Cepat dan Mudah, Begini Cara bayar Pajak Lewat Mobile Banking BCA

bayar pajak lewat mobile banking

Siapa sih yang tidak kenal dengan bank swasta yang satu ini, yaitu BCA. Sebagai salah satu bank swasta ternama di Indonesia, BCA selalu mengedepankan fasilitas perbankan yang modern. Salah satunya, yaitu mobile banking BCA.

Pastinya, bagi Anda nasabah BCA sudah mengenal namanya mobile banking BCA yang satu ini. Banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi mobile banking BCA ini, salah satunya adalah bisa digunakan untuk membayar pajak.

Tentu saja, untuk menggunakan fasilitas mobile banking BCA, Anda harus memiliki rekening BCA. Dengan begitu, Anda dapat menikmati sensasi membayar pajak secara online. Nah, bagaimana cara membayar pajak lewat mobile banking BCA? 

Tentunya, bagi Wajib Pajak (WP) di Indonesia harus rutin membayar pajak setiap tahunnya. Salah satu, pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bagimana cara membayar pajak bumi dan bangunan yang cepat dan mudah? Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 

Salah satu pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak di Indonesia adalah PBB atau pajak bumi dan bangunan. Di era yang serba digital ini, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) cukup cepat dan mudah dilakukan, seperti: membayar melalui ATM BCA, internet banking dan mobile banking BCA.

Perlu diketahui, pajak bumi dan bangunan ini wajib dibayarkan baik oleh wajib pajak perorangan, instansi maupun badan usaha. Ketentuan tentang wajib pajak bumi dan bangunan ini, diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985, yaitu tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Cara Bayar Pajak Lewat Mobile Banking BCA

Seperti yang telah dijelaskan dalam penjelasan sebelumnya, mobile banking BCA dapat digunakan untuk membayar pajak. Namun, sebelumnya pasikan Anda sudah terdaftar sebagai pengguna mobile banking BCA. Adapun cara bayar pajak lewat mobile banking BCA adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi mobile banking BCA.
  2. Kemudian, pilih menu pembayaran.
  3. Selanjutnya, pilih menu MPN atau Pajak pada layar smartphone Anda.
  4. Di layar smartphone Anda, akan ditampilkan menu PBB. Lalu, Anda diminta untuk memasukkan nomor objek pajak dan tahun pajak.
  5. Setelah, semua data yang dibutuhkan diisi lengkap, Anda diminta untuk melakukan konfirmasi dengan cara tekan Ya pada layar smartphone

Pastinya, setelah Anda melakukan konfirmasi pembayaran pajak bumi dan bangunan. PBB Anda akan terbayar. Sebagai, bukti bahwa Anda telah membayar pajak, dengan sendirinya sistem mobile banking BCA akan mengirim bukti pembayaran pajak Anda ke email. Selain itu, Anda dapat cek bukti pembayaran pajak di inbox aplikasi mobile banking BCA.

Ternyata, selain dapat digunakan untuk membayar pajak, aplikasi mobile banking BCA juga dapat digunakan untuk pembayaran lainnya. Adapun penjelasan tentang manfaat memiliki mobile banking BCA akan dijelaskan di informasi selanjutnya.

Manfaat Menggunakan Mobile Banking BCA, Selain untuk Membayar Pajak

Selain dapat digunakan untuk membayar pajak, ada beberapa manfaat lainnya menggunakan mobile banking BCA. Adapun manfaat menggunakan mobile banking BCA adalah sebagai berikut.

1. User Friendly

Bisa dibilang, mobile banking BCA merupakan aplikasi yang user friendly. Itu karena aplikasi perbankan ini mudah digunakan oleh siapapun. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh semua provider, asalkan si pengguna mendaftarkan nomor teleponnya.

Dengan begitu transaksi perbankan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah oleh nasabah BCA. Nah, bagi Anda nasabah BCA yang belum memilik mobile banking BCA, segera daftarkan diri Anda untuk menggunakan mobile banking BCA. 

Pastinya, setelah mendaftar mobile banking BCA, Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Caranya dengan memasukkan user ID yang sudah Anda daftarkan dan memasukkan PIN atau password

2. Memiliki Banyak Fitur

Selain mudah digunakan, aplikasi mobile banking BCA ini memiliki banyak fitur. Artinya, tidak hanya fitur membayar pajak saja, melainkan juga ada fitur lainnya. Adapun fitur lain yang tersedia di aplikasi mobile banking BCA adalah sebagai berikut.

  • Fitur transfer sesama bank BCA sampai dengan transfer antarbank.
  • Fitur pembayaran tagihan dari tagihan PDAM, PLN, BPJS, asuransi, telepon, internet sampai dengan tagihan kartu kredit.
  • Fitur top up atau pembelian e-Wallet, seperti: linkAja, OVO, Gopay dan dompet digital lainnya yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.
  • Fitur dana untuk investasi atau deposito.
  • Fitur layanan yang berkaitan dengan administrasi perbankan, seperti: penggantian PIN ATM dan cetak rekening koran.
  • Fitur cardless. Fitur yang satu ini dapat digunakan oleh nasabah BCA tanpa kartu ATM. Artinya, nasabah dapat melakukan setor tunai dan tarik tunai di mesin ATM BCA tanpa menggunakan kartu ATM. Pastinya, fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering lupa membawa ATM.

3. Menyediakan Banyak Informasi

Selain dapat digunakan untuk membayar pajak, mobile banking BCA ini juga menyediakan banyak informasi. Adapun informasi yang tersedia di mobile banking BCA adalah sebagai berikut.

  • Menyediakan informasi saldo sampai dengan mutasi rekening.
  • Terdapat informasi letak ATM dan kantor cabang bank terdekat di wilayah Anda.
  • Menyediakan laporan dan history aktivitas transaksi perbankan yang dilakukan oleh rekening BCA Anda.

Itulah manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan mobile banking BCA. Jadi, aplikasi mobile banking BCA tidak hanya bisa digunakan untuk membayar pajak secara cepat dan mudah melainkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan lainnya. Pastinya, dengan mobile banking BCA transaksi perbankan Anda menjadi cepat dan mudah dilakukan.