Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

ternak bebek

Ingin dapat untung besar dari ternak bebek? Anda bisa mencoba beternak bebek petelur di rumah, dijamin bisnis ini akan menghasilkan keuntungan besar. Jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas, maka bisa dimanfaatkan untuk tempat beternak bebek petelur. Bisnis ini tidak butuh modal besar, tapi bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan.

Usaha budidaya bebek petelur sebenarnya cukup mudah, apalagi proses perawatannya tidak terlalu ribet. Simak penjelasan berikut jika tertarik mencobanya!

Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula di Rumah   

peluang ternak bebek   

Bagi Anda yang mau fokus menjalankan bisnis budidaya bebek dan ingin menghasilkan banyak keuntungan, maka langkah berikut harus dipelajari dan diterapkan dengan maksimal. Langkah-langkah beternak bebek dimulai dari menyiapkan lokasi ternak, proses pembibitan, perawatan dan pemeliharaan, hingga panen telur bebek.

Bagi mereka yang mengetahui tata cara beternak bebek yang baik tentu akan sangat diuntungkan. Apalagi, jenis kegiatan ini termasuk sederhana dan tidak melalui banyak proses. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah budidaya bebek yang harus diketahui:

Siapkan Lokasi Ternak

Hal pertama yang harus disiapkan dalam menjalankan usaha ternak ini adalah tempat atau kandang. Kandang menjadi kebutuhan penting bagi bebek karena seperti manusia, hewan ini juga membutuhkan rumah untuk berteduh. Untuk urusan kandang bebek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  •       Membersihkan kotoran  dan memeliharanya secara rutin.
  •       Usahakan kandang bebek petelur selalu dalam kondisi kering.
  •       Bebek akan gelisah jika melihat hewan lain, jadi pastikan Anda menutup dinding utama kandang.
  •       Suhu kandang sebaiknya berada di angka 35-40 derajat celcius dengan kelembaban udara sekitar 60%.
  •       Tempat minum dan makan yang selalu bersih.
  •       Memiliki pencahayaan yang cukup.
  •       Ukuran ideal kandang 1 m2 hanya ditempati 2 ekor bebek agar mereka tidak berdesakan saat berada di dalamnya.
  •       Ada ruang yang cukup untuk digunakan pada saat memanen telurnya.
  •       Tinggi kandang harus ideal supaya Anda tidak kesulitan saat mengurus ternak.
  •       Membuat kandang dari bahan bambu, dinding tembok, maupun waring.

Beberapa poin di atas sebaiknya diterapkan semaksimal mungkin karena baik bagi ternak. Pekerjaan Anda juga lebih mudah, sehingga meningkatkan produktivitas.

Pilih Bibit Bebek Petelur Unggul

Setelah menyiapkan kandang bebek, saatnya memilih bibit petelur unggul yang akan diternak. Jangan sembarang memilih bibit bebek pedaging, dan pilihlah bebek yang sudah siap bertelur atau yang masih kecil. Beli kedua jenis bebek petelur ini ketika memulai usaha. Perhatikan hal-hal berikut ketika memilih bibit bebek dewasa:

  •       Tubuh bebek ramping dan tidak gemuk.
  •       Perhatikan bagian lehernya, pilihlah bebek yang memiliki leher panjang, bulat, dan kecil.
  •       Bibit bebek petelur unggul mempunyai mata bersinar, kepala kecil dan kaki yang kokoh.
  •       Perhatikan bulu dan sayap bebek. Apakah terasa halus, lembut, dan tersusun rapi di pangkal ekor dan ujung sayapnya.

Merawat Bebek

Cara ternak bebek selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Sukses tidaknya usaha yang dijalankan sangat ditentukan oleh tahap ini. Anda harus bisa merawat bebek dengan baik agar perkembangannya juga baik. Dalam tahap ini, pastikan sudah melakukan hal berikut:

  •       Mencegah bebek besar menyakiti bebek kecil, sebaiknya kelompokkan bebek berdasarkan ukuran.
  •       Tempatkan bebek di kandang bersih.
  •       Rutin membersihkan kandang bebek.
  •       Pastikan makanan dan minuman bebek tercukupi.
  •       Memberikan nutrisi tambahan yang bisa membantu perkembangan bebek.
  •       Mengobati bebek yang sakit.

Perlu diingat, hewan ternak ini membutuhkan asupan nutrisi dan jenis makanan yang berbeda-beda sesuai dengan usianya. Lakukan hal terbaik selama proses perawatan bebek, dengan demikian Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Panen Telur Bebek       

Saat yang paling dinantikan dalam proses ternak adalah masa panen. Anda bisa memanen hasil dari bebek petelur untuk mendapat keuntungan. Untuk memudah pekerjaan, saat proses panen Anda dapat mengeluarkan bebek dari kandang. Umumnya bebek petelur akan memproduksi telur di umur 6 bulan. Dan untuk jenis telur yang dihasilkan pun ada dua macam, yaitu telur tetas dan telur konsumsi.

Jika ingin memanen telur konsumsi, maka jangan campurkan bebek betina dan jantan dalam satu kandang. Waktu yang tepat untuk memanen telur yaitu pada pukul 06.00-07.00 pagi karena di jam tersebut para bebek sudah selesai bertelur. Anda juga bisa memproses telur bebek menjadi telur asin untuk menambah nilai jualnya.

Konsisten          

Cara ternak bebek petelur yang terakhir adalah konsisten dalam bekerja. Meskipun terlihat mudah dan bisa dilakukan semua orang, nyatanya tidak sedikit juga dari mereka yang mengalami kegagalan. Dalam prosesnya, Anda membutuhkan semangat dan konsistensi luar biasa supaya pekerjaan ini menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

Dan sekian informasi tentang panduan ternak bebek petelur untuk pemula yang ingin mencoba usaha menjanjikan satu ini. Terimakasih sudah menyimak artikel kami hingga selesai, semoga bermanfaat dan membantu Anda.