Cara Perpanjang SKCK dan Persyaratannya

Banyak orang yang beranggapan kalau di Indonesia sendiri untuk kebutuhan administrasi masih terbilang lambat dan rumit untuk melakukannya. Terutama dalam proses pembuatan dan perpanjang SKCK atau dikenal surat keterangan catatan kepolisian ini. Padahal untuk proses perpanjangan itu sendiri sangat mudah dan cepat untuk melakukannya secara menyeluruh. 

Pada tahap ini kami akan mengulas mengenai skck adalah bagian penting untuk mengurus beberapa kebutuhan dan kepentingan, dan menjelaskannya secara lengkap dan menyeluruh. Melalui kesempatan ini kami akan mengajak Anda untuk mengulas dan membahasnya. Untuk informasi secara lengkap dan jelasnya, simak penjelasannya berikut ini secara langsung. 

Memahami Perpanjangan Atas SKCK 

Jika Anda menginginkan proses untuk perpanjangan SKCK itu ada dua kemungkinan untuk melakukannya, karena SKSK sudah memasuki masa tenggang atau kadaluwarsa. Pada tahap ini Anda harus melakukan dan mengatur semuanya secara jelas dan lengkap. Karena perlu dipahami bersama-sama kalau SKCK itu hanya berlaku selama 6 bulan saja. 

Sebenarnya waktu 6 bulan itu sejak pertama kali diterbitkan, maka prosesnya bisa langsung untuk diperpanjang dan dilakukan secara menyeluruh. Pada tahap ini Anda bisa melakukan proses SKCK yang masih berlaku dan kurang dari setahun, maka SKCK tersebut masih bisa diperpanjang. Tetapi apabila SKCK itu sudah lebih dari setahun, maka diwajibkan untuk membuat SKCK baru. 

Tetapi pada saat pengurusan SKCK tersebut, maka prosesnya mengenai syarat dan ketentuannya hampir sama saja dan tentunya harus dipahami dan tidak perlu khawatir. Dengan demikian membuat Anda akan bisa menentukan dan menyesuaikannya berdasarkan dari kebutuhan masing-masing untuk melakukan dan mendapatkan SKCK yang baru tersebut. 

Syarat Perpanjang SKCK 

SKCK adalah kebutuhan penting untuk beberapa pendukung administrasi, di Indonesia sendiri SKCK diperuntukkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, untuk penerimaan kerja dan sebagainya. Untuk itu apabila Anda menginginkan proses pembuatan dan perpanjangan akan sangat mudah untuk dilakukan dan langsung saja ke kantor polisi terdekat rumah Anda tersebut. 

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi dan dibutuhkan secara menyeluruh, simak ulasannya secara lengkap dan jelas. Apalagi proses perpanjang SKCK sangat mudah dan tidak begitu sulit untuk dilakukan, tentunya ini menjadi poin penting yang harus Anda pahami secara menyeluruh. Karena beberapa syarat yang diberikan tidak begitu ribet dan sulit untuk mendapatkannya. 

Pada tahap ini pertama-tama Anda harus meminta surat pengantar terlebih dahulu dari pihak kelurahan untuk proses perpanjangannya tersebut. Tetapi ada beberapa polda/polres/ polsek tidak lagi membutuhkan surat keterangan langsung dari kelurahan. Dengan demikian Anda bisa langsung terlebih dahulu memastikan atau bertanya pada pihak kepolisian untuk proses tersebut. 

Beberapa syarat yang harus dimiliki Anda harus menyertakan SKCK lama baik asli dan fotokopi tetapi apabila semuanya hilang Anda harus agak lebih ribet untuk mengurusnya. Selanjutnya Anda tinggal membawa fotokopi Kartu keluarga (KK),  fotokopi KTP atau SIM yang pastinya masih berlaku, fotokopi akta kelahiran, dan fotokopi ijazah terakhir, tidak lupa juga untuk melampirkan foto sebanyak 4 lembar ukuran 4×6.

Untuk kebutuhan foto sendiri lengkapi juga dengan ukuran foto 3×4 dan pastikan Anda memiliki stok foto cetak yang banyak. Pada pemilihan backgroundnya biasanya diminta latar merah dan harus berpakaian rapi dan sopan. 

Cara Perpanjang SKCK

syarat perpanjangan SKCK

Pada tahap ini kami akan memberikan penjelasan mengenai proses perpanjangan SKCK yang dapat Anda pahami dan ketahui, karena SKCK adalah bagian penting untuk mengurus beberapa kepentingan. Berikut ini prosesnya yang bisa Anda pahami dan lakukan.

1. Langsung Ke Kantor Polisi

Untuk mendapatkan dan proses pengurusan SKCK ini langsung menuju kantor polisi terdekat dari rumah Anda, tetapi Anda harus datang langsung ke Polda, Polres, atau Mabes Polri untuk kebutuhan ini. 

2. Teleti Dokumen 

Pastikan sebelum berangkat ke kantor kepolisian dan sudah mengambil nomor antrian, tetapi Anda tidak menemukan dan memperhatikan kekurang dokumen yang ada. Untuk itu lebih baik sebelum berangkat teliti dahulu semua dokumennya dan pastikan sudah lengkap semuanya.

3. Menyerahkan Berkas dan Isi Formulir 

Apabila proses dokumen sudah lengkap, maka tahap berikutnya tinggal menyerahkannya dan Anda akan langsung diminta untuk mengisi formulir yang telah disiapkan pihak kepolisian. 

4. Pembayaran dan Pengambilan 

Pada tahap ini Anda tinggal menyerahkan formulirnya tersebut dan membayar 30 ribu rupiah dan tinggal menunggu saja untuk proses perpanjangan SKCKnya tersebut. 

Dalam tahap ini sebenarnya proses perpanjang SKCK jauh lebih mudah untuk dilakukan dan tidak lagi membutuhkan sidik jari untuk proses pengurusannya. Apabila Anda sudah melakukan perpanjangan tidak lupa untuk langsung minta legalisir. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai perpanjang SKCK yang dapat Anda pahami dan ketahui secara menyeluruh. Untuk biaya nya sendiri biasanya Anda tinggal membayar biaya perpanjangan, cetak foto, dan fotokopi saja. Kira-kira habis 80 sampai 100 ribu rupiah untuk keseluruhannya.