Cara Pengajuan KPR BCA Beserta Besaran Bunganya

bunga KPR BTN

KPR atau singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, merupakan program kredit untuk transaksi pembelian rumah entah itu lewat pengembang ataupun bank. KPR sendiri pada prosesnya yakni pengaju harus membayar uang muka lalu sisanya dilunasi dengan cara mencicil. Salah satunya program kredit rumah yang dimiliki bank BCA atau biasa disebut dengan KPR BCA.

Cara mengajukan KPR BCA cukup mudah, selain itu keuntungan membeli hunian lewat sistem KPR yaitu tidak perlu lagi menunggu lama untuk Anda bisa menabung sampai uang berhasil terkumpul guna membeli sebuah hunian. Dengan KPR Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah DP atau uang muka yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia kredit.

Jika Anda sudah membayar uang muka, maka rumah yang ingin Anda huni sudah bisa didapatkan. Bank BCA merupakan salah satu bank penyedia program KPR terbaik khususnya di Indonesia. Sebelum memutuskan untuk mengambil program KPR dari BCA Anda perlu mengetahui tentang bunga KPR BCA dan lain sebagainya, untuk itu simak dahulu penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa sih KPR BCA itu ?

KPR BCA sendiri adalah sebuah sistem kredit rumah yang diselenggarakan oleh perusahaan perbankan BCA, gunanya sebagai media transaksi pembelian rumah bekas dan baru, dan digunakan untuk renovasi hunian atau kebutuhan lain yang berkaitan dengan kepemilikan rumah. KPR bank BCA sendiri terdiri dari berbagai pilihan sesuai dengan suku bunga. Proses persetujuan berkas pengajuan bisa berlangsung hingga satu sampai dua minggu.

Syarat Mengajukan KPR di Bank BCA

Seluruh produk terkait perkreditan pastinya mempunyai  syaratnya masing-masing dan wajib dipenuhi oleh pemohon, dan proses pengajuan bisa diproses dengan cepat. Untuk syarat KPR BCA antara lain :

  •         Pemohon merupakan WNI yang berusia minimal 12 tahun, serta penghasilan perbulannya minimal 5 juta rupiah
  •         Harga hunian minimal 312 juta dengan melakukan pengajuan pinjaman paling sedikit 250 juta
  •         Jangka waktu sekitar satu tahun sampai 20 tahun
  •         Plafon pinjamannya sekitar 250 juta sampai 5 miliar
  •         Bersedia untuk membayar uang appraisal di awal, dan jika pengajuan Anda ditolak maka biaya ini akan secara otomatis hangus.
  •         Jumlah cicilannya maksimal 1/3 dari pendapatan bulanan, dan boleh jumlah dari gabungan pendapatan istri dan suami
  •         Mau menandatangani sebuah perjanjian kredit dari pihak APHT
  •         Pembayaran cicilan dilakukan dengan cara autodebet lewat rekening BCA pengaju
  •         Syarat KPR BCA dengan batas maksimal usia pemohon ketika kredit berakhir yakni 55 tahun bagi yang berprofesi sebagai karyawan serta 60 tahun bagi pengusaha.
  •         Menyerahkan agunan berupa surat tanah seperti Strata Title/ SHM/ SHGB, fotokopi PBB paling baru, fotokopi IMB, serta rincian dana renovasi apabila Anda akan menggunakan untuk keperluan renovasi hunian.
  •         Mengisi form pengajuan KPR sebagai syarat KPR BCA

Beberapa Dokumen yang Dibutuhkan

KPR BCA

Kelengkapan dokumen tentu sangat dibutuhkan untuk bisa

Cara mengajukan KPR BCA tentu memerlukan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk dapat memperlancar permohonan. Berbagai dokumen tersebut sebagai berikut :

  •         Pengusaha : Menyiapkan fotokopi identitas diri seperti KTP istri dan suami, fotokopi kartu keluarga dan akte nikah, fotokopi tabungan sekitar tiga bulan terakhir, fotokopi SIUP dan NPWP, dan fotokopi akta mendirikan CV atau PT
  •         Karyawan : Menyiapkan fotokopi identitas KTP istri dan suami, slip gaji dalam 1 bulan terakhir, fotokopi akte pernikahan serta kartu keluarga, fotokopi rekening tabungan dalam tiga bulan terakhir serta surat bekerja dari suatu perusahaan.
  •         Professional : Menyiapkan fotokopi identitas KTP istri dan suami, fotokopi tabungan hitungan tiga bulan terakhir, fotokopi akte pernikahan beserta kartu keluarga, fotokopi izin praktek dan NPWP

Bentuk Suku Bunga

Jika sudah memahami cara mengajukan KPR BCA selanjutnya Anda perlu mengetahui jenis suku bunga sebagai berikut :

  •         Fixed satu tahun pertama yakni 9,25 persen lalu di tahun kedua sampai berikutnya dikenakan bunga KPR BCA berupa floating tiap enam bulan sekali berdasarkan bunga yang berlaku. Tidak dikenakan penalti jika Anda ingin melunasi kredit dengan cepat.
  •         Fixed dua tahun pertama yakni 9,5 persen lalu di tahun keempat sampai seterusnya nasabah akan dikenakan bunga mengambang tiap enam bulan berdasarkan suku bunga yang diberlakukan di bank BCA.  Tak ada beban penalti jika nasabah melakukan pelunasan lebih cepat.
  •         Fixed tiga tahun pertama yakni 9,5 persen lalu di tahun keempat sampai seterusnya dikenakan bunga mengambang tiap enam bulan sekali berdasarkan bunga yang ada di BCA, dan biaya penalti sebesar 1 persen jika nasabah melunasi lebih cepat.
  •         Fixed lima tahun, besaran bunga KPR BCA tetap 10 persen untuk 60 bulan. Apabila tenor yang diambil lebih dari 60 bulan, suku bunga berikutnya dikenakan bunga mengambang enam bulan sekali berdasarkan bunga yang berlaku di bank BCA. Denda akan dikenakan sekitar 2 persen jika nasabah melunasi lebih cepat.

Dengan mengetahui bunga KPR BCA serta ketentuan dan persyaratan lainnya. Dengan begitu Anda dapat lebih mudah mengambil program KPR BCA sesegera mungkin dan bisa mewujudkan impian Anda memiliki hunian yang diidamkan.