cara menghemat listrik di atas, sebenarnya ada satu lagi cara efektif yang dapat digunakan. Yaitu menanam pohon di sekeliling rumah. Pohon atau tanaman hijau dapat membuat lingkungan rumah menjadi lebih sejuk dan segar. Semoga artikel ini bermanfaat ya!