Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri

Cara untuk mengajukan pinjaman uang pada Bank Mandiri guna usaha mempunyai syarat yang wajib dipenuhi sebelum pinjaman tersebut disetujui. Hal yang paling utama sudah pasti usia Anda setidaknya adalah 21 tahun serta sudah berkeluarga, walau tidak menutup kemungkian Anda masih lajang pun juga akan bisa mendapatkan pinjaman. Kemudian batas usia maksimal, yaitu 60 tahun.

Syarat pengajuan

Apabila belum pernah memperoleh fasilitas kredit ataupun sudah pernah mendapatkan fasilitas kredit dan kolektibilitasnya lancar dan tidak pada kondisi bermasalah. Usaha tersebut sudah harus berjalan setidaknya 2 tahun pada lokasi serta sektor usaha yang serupa.

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi :

  • Salinan KTP calon peminjam
  • Salinan KTP milik pasangan calon peminjam
  • Salinan KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Nikah (untuk yang sudah menikah) atau akta cerai (bila sudah cerai),
  • NPWP
  • SKU Desa atau Kelurahan dan SIUP
  • Salinan buku rekening atau Mandiri TabunganMU a.n calon peminjam.
  • Bila semua syarat telah terpenuhi, Anda cukup mendatangi cabang terdekat. Setelahnya, hanya tinggal mengikuti arahan petugas bank mengenari alur peminjamannya.

Apabila Anda lolos screening, ada kemungkinan bila pengajuan Anda disetujui dan dapat dicairkan dalam 14 hari selama jam operasional kerja, bahkan ada juga yang hanya satu hari.

Simulasi KUM

Anggaplah Anda telah mengajukan pendaftaran sebagai calon nasabah KUM, Anda membutuhkan dana pinjaman dengan nominal 50 juta rupiah. Asumsinya adalah dengan adanya suku bunga flat per tahun, yaitu 12% dan tenor selama tiga tahun.

Pertama, Anda harus mendapatkan dulu nilai dari bunga per tahunnya, yaitu 6 juta rupiah. Dengan tenor 3 tahun dikalikan 3 dan jumlah utang bunga adalah 18 juta rupiah. Dengan begitu, jumlah utang Anda menjadi 68 juta rupiah (pokok pinjaman + total dari utang bunga).

Kemudian ada pula syarat agar bisa lolos, yaitu penghasilan Anda minimal adalah 2 juta rupiah per bulan dimana setiap iuran akan di proses dengan durasi 7 (tujuh) hingga 14 (empat belas) hari kerja.

Ada juga ketentuan lain yang nantinya akan dibebankan kepada Anda, yaitu biaya rekening dengan nominal RP 10.000 setiap bulannya. Untuk penalti, akan dikenakan sebesar 1% dari sisa pinjaman dengan catatan nantinya akan dilunasi di awal.

Tips supaya pinjaman disetujui

Pinjaman pada lembaga keuangan atau bank lain akan disetujui apabila Anda bisa lolos dari persyaratan serta kelengkapan dokumen. Namun, ada juga faktor lain yang memengaruhi pihak perbankan dalam hal menyetujui pengajuan pinjaman nasabah.

Pastikan dokumen dan syarat lengkap

Supaya pengajuan Anda bisa diterima dan disetujui tentunya seluruh persyaratan yang diminta harus lengkap dan sesuai. Karena pada saat proses screening, pihak bank akan memeriksa kualitas Anda sebagai calon peminjam.

Misalnya saja seperti, harus WNI dengan minimal usia 21 tahun bagi karyawan dan maksimal 60 tahun bagi wiraswasta. Dokumen yang harus dipenuhi, seperi KTP, NPWP, Sertifikat dan lain sebagai jaminan.

Pinjamlah sesuai dengan kemampuan

Bila semua syarat serta dokumen telah terpenuhi, Anda harus memastikan bila nantinya dapay membayar dan tidak ada keterlambatan. Jadi, sebaiknya hitunglah terlebih dahulu penghasilan Anda agar tidak membebani arus ekonomi pribadi Anda.

Ingatlah untuk selalu membayar tepat waktu, karena hal ini berhubungan dengan track record yang Anda miliki. Bila sampai telat membayar, poin kredit Anda akan jelek.

Jagalah hubungan dengan bank

Selama dalam proses screening untuk pengajuan pinjaman, Anda akan dihubungi oleh pihak bank. Tujuannya untuk memberikan kabar apabila proses pengajuan serta validasi dokumen tengah diproses. 

Supaya pengajuan Anda bisa segera dicairkan dan tidak ditolak, maka jangan sampai Anda menolak panggilan telepon dari mereka. Intinya Anda harus responsif serta menjaga hubungan dengan baik kepada pihak bak. Kemudian, pastikan jika Anda tidak mengganti nomor.

Jangan sampai Anda masuk black list

Apakah Anda pernah mendengar istilah black list? Ini dimaksudkan adalah ketika nama Anda masuk dalam daftar hitam di BI. Karena jika sudah masuk pada daftar tersebut dapat dipastikan bila Anda akan sulit mendaptkan pinjaman.

Untuk informasi, BI memiliki catatan mengenai sejarah pinjaman dari para nasabah yang ada diseluh bank di Indonesia dan masuk dalam SID. Dimana semua perbankan akan dapat mengakses data tesebut guna memastika bila calon peminjamnya bersih.

Apabila Anda memiliki riwayat yang buruk dengan tidak membayar cicilan secara tepat waktu, maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan pengajuan dimanapun. Seandainya lolos pun pencairannya cukup kecil.

Buktikan kredibilitas Anda sebagai calon debitur

Hal ini sangatlah penting, Anda harus memastikan bila memiliki track record yang baik dan tidak sedang dalam masalah kredit pada lembaga perbankan. Karena ini akan menjadi sebuah penilaian yang sangat krusial.