Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja Online

prakerja online

Prakerja adalah program yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat indonesia yang ketika wabah Pandemi covid-19 mempengaruhi perekonomian seluruh masyarakat indonesia, program yang diberikan pemerintah ini adalah dampak dari covid-19 yang melumpuhkan sektor perekonomian yang menjadi tulang punggung masyarakat yang bekerja di suatu perusahaan dan juga pengusaha.

Dampak buruk dari pandemi covid-19 ini membuat para pekerja dikeluarkan atau dipensiunkan oleh perusahaannya, hal ini terjadi karena ketika pandemi semakin menyebar dan membuat pabrik, perkantoran lumpuh tidak ada pemasukan untuk membayar karyawannya. Sedangkan pada sektor bisnis dan usaha mikro kecil juga sangat mengalami penurunan omsetnya, hingga penurunan hampir 70% dan membuat para pengusaha untuk sementara tidak berjualan sampai pandemi mereda.

Program pemerintah dengan dibentuknya pelatihan Prakerja di bertujuan para pekerja dan pengusaha mikro kecil untuk mendapatkan bantuan dana atau insentif menanggulangi biaya hidup ketika masa pandemi. Pelatihan Prakerja yang diberikan kepada masyarakat tidak bisa langsung cair, akan tetapi masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan harus mengikuti pelatihan melalui aplikasi zoom yang disediakan oleh akun resmi kementrian ketenagakerjaan yaitu www.prakerja.go.id, jika sudah mendaftar masyarakat akan diseleksi kembali kelengkapan dokumen-dokumen yang harus diisi ketika mendaftar Prakerja, jika lolos akan menerima email yang berupa pelatihan-pelatihan sesuai yang diminati masyarakat ketika mengisi formulir di website tersebut. 

Prakerja memiliki batasan ketika menerima calon penerima prakerja, biasanya akan ada sistem gelombang Prakerja yang sudah diatur oleh kementrian ketenagakerjaan, untuk saat ini gelombang ke 11 adalah gelombang yang terupdate diberikan oleh pemerintah untuk memberikan Prakerja hingga kuota yang ditargetkan pemerintah mencapai 5,6 juta orang. Lalu apa saja syarat yang harus disiapkan jika masyakarat ingin mendapatkan insentif dari pemerintah? simak ulasannya dibawah ini,

Syarat yang dibutuhkan untuk Mendaftar Pelatihan Prakerja

Syarat untuk lolos mendapatkan Prakerja tidaklah terlalu sulit, karena hanya dokumen pribadi saja dan dokumen tersebut akan diunggah pada formulir prakerja berbasis online, syaratnya diuraikan dibawah ini:

  • Warga Negara Indonesia
    Syarat utama untuk mendapatkan insentif yang pertama adalah WNI atau yang sudah memiliki Ktp indonesia.
  • Sudah Berumur minimal 18 tahun.
  • Memiliki alamat email sesuai yang didaftarkan di website Prakerja
  • Memiliki Buku tabungan atau rekening bank yang namanya sesuai dengan yang didaftarkan di Prakerja.
  • Memiliki akses internet untuk membuka dan mendaftar Prakerja

Pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan memberikan Prakerja di khususkan untuk masyarakat yang terkena dampak covid-19 saja, yaitu para pekerja yang terkena PHK dan pengusaha mikro yang tidak bisa berjualan kembali. Besaran insentif yang diterima oleh masyarakat sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya dan hanya akan diberikan selama 4 Bulan, lalu setiap Wni hanya akan mendapatkan satu kali kesempatan dan untuk yang masih belum lolos verifikasi pendaftaran prakerja masih bisa untuk mendaftar di gelombang prakerja berikutnya.

Tips Mengikuti Pelatihan Prakerja

Bagaimana cara yang tepat untuk mengikuti pelatihan prakerja itu?, Jika Anda sudah lolos dari verifikasi formulir dan dokumen di www.prakerja.go.id.

Dibawah ini akan diuraikan bagaimana tips dan cara yang paling tepat untuk bisa lolos mendapatkan kartu prakerja dan insentifnya,

    • Koneksi internet dan Gadget (Handphone atau Komputer)
      Tips pertama dan paling penting adalah koneksi internet yang stabil dan gadget mumpuni, karena untuk mendukung ketika ada pelatihan dan gadget untuk sarana mendapatkan kartu prakerja.
    • Mendaftarkan data diri akun atau website www.Kemnaker.go.id
      Tips selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda pada website tersebut supaya mendapatkan login id yang diperuntukan mengikuti langkah lanjutan kartu prakerja. isilah dengan data yang sebenar-benarnya, karena jika ada kesalahan pada pengisian data akan berpengaruh pada verifikasi data kartu prakerja Anda.
  • Masuk dengan akun yang sudah dibuat di Kemnaker.go.id
    Jika Anda sudah mendaftarkan diri lalu bisa login dengan id tersebut dan mulai mengisi formulir yang ditentukan oleh kemnaker.
  • Memilih Program Pelatihan Prakerja
    Tips selanjutnya dengan memilih program pelatihan sesuai kebutuhan dan minat Anda seperti pelatihan online shop, pelatihan memasak, pelatihan programmer, Pendidikan Guru dan lain-lain.
  • Memilih Platform Pembelian Kupon Prakerja
    Tips selanjutnya adalah memilih platform untuk pembelian kupon pelatihan prakerja yang sudah disediakan kemnaker, seperti bukalapak, tokopedia, Pintaria, Sekolahmu, Ruang Guru.

Cara Membeli kupon di Platform yang bekerjasama dengan Prakerja

  1. Login atau masuk pada website platform yang Anda pilih
  2. Memilih kelas dan jadwal, lalu lanjut dengan klik Daftar
  3. Jika sudah memilih kelas dan jadwal, selanjutnya memilih metode pembayaran dan Anda akan mendapatkan kode OTP 16 digit
  4. Konfirmasi pesanan
  5. Verifikasi dan kartu jadwal pelatihan akan dikirimkan di email Anda 

    Menunggu Verifikasi Insentif
    Jika Anda sudah melakukan tips diatas dan melakukan pelatihan sesuai jadwal yang dipilih, Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu insentif masuk ke dalam rekening yang sudah Anda daftarkan.

Itulah Cara mengikuti dan tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tambahan dana di tengah Pandemi covid-19, Lumayan bukan? Selamat mencoba!