Cara Ternak Kambing Modal Rp 10 Juta

ternak kambing

Ternak kambing salah satu usaha yang terbilang menjanjikan. Dikarenakan minat dari masyarakat terhadap hewan ini masih banyak.Sebelum kita membahas tentang Ternak kambing, kita akan memberikan berbagai informasi penting seperti keuntungan dan kerugian, Cara ternak kambing, maupun modal yang wajib untuk dipersiapkan.

Keuntungan dari ternak kambing

Pastinya dalam hal peternakan hewan selalu ada tentang keuntungan dan kerugian, begitu pula dengan peternakan kambing pasti mempunyai keuntungan maupun kerugian dalam berternak. 

Ini adalah beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan, yaitu:

1. Biaya pemeliharaannya murah

Hal ini sangat penting bagi kita dikarenakan biaya peternakan kambing lebih murah dari

pada peternakan sapi karena, kambing bisa hanya diberi makan seperti rumput saja. Tidak seperti halnya peternakan sapi yang membutuhkan pakan yang cukup mahal.

2. Panennya cepat

Apabila Kita rawat dan juga pelihara dengan baik, panen kambing bisa dilakukan dengan cepat sampai Kita bisa memperoleh kisaran 25 anak kambing hanya bermodalkan 3 betina dan 2 jantan untuk peternakan kambing.  Dan juga kambing bisa dijual jika sudah berumur 8-12 bulan.

3.Pasarnya luas

Pasarnya luas dikarenakan banyaknya warung makan hingga restoran yang menyajikan berbagai olahan dari kambing. Apalagi di acara seperti akikah maupun hari raya yang mewajibkan berkurban kambing, maka dari itu apa salahnya untuk memulai bisnis ini. Tentu saja usaha tersebut akan menghasilkan keuntungan bagi Kita.

Kerugian dalam berternak kambing 

peluang ternak kambing

Ini adalah beberapa kerugian yang biasa terjadi oleh para kalangan peternak.

1. Mudah terserang penyakit 

Kambing salah satu hewan yang rentan terkena penyakit. Salah satunya terjangkit flu dan cacingan. Cacingan biasanya terjadi akibat pakat yang tidak higienis, sedangkan flu disebabkan karena perubahan cuaca.

2. Bau kambing yang menyengat

Kerugian peternak kambing biasanya banyak penolakan dari sekeliling Peternakan kambing, dikarenakan bau dari kambing yang menyengat dapat mengganggu penciuman dari masyarakat di sekitar.

Oleh karena itu, Kita harus memilih lokasi yang agak jauh dari pemukiman, untuk menghindari penolakan.

Cara ternak kambing yang menguntungkan

Cara ternak kambing dalam Peternakan kambing dari keuntungan sangat menggiurkan apabila dijadikan sebuah peluang usaha. Akan tetapi banyak dari Kita tidak menyadarinya. Berikut adalah hal yang harus Kita persiapkan untuk ternak kambing.

1. Siapkan lahan

Pertama tentu saja dengan mencari lahan terlebih dahulu. Cari lahan yang berada sedikit jauh dari pemukiman dengan jarak ideal kisaran 10 meter, agar tidak mengganggu warga sekitar karena bau kambing yang menyengat.

2. Membuat kandang kambing

Kandang kambing sekarang biasanya berbentuk seperti rumah panggung, dalam artian kandang tidak langsung menyatu dengan tanah. Kandang kambing materialnya didominasi oleh bahan kayu. Lalu untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dari jumlah kambing yang ada, biasanya per ekor kambing yang sudah dewasa dibutuhkan ruang berkisar 1,5x,1,5 Meter.

3. Pilih bibit kambing

Peternakan kambing biasanya memilih bibit ideal dengan usia 8 bulan sampai 1 tahun. Pilihlah bibit kambing yang cocok dengan bujet Anda. Biasanya ternak kambing yang berskala kecil yang ideal mempunyai 3 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan.

4. Memilih pakan kambing berkualitas 

Kita tidak perlu pusing karena pakan kambing sangat lah simpel, mereka akan makan apa saja tumbuh-tumbuhan hijau, terutama rumput, daun turi, daun singkong, maupun sisa sayuran. Sebelum Kita berikan pakan ke kambing.

Pastikan terlebih dahulu jika tumbuh-tumbuhan tersebut dijemur kisaran 2 jam supaya mengurangi kemungkinan untuk racun menempel pada pakan.

Selain pakan yang disebutkan di atas, kambing juga harus diberi vitamin maupun konsentrat supaya mempercepat penggemukan.

5. Pengembangbiakkan

Mengembangbiakkan kambing biasanya dilakukan dengan cara mengawinkan kambing jantan dan betina. Kambing yang siap kawin biasanya berumur 12.

Untuk mengetahui kambing yang siap kawin, Kita harus memperhatikan tanda-tanda dari fisik kambing tersebut. Kebanyakan kambing yang siap untuk dikawinkan terkadang sering menggerakan ekornya, terlihat gelisah, dan nafsu makan yang berkurang.

Setelah memperhatikan tanda tersebut, mulailah untuk menyatukan kambing jantan dan betina di satu kandang supaya kambing bisa melakukan proses perkawinan. Waktu masa kandungan untuk kambing betina berkisar 5-6 bulan lamanya.

6. Masa panen

Kambing biasanya dijual dan dipotong jika berusia sudah satu tahun. Dan juga harga kambing biasanya beragam, mulai dari kisaran seperti 1,8 juta rupiah hingga sampai 3 juta rupiah atau bahkan bisa lebih dari harga tersebut dikarenakan besar kecilnya ukuran dari tubuh kambing dan juga jenisnya.

Ternak kambing dengan bermodal 10jt 

Jika Anda ingin mencoba untuk melakukan perhitungan tentang berapa modal untuk melukakan Cara ternak kambing yang wajib dipersiapkan untuk membuat peternakan kambing kecil. Dengan kambing yang berjumlah 5 ekor. Maka dapat kita Hitung seperti di bawah ini:

  • Harga bibit Kambing yang berusia 3-5 bulan 600 ribu per ekor maka totalnya 3 Juta rupiah.
  • Kandang modern berukuran 2×2 meter seharga 3 juta rupiah.
  • Harga pakan per bulan seharga 1 juta rupiah
  • Vitamin dan obat cacing perbulan seharga 1 juta rupiah.
  • Biaya untuk pegawai jika ada kisaran 1 juta rupiah
  • Biaya lain seperti listrik, kebersihan, dll dengan kisaran 1 juta rupiah.

Jika ditotalkan biaya untuk Ternak Kambing berkisar 10 juta rupiah saja. Akan tetapi estimasi biaya tersebut masih dalam hitungan kasar. Dengan Anda yang sudah memiliki lahan sendiri. Jika Anda tidak atau belum mempunyai dan akan berencana untuk menyewa, bisa saja modal untuk beternak kambing akan bertambah dari perhitungan di atas.