Cara Mengurus NPWP Pribadi Maupun Badan

cara mengurus NPWP

Pada prakteknya ada 2 (dua) cara mengurus NPWP untuk pribadi atau pun badan. Keduanya cara tersebut terbilang cukup mudah apabila Anda sudah mengerti alurnya dengan baik. Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya semua persyaratan yang diwajibkan telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Perlu diketahui bila NPWP merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, selain itu dengan memiliki atau menjadi Wajib Pajak akan banyak sekali keuntungan uang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Memiliki NPWP

Dengan memiliki NPWP Anda dapat menikmati banyak manfaatnya dan tentunya sangat memudahkan dalam melakukan banyak hal serta ketika Anda ingin mengajukan pinjaman dan sebagainya, berikut adalah manfaatnya :

  1. Mudah mengurus dokumen untuk berpergian, seperti Paspor dan visa.
  2. Mudah dalam pengajuan KPR rumah atau kredit kendaraan.
  3. Mudah mendapatkan pinjaman usaha.
  4. NPWP merupakan syarat untuk pembuatan SIUP.
  5. Dengan memiliki NPWP, segala urusan yang berkaitan dengan pajak akan lebih mudah, misalnya ;
  • Mengajukan pengurangan pembayaran pajak.
  • Pemotongan pajak.
  • Mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan.
  • Mengurusi retribusi pajak.
  1. Pengurusan dalam pembukaan rekening bank.
  2. Syarat untuk cetak rekening koran.

Cara Mengurus NPWP Pribadi atau Badan Secara Online

Menyesuaikan dengan berkembangnya zaman, teknologi pun semakin mumpini. Misal dalam pembuatan NPWP pribadi dan badan, Anda dapat melakukannya melalui online. Berikut ini adalah tahapannya :

  1. Buka situs website www.pajak.go.id lalu pilih menu e-Registration. Apabila Anda belum mendaftar, lakukanlah pendaftaran terlebih dahulu agar mendapatkan akun dengan cara klik “daftar”, jika telah mengisi kolom identitas serta password segera klik “save”.
  2. Segera lakukan aktivasi dengan membuka email dan cek kotak masuk. Buka email Anda yang dikirim oleh Dirjen Pajak, lalu ikuti petunjuk yang ada di email.
  3. Isi formulir, masuk ke sistem e-Registration. Masuk menggunakan alamat email serta password yang Anda gunakan untuk mendaftar saat diawal. Apabila sudah masuk (log-in), Anda akan diarahkan pada halaman pendaftaran atau registrasi untuk memulai pembuatan NPWP, isi semua kolom dengan teliti. Bila sudah, nantinya akan diberikan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  4. Kirimkan formulir registrasi dengan memilih menu “daftar”. Secara otomatis nanti Anda telah melakukan pengiriman data wajib pajak tersebut ke KPP secara online.
  5. Cetak beberapa dokunen berikut :
  • Formulir pendaftaran wajib pajak
  • Surat Keterangan Terdaftar Sementara
  1. Tanda tangani formulir dan lengkapi dengan berkas yang menjadi persyaratan.
  2. Terakhir, Anda wajib mengirimkan kembali dokumen-dokumen tersebut ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) melalui pos atau scan dan unggah melalui aplikasi e-Registration.
  3. Cek status, apakah dokumen Anda disetujui atau ditolak. Jika, disetujui maka Anda akan menerima kartu NPWP dan akan dikirim ke alamat yang terdaftar. Apabila ditolak, berarti ada data atau persyaratan yang tidak memenuhi syarat atau salah.

Kartu NPWP bisa Anda cetak fisik atau disimpan dalam bentuk JPG (soft-file). Ketika dibutuhkan, Anda dapat mengeceknya lewat fitur yang sudah disediakan pada aplikasi, email ataupun pada menu DJP Online.

Cara Mengurus NPWP Pribadi atau Badan Secara Offline

pajak pbb

Selain online pendaftaran NPWP juga dapat dilakukan dengan cara offline atau datang secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Sebelum Anda berangkat, terlebih dahulu siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan agar tidak perlu berulangkali datang kesana.

Ada 2 (dua) cara yang bisa digunakan untuk mendaftar lewat offline, yakni :

  • Mendatangi KPP (Kantor Pelayanan Pajak)

Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan KTP tempat Anda tinggal, bawa semua berkas. Bila alamat yang tertera di KTP berbeda dengan alamat domisi sekarang, Anda harus meminta surat keterangan domisili yang ditanda tangani oleh pihak kelurahan.

Fotocopy semua dokumen tersebut dan lengkapi dengan formulir registrasi Wajib Pajak yang sebelumnya sudah diisi serta telah ditanda tangani. Formulir pendaftaran bisa Anda dapatkan dari petugas di KPP.

Setelah itu, serahkan semua berkas kepada petugas pendaftaran. Lalu Anda akan diberikan bukti tanda terima bila sudah melakukan pendaftaran sebagai Wajib Pajak dan menunjukkan bila telah mendaftar untuk menerima NPWP.

Di mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan kartu NPWP tidak terlalu lama, hanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari kerja dan kegiatan ini sama sekali tidak dipungut biaya apapun (gratis). Jika telah selesai, nantinya kartu NPWP akan dikirim melaui Pos sesuai dengan alamat yang tercatat.

  • Melalui jasa ekspedisi atau Pos

Metode berikut ini bisa menjadi pilihan apabila lokasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) jauh dari tempat tinggal Anda. Caranya cukup datang ke kantor pos atau ekspedisi terdekat. Nanti petugas akan memberikan formulir registrasi dan membantu pengiriman berkas tersebut ke KPP. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan dokumen-dokumen persyaratan yang diminta.

Itulah tadi dua metode yang dapat Anda gunakan dalam cara mengurus NPWP baik untuk pribadi ataupun badan. Hal paling penting saat mengurus NPWP adalah melengkapi semua dokumen yang ada supaya pengurusan NPWP bisa berjalan cepat dan lancar.