Cara Mudah Membuat Daftar Belanja Bulanan Rumah Tangga

daftar kebutuhan rumah tangga

Membuat daftar belanja bulanan rumah tangga merupakan sebuah keharusan bagi Anda yang ingin mengatur keuangan. Tujuannya agar tidak ada pengeluaran untuk hal-hal yang menyebabkan boros, sehingga uang tetap aman sampai waktu gajian berikutnya. Berikut kami akan membantu Anda memutuskan belanja bulanan apa saja yang menjadi prioritas, bagaimana cara mengaturnya secara tepat sehingga setiap kebutuhan dapat terpenuhi.

Pekerjaan ini cukup menyita waktu dan memusingkan bagi para ibu rumah tangga. Apalagi sebelumnya mereka hanya tahu berbelanja tanpa mengatur keuangan dengan baik dan benar. Kalau salah hitung, bisa-bisa pengeluaran jadi membengkak dan tidak efisien. Jika membeli sesuatu yang sekedar keinginan saja malah akan menghabiskan anggaran untuk hal yang sebetulnya tidak penting.  

Tentukan Skala Prioritas

Merencanakan belanja bulanan dapat memberi banyak keuntungan. Mulai dari membentuk kedisiplinan membeli barang sesuai kebutuhan, serta menghemat anggaran rumah tangga. Hal ini penting dilakukan sedini mungkin kalau ingin mencapai tujuan finansial yang sudah direncanakan. Supaya lebih mudah, para ibu bisa membagi kebutuhan menjadi beberapa kategori penting. Silahkan perbaharui setiap bulannya, lebih bagus kalau dicek kembali stok barang yang tersedia apakah masih tersisa.

Karena tidak semua daftar belanja bulanan harus dibeli sekaligus, hal ini perlu dipahami agar pengeluaran dapat terjaga. Mungkin ada beberapa kebutuhan yang masih tersedia dan bisa dibeli bulan depan. Maka dari itu, cek terlebih dahulu barang-barang yang menjadi prioritas bulan ini.

Berikut merupakan daftar rincian belanja rumah tangga yang menjadi kebutuhan wajib. Bisa jadi referensi.

Belanja Sembako

Setidaknya ada beberapa bahan sembako yang wajib dibeli setiap bulan. Mulai dari minyak goreng, beras, susu, telur, sayur dan buah, gula, garam, daging sapi, hingga gas elpiji. Barang dan bahan pokok ini wajib masuk dalam daftar belanja, sangat mudah ditemukan di pasaran dan dijual dalam berbagai harga dan berat.  

Bumbu Dapur

Selain sembako, kebutuhan bumbu dapur juga dapat disesuaikan dengan pola makan sehari-hari. Kalau Anda sekeluarga senang makan-makanan pedas, maka dapat menyetok merica dalam jumlah banyak. Berikut ini daftar bumbu dan bahan masakan yang diperlukan:

  •       Gula merah
  •       Terasi
  •       Mentega
  •       Penyedap rasa
  •       Bawang putih
  •       Bawang merah
  •       Rempah-rempah
  •       Cabai

Perlengkapan Mandi dan Kebersihan

Jangan sampai lupa membeli peralatan mandi. Seperti shampo, sabun, odol, dan sikat gigi, kalau sudah banyak bercampur dengan air lebih baik diganti dengan yang baru. Sediakan sebelum habis, dan jangan tanggung-tanggung memilih ukurannya. Karena tidak dipakai sendiri Anda bisa membeli ukuran besar karena lebih hemat dan irit pengeluaran.

Lalu untuk perlengkapan kebersihan juga perlu disediakan. Anda bisa membeli pembersih kaca, semprotan desinfektan, sabun pel lantai, detergen, dan pewangi pakaian (optional).  Masukan kedua perlengkapan ini ke dalam daftar belanja bulanan rumah tangga kalau stoknya habis.

Obat-obatan dan Vitamin

Daftar belanja bulanan selanjutnya yang harus dibeli adalah vitamin dan obat-obatan. Ini  wajib dipenuhi apalagi selama musim pandemi tubuh kita harus tetap fit dan sehat. Anda dapat menyiapkan antiseptik, obat batuk, paracetamol, plester luka, obat herbal untuk masuk angin, vitamin C, vitamin D, dan vitamin lainnya yang dapat menguatkan tubuh.

Penunjang Barang Elektronik

Contohnya seperti baterai besar, AA, dan AAA yang biasa dipakai untuk remote AC dan televisi, water heater dan sebagainya. Anda perlu mengecek stoknya dulu sebelum memasukan penunjang barang elektronik dalam daftar belanja. Beli seperlunya saja, jangan kurang atau lebih.

Membuat Catatan

Catat segala kebutuhan yang Anda perlukan dalam satu bulan. Jangan lupa dibawa ketika pergi ke supermarket ataupun saat belanja online. Anda dapat membuat daftar belanja langsung untuk 1 bulan kedepan. Dengan mencatat, Anda dapat mengontrol diri untuk tidak membeli barang yang tidak perlu. Cukup beli bahan dan barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Belanja di Waktu yang Tepat

Anda dapat berkunjung ke supermarket di hari libur, hari minggu, atau di akhir bulan. Biasanya di waktu-waktu tersebut ada banyak promo dan diskon potongan harga dari supermarket yang menghemat pengeluaran. Kalau punya kupon belanja, Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan barang gratis. Supaya terhindar dari keramaian dan waktu yang terbuang karena mengantri kasir, datanglah pada jam-jam tanggung seperti setelah jam makan siang.  

Bandingkan Harga

Harga barang di toko kelontong, supermarket maupun situs belanja online memang tak sama. Kalau ingin menyesuaikan budget bulanan, silahkan bandingkan harga dari barang yang akan dibeli. Mudah kok, manfaatkan saja informasi yang tersebar di internet.

Siapkan Uang Belanja

Setelah mengetahui barang-barang yang dibutuhkan bulan ini, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan anggaran. Kalau ingin menghindari boros, Anda bisa menggunakan uang cash sebagai metode pembayaran.

Demikian cara mudah membuat daftar belanja bulanan rumah tangga yang hemat. Semoga membantu Anda dalam mengatur keuangan.