Cara Paling Efektif Meningkatkan Follower Instagram

Media sosial memainkan peran penting untuk kehidupan sehari-hari dalam beberapa dekade terakhir. Platform Instagram, Twitter dan Facebook dapat dihubungkan dengan baik dengan keluarga, teman dan orang-orang baru di semua belahan dunia. Tetapi, platform ini mempunyai manfaat lain yang bukan hanya tentang komunikasi saja. 

Instagram dan Facebook adalah instrumen yang paling berharga untuk pemilik korporat skala kecil hingga perusahaan besar guna mempromosikan informasi mengenai pelanggan baru, produk pasar, dan merek. Pertumbuhan platform ini sudah membawa perubahan besar pada pelaku bisnis yang menjalankan strategi pemasaran. 

Sebelum, bisnis dapat menjangkau pelanggan mereka hanya dengan beriklan di koran  dan  televisi lokal.  Saat ini, anak muda memperhatikan ponsel dari layar TV.  Dengan pesatnya perkembangan Instagram, banyak pengusaha yang menggunakan platform sosial media ini menjadi digital marketing untuk mempromosikan bisnis dan produknya. 

Oleh sebab itu, masih banyak pebisnis bertujuan untuk terus meningkatkan pengikut sosial media mereka, sebab semakin banyak pengikut yang mereka miliki di media sosial, semakin luas jangkauan mereka ke pelanggan potensial. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara supaya pemasaran secara online bisa menambah pengikut sosial media Anda secara efektif. 

  • Gunakan alat otomasi 

Cara mudah untuk memperoleh banyak pengikut di Instagram dengan sedikit usaha yaitu dengan memakai tools otomatisasi Instagram misalnya Social Drift untuk berinteraksi dengan pengikut Anda walaupun Anda sangat sibuk untuk melakukan hal tersebut. 

Tools otomatisasi Instagram tersebut bisa menentukan target pelanggan Anda, suka, dan komentar untuk posting terkait, serta mengikuti orang-orang yang berpengaruh guna membangun interaksi online secara  24 jam. 

Tools ini sering kali menjadi cara yang sangat efektif untuk membuat merek Anda terlihat ketika bisnis Anda tidak mempunyai sumber daya untuk mencurahkan stafnya ke pemasaran sosial media. Alat otomatisasi menggunakan kecerdasan buatan ini guna mengoptimalkan kegiatan  dan menumbuhkan pengikut secara organik.

  • Buat caption 

Salah satu strategi pemasaran terbaik dapat terlibat lebih banyak berinteraksi dengan pengguna seperti menceritakan kisah melalui konten. Hindari mengunggah video atau gambar tanpa menjelaskan postingan tersebut dan memberikan konteks pada pengikut Anda. Pengguna tidak didorong untuk menghabiskan banyak waktu di akun Anda atau berinteraksi dengan Anda di komentar, tetapi dengan menulis penjelasan yang terperinci dan terperinci, Anda bisa menginspirasi percakapan dan berbagi ide baru. Atau Anda dapat terhubung dengan pengikut Anda. 

Misalnya, bila Anda merupakan sebuah perusahaan katering yang akan menjual layanan catering, posting video di dapur Anda yang menjelaskan hidangan yang dimasak koki Anda dan bahan-bahan yang Anda gunakan. Pengguna lebih tertarik terhadap proses memasak dan suka mengomentari konten Anda. 

Selain itu, pengguna juga akan membagikannya dengan teman-teman lain yang merasa tertarik dengan konten Anda, dan teman-teman juga berhubungan dengan Anda. Menceritakan kisah melalui post merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pengikut baru dan terhubung dengan pengguna Anda.

  • Melakukan interaksi dengan pengikut yang mempunyai pengaruh besar 

Cara yang tepat untuk menarik orang-orang untuk melihat merek Anda yaitu terlibat dengan para anggota komunitas yang Anda pasarkan. Seperti, bila Anda menjalankan bisnis kecil yaitu menjual perlengkapan binatang peliharaan, cari pengguna Instagram yang senang dengan perawatan binatang peliharaan dan akun yang memposting gambar hewan peliharaan Anda. 

Dengan cara yang satu ini, Anda dapat mengakses profil nya dan membuat pengguna target audiens yang terlibat dalam konten mengetahui Anda.  Influencer tersebut tidak harus menjadi pakar industri. Untuk itu, Anda harus menjadi anggota komunitas sehingga mereka mempercayai Anda.  

  • Manfaatkan #hastag 

Cara yang tepat untuk menentukan pengguna yang secara signifikan mengidentifikasi merek  yaitu  mengikuti tren pertumbuhan Hashtag. Hashtag merupakan kata yang dipakai orang di sosial media untuk mengelola konten terkait serta terhubung dengan sebuah komunitas. 

Di Instagram, orang-orang memakai hastag menjadi alat untuk mendapatkan konten yang diperlukan. Menjadi orang pemasaran, Anda bisa memakai tagar untuk mendapatkan ide atau pengikut baru. Ketika Anda menemukan tagar yang akan mulai menyebar, Anda bisa mengembangkan konten yang terkait dengan hashtag  serta memakainya untuk mendapatkan pengikut lebih banyak. 

  • Promosi di sosial media lain 

Cara pasti untuk meningkatkan lalu lintas di akun Instagram yaitu dengan mempromosikan nya di platform misalnya Twitter, TikTok dan Facebook. Saat ini, banyak orang memakai sosial media tersebut untuk menggantikan media cetak yang dipakai untuk membaca. Ini adalah peluang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial.  

Posting ke platform sosial media lain dan dorong oran-orang untuk memeriksa akun Instagram Anda. Anda juga dapat mengikuti akun Instagram yang memiliki pengaruh untuk menawarkan diskon kepada pengikutnya. 

Demikianlah beberapa cara efektif untuk meningkatkan follower instagram Anda. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda.