Cara Mudah Untuk Freelancer Mendapatkan Banyak Klien

Freelancer ternyata bisa menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan pada saat ini. Hal ini tidak lepas dari bebasnya freelancer untuk mengambil pekerjaan sebanyak mungkin. Jika memang mampu, pekerjaan sebagai freelancer cukup memberikan hasil yang terkadang lebih dari pekerja kantoran. 

Jika kamu adalah salah satu yang sekarang ini menjalani freelancer, maka sudah pasti ingin mendapatkan klien yang banyak. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan klien ini terkadang tidaklah mudah. Tapi, dengan beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini, kemungkinan mendapatkan klien yang banyak sangatlah tinggi. 

Cara Freelancer Mendapatkan Klien 

Freelancer adalah profesi pekerja lepas, dimana mereka tidak terikat dengan sebuah perusahaan atau instansi. Biasanya mereka bekerja dengan sistem orderan, yang mana ketika ada klien yang membutuhkan jasa mereka, freelancer akan mengerjakannya. Tentu saja sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh freelancer. Nah, jika kamu adalah seorang freelancer berikut ini cara mudah mendapatkan klien: 

Bangun Portofolio 

Cara pertama sudah pasti dengan membangun portofolio terlebih dahulu. Freelancer sangat banyak sekali bidangnya, misalnya kamu adalah freelance desain, maka portofolio yang harus kamu siapkan ada seputar desain. Semakin banyak kamu memiliki portofolio, maka semakin mudah untuk mendapatkan klien. 

Nah, jika kamu baru pertama kali terjun ke dunia freelancer, maka lebih baik menyiapkan terlebih dahulu semua hasil kerja. Baik hasil kerja selama kuliah atau magang pun sangatlah membantu sekali. Jika ada waktu luang, kamu bisa mengikuti beberapa event yang mungkin berhubungan dengan bidang yang kamu jalani. Dengan begini, portofoliomu akan semakin banyak dan orang akan percaya menggunakan jasa yang kamu tawarkan. 

Gabung dengan Platform Freelancer 

Cara selanjutnya agar kamu mudah mendapatkan klien adalah dengan bergabung dengan platform freelancer yang sekarang ini mudah sekali untuk ditemukan. Contohnya sekarang ada Fastwork, Sribulancer dan lain sebagainya. Dimana di platform ini kamu akan menemukan klien dengan berbagai projek yang sesuai dengan bidang yang dijalani. 

Kamu bisa menyebarkan portofolio yang telah kamu miliki dalam platform, kemudian menawarkan jasa kepada orang-orang yang membutuhkan jasamu. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mendapatkan klien dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, hasil kerja yang telah kamu lakukan pun bisa jadi portofolio baru. 

Menjaga Kualitas dan Kepercayaan 

Kebanyakan freelancer saat ini menggunakan cara kerja digital, dimana kamu tidak akan bertemu langsung dengan klien. Sehingga jika kamu ingin mendapatkan klien yang banyak, sudah pasti harus menjaga kualitas dan kepercayaan. Kualitas yang dimaksud adalah hasil pekerjaan yang sesuai dengan brief dan lain sebagainya. 

Kemudian, tetap menjaga kepercayaan dengan tidak melewati batas deadline yang telah ditentukan. Karena ketika klien senang dengan hasil kerja yang telah kamu berikan, mereka tidak akan ragu untuk menggunakan jasamu lagi dalam mengerjakan projek yang ada. Bahkan bisa menjadi klien tetap yang sangat menguntungkan kamu. 

Selalu Berkomunikasi dengan Baik 

Agar kamu bisa mendapatkan banyak klien sebagai seorang freelancer, maka menjaga komunikasi dengan baik sangatlah penting. Kamu harus selalu menjaga komunikasi yang baik dengan para klien, misalnya dengan memberikan progress pekerjaan, selalu menjawab pertanyaan mereka dan lain sebagainya. 

Dengan cara ini, maka kamu bisa memberikan hasil kerja yang baik dan tidak akan ada masalah. Apalagi jika kamu bekerja sebagai freelance yang memanfaatkan dunia online, sudah pasti komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan. Karena mereka membutuhkan cara serta hasil pekerjaan yang sudah pasti terbaik. 

Jalin Koneksi yang Luas 

Cara terakhir agar kamu bisa mendapatkan banyak klien meski menjadi seorang freelancer adalah dengan menjalin koneksi yang luas. Seorang freelancer tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau projek jika hanya menunggu saja. Kamu harus aktif menawarkan jasamu dimana saja dan sesuai bidang yang dijalani. 

Misalnya kamu adalah seorang freelancer fotografi, maka sudah pasti yang kamu butuhkan adalah memastikan bahwa kamu bergabung dengan komunitas fotografer. Dari sini kamu bisa menjalin hubungan baik bersama dengan fotografer lain. Jika ternyata hasil kerjamu disukai, maka mereka tidak akan segan memintamu untuk bergabung dengan projek mereka. 

Jadi, sudah terlihat bukan bagaimana mudahnya mendapatkan klien meski kamu adalah seorang freelancer. Perlu kamu tahu, bahwa pekerjaan sebagai freelancer ini tidak bisa dianggap remeh. Karena pada kenyataannya, pendapatan yang diperoleh pun bisa tinggi bahkan mengalahkan yang ada di instansi. 

Tapi, tentu saja kamu harus memastikan bahwa semua pekerjaan yang dijalankan memiliki hasil yang terbaik. Meski fleksibel karena kamu bisa bekerja kapan saja, tetap harus mementingkan profesionalitas yang tinggi. Karena kamu bekerja dengan orang lain yang jelas memiliki cara berpikir dan bekerja yang juga berbeda.