Cara Mengurus KTP Hilang dengan Mudah

cara urus KTP hilang

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengurus ktp hilang sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu KTP. KTP singkatan dari Kartu Tanda Penduduk yang merupakan sebuah kartu identitas resmi bagi penduduk di indonesia, dan saat ini KTP yang sudah digunakan berbentuk sebagai e-KTP dari tahun 2011 yang menjadi sebuah kartu identitas dari jati diri dalam warga negara indonesia.

e-KTP ini berbasis dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan, yang memuat suatu kode dalam keamanan serta rekaman elektronik yang digunakan sebagai alat untuk memverifikasi serta validasi dari data diri seorang penduduk. Nik yang tercantum dalam e-KTP merupakan suatu dasar dari identitas seseorang pada penerbitan berbagai macam dokumen penting.

Mempunyai e-KTP merupakan kewajiban bagi seluruh penduduk di indonesia yang telah memiliki usia 17 tahun. Dan e-ktp sudah berlaku dengan cara nasional dan juga seumur hidup semenjak tahun 2013. Maka dari itu e-KTP tidak perlu untuk diperpanjang apabila masa aktif maupun masa berlaku telah habis.

Dan bagaimana apabila ktp tersebut hilang maupun ktp tersebut rusak, apa yang perlu dilakukan? Jawabnya yaitu mengurus kembali akan KTP hilang maupun rusak tidak terlalu rumit. Dalam pengurusan membuat ktp baru dapat dilakukan dari kantor kelurahan dan kecamatan maupun kantor dari dinas kependudukan.

Berikut ini cara dalam mengurus maupun membuat KTP baru atau KTP hilang maupun rusak dengan beberapa syarat.

Segera melapor mengenai kehilangan e-KTP

Upayakan untuk segera melaporkan KTP hilang ke polsek maupun Polrestabes, dan tidak mengurusnya di polsek. Yang mana kantor dari pelayanan laporan mengenai surat kehilangan dari kepolisian setempat yang buka selama 24 jam.

urus KTP hilang

Cara untuk mengurus surat pelaporan atas kehilangan e-KTP:

  1. Mendatangi ke bagian dari pengaduan serta pelayanan masyarakat agar dapat meminta surat keterangan atas kehilangan melalui pihak kepolisian terdekat.
  2. Persyaratan yang perlu untuk dibawa yaitu fotokopi e-KTP. Atau dengan cara menyebutkan tentang nomor induk KTP yang hilang. Maka dari itu perlulah untuk memfotokopi e-ktp maupun memfoto e-ktp dengan smartphone yang mana mungkin saja akan diperlukan untuk kebutuhan seperti ini.
  3. Polisi akan meminta penjelasan dari pengajuan laporan secara rinci mengenai kronologis ktp tersebut hilang.
  4. Pengajuan laporan atas kehilangan tidak akan dipungut biaya dan juga bisa diwakilkan.
  5. Masa berlaku dari surat kehilangan yaitu sekitar 14 hari dari tanggal penerbitan.

 

Syarat Membuat KTP yang rusak maupun hilang

  1. Memiliki surat pengantar dari RT maupun RW.
  2. Menyiapkan beberapa lembar dari fotokopi Kartu Keluarga
  3. Surat keterangan atas kehilangan
  4. Memiliki fotokopian dari e-KTP jika punya
  5. Menyiapkan pas foto yang akan digunakan untuk syarat administrasi (untuk antisipasi).Pas foto ukuran 3×4 sebanyak dua lembar untuk pengajuan persyaratan dari kantor kepala desa maupun kelurahan dan 4×6 sebanyak dua lembar untuk di kecamatan

Proses dalam membuat e-KTP dari Disdukcapil

  1. Mendatangi disdukcapil maupun UPT disdukcapil dengan membawa kartu keluarga
  2. Mengambil nomor antrian dan apabila dipanggil, petugas akan memverifikasi dari data penduduk melalui kartu keluarga dan juga dalam pengecekan database dalam kependudukan.
  3. Melakukan pengambilan foto secara langsung di tempat tersebut, dan akan ditandatangani menggunakan alat perekam, kemudian akan dilakukan perekaman terhadap data sidi jari, kemudian akan dilakukan scan retina.
  4. Pencetakan dari e-KTP diperlukan waktu selama 14 hari.

Proses melalui Kelurahan

  1. Mendatangi kantor kelurahan maupun kepala desa dan menginput formulir mengenai permohonan untuk pembuatan e-KTP baru yang hilang maupun rusak
  2. Menyerahkan berkas yang berupa surat pengantar RT atau RW, surat dari kepolisian yang berupa surat keterangan atas kehilangan dan fotokopinya, pas foto, dan jika ada fotokopi dari KTP. Dan pihak petugas akan memverifikasi dan juga validasi data.
  3. Lurah maupun kepala desa akan segera menandatangani atas formulir permohonan mengenai e-ktp. Dan petugas akan menyerahkannya beserta dengan berkas lainnya agar dapat diproses melalui kantor kecamatan.

Proses melalui Kecamatan

  1. Mendatangi kantor camat setempat atau juga kantor suku dinas kependudukan untuk menyerahkan berkas pendukung dalam membuat e-KTP yang telah disediakan.
  2. Petugas akan memverifikasi serta memvalidasi data penduduk, yang kemudian memberikan tanda terima atas berkas permohonan dalam permintaan e-KTP yang baru.
  3. Proses waktunya dalam 7 hari kerja yang mana sudah tertera dalam bukti tanda terima.
  4. Memerlukan verifikasi yang hanya dapat dilakukan oleh pihak pengajunya mengenai data dari sidik jari melalui database kependudukan dan akan mempunyai sesi dalam pengambilan foto digital dan juga tanda tangan melalui perekam elektronik, yang kemudian dilanjutkan dengan scan retina.

Kartu identitas diri atau juga tanda pengenal merupakan dokumen penting bagi setiap warga negara yang berada di indonesia, yang memiliki berbagai macam fungsi. Dan itulah beberapa informasi mengenai Cara mengurus ktp hilang dan membuat ktp melalui berbagai kantor yang terdapat disekitar kita.