Cari Tahu Manfaat Networking dan Cara Untuk Membangunnya

Networking merupakan poin yang sangat penting di dalam dunia pekerjaan. Terutama untuk mengembangkan karir Anda. Walaupun demikian, masih banyak orang yang mengecil kan peranan yang yang satu ini. Harus Anda ketahui kak jaringan relasi yang terhubung dengan baik, mempunyai banyak manfaat.

Contoh yang ada seperti hubungan dengan teman di kantor. Bukan lagi menjadi hal yang mustahil, jika nanti terdapat hubungan yang bisa saling menguntungkan. Lalu, apa itu networking? Apakah hanya pertemanan professional? Nah, daripada anda bingung mari simak ulasannya berikut ini.

Apa itu networking?

Dikutip dari Investopedia, networking merupakan jaringan yang bisa terbentuk karena sering bertukar ide atau informasi dengan teman sekantor. Biasanya hal yang satu ini bisa terbentuk di lingkungan sosial dan dimulai dari kesamaan. Contohnya saja, mempunyai hobi yang sama lalu tergabung di satu grup yang sama.

Poin yang paling penting dapat diambil dari ulasan di atas yaitu, umumnya networking digunakan untuk kalangan profesional guna memperluas jaringan relasinya. Biasanya untuk mengetahui berbagai tren, informasi, hingga mencari peluang kerja. Sedangkan untuk para pemilik bisnis, networking ini bisa menjadi manfaat untuk mengembangkan semua usahanya untuk masa depan. Jaringan ini membantu para pebisnis untuk membangun kepercayaan dan hubungan di komunitasnya.

Sehingga, sukses nya networking bisnis ditandai dengan kuatnya komunikasi antar para pebisnis. Mereka pun selalu bertukar ide atau informasi penting yang tidak mereka dapatkan di luar koneksi bisnis tersebut. Sekarang sudah banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan koneksi dengan profesional, seperti bergabung di komunitas online dan mencari berbagai informasi maupun minat. Dengan demikian jaringan yang Anda bangun juga semakin luas. Bukan hanya di dalam satu kotak saja atau di dalam satu bidang saja.

Manfaat Networking

Walaupun pada pengertian nya, networking merupakan koneksi yang dibangun antara dua orang atau lebih, tetapi sekarang koneksi relasi bisa semakin luas dan tanpa adanya Batasan. Banyak sekali manfaat dapat Anda peroleh dari membangun networking ini, seperti:

  1. Mendapatkan pekerjaan baru

Jelaskan hubungan dengan banyak orang dapat menguntungkan Anda dalam karir. Mengapa? Karena luasnya Pergaulan anda maka, citra positif yang Anda bangun pun dapat dilihat oleh para rekan kerja maupun relasi. Dari hal tersebut lah anda bisa memperoleh peluang pekerjaan baru.

Tidak hanya informasi lowongan kerja yang sesuai dengan bidang anda, secara otomatis circle Anda juga akan merekomendasikan anda untuk menjadi kandidat yang terpilih.

  1. Saling membantu

Membangun serta menjaga hubungan dengan baik bisa menutupi beberapa kekurangan antara sesama pekerja. Bahkan permasalahan dari salah satu rekan kerja juga dapat diselesaikan. Misalnya, dalam circle ada terdapat salah satu rekan yang mengalami kesulitan dalam pekerjaan nya. Maka, Anda dapat membantunya dengan memberikan solusi.

  1. Berbagi ide

Banyak bertemu dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda beda tentunya membuka kesempatan untuk anda memiliki ide ide baru. Tentu saja dari obrolan tersebut anda bisa merealisasikan proyek kerja yang berkaitan dengan ide-ide tersebut. Bukan hanya untuk bertukar ide saja, namun anda pun bisa memperoleh solusi dan juga networking yang baik. 

  1. Peluang dipromosikan

Hal selanjutnya yang harus anda ketahui yaitu tidak berbeda jauh dengan poin belum nya, networking ini bisa membuka peluang untuk anda naik jabatan. Promosi dari teman kerja dalam jaringan yang Anda bangun, tentunya membantu untuk anda membuka kualitas diri. Selain itu, ini juga sangat berpengaruh untuk ada mendapatkan promosi jabatan. Terlebih bila rekomendasi tersebut sesuai dengan kualifikasi yang sedang dipromosikan. 

Tips membangun networking

  1. Fokus dengan target

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun networking yaitu fokus dengan target yang Anda tetapkan. Memang membangun hal ini tidaklah sebentar karena membutuhkan proses yang sangat Panjang. Melihat keadaan ini, Anda harus tetap fokus dengan tujuan Anda.

  1. Percaya diri

Saya dapat dikenal lingkungan yang baru, maka Anda wajib memiliki percaya diri yang sangat tinggi. Namun tidak harus menjadi orang yang sombong. Percaya diri dalam hal ini berarti ada harus bisa beradaptasi dengan lingkungan. Jika perlu, keluarkan semua kemampuan diri Anda untuk menjadikan Anda unik serta berbeda dari yang lainnya.

  1. Aktif di banyak kegiatan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu anda bisa mengikuti beberapa training atau seminar yang bisa membuka peluang anda mengenal relasi dan latar belakang orang lebih banyak. Cara yang satu ini sangat efektif untuk Anda yang sedang membangun networking.

Tidak hanya training atau seminar saja, Anda pun dapat ikut serta dalam organisasi atau komunitas. Karena di acara tersebut banyak kenalan yang dapat kamu peroleh.

Sekian manfaat dan cara membangun networking yang bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda.