Ciri-ciri Investasi Bodong dan Tips Menghindarinya

investasi bodong

Investasi adalah langkah yang amat penting bagi Kita untuk menanamkan modal untuk di masa mendatang, Apabila Kita sudah memasuki usia yang mungkin tidak lagi produktif. Maka dari itu investasi bisa membuat Kita dalam membantu dan juga menstabilkan keuangan. Agar bisa terwujud, sebelum mulai sebaiknya kita Kenali ciri-ciri dari Investasi bodong agar tidak menjadi salah satu korbannya. Ciri investasi bodong sendiri akan kita bahas disini.

 Dalam apapun bentuk dari investasi yang Kita pilih, akankah lebih baik jika Kita memahami konsep utama dari cara mengelelola dana tersebut. Kita juga harus memiliki kesiapan untuk menerima resiko apabila investasi yang Kita pilih mungkin bisa gagal. Didalam investasi, Kerugian adalah hal yang sudah lumrah. Dan juga mungkin beberapa investor pemula pasti mengalaminya.

 Tetapi, Kita perlu untuk bisa mengetahui perbedaan pada gagal dalam investasi dan menjadi korban investasi bodong atau penipuan. Lalu, Bagaimana cara Kita dalam mengenali ciri-ciri dari investasi bodong?  Berikut beberapa cara Kita untuk Kenali ciri-ciri dari penipuan yang telah dirangkum ke dalam artikel ini. 

1. Keuntungan yang relatif Tinggi akan tetapi dengan Resiko yang sangat minim

Disetiap Kita berinvestasi, sangat wajar jika mempunyai resiko. Semakin besar jumlah dari investasi Kita maka semakin besar juga resiko yang akan Kita terima. Maka dari itu Kita harus bisa lebih berhati-hati lagi jika ada oknum yang sedang menawarkan investasi kepada Kita dengan menjanjikan keuntungan yang tinggi akan tetapi dengan minim resiko, bahkan bisa juga tidak mempunyai resiko. 

2. Oknum penipuan biasanya sering mendesak untuk mengajak Kita berinvestasi dengannya.

Biasanya pelaku penipuan saat sedang mempromosikan sebuah produk yang dimilikinya, oknum investasi bodong ini kebanyakan terlalu mendesak bahkan memaksa target korbannya agar secepatnya bergabung kedalam organisasi investasi mereka. Contoh yang biasanya dilakukan seperti, eksklusif, waktu dan tempatnya yang terbatas, dan ajakkan lain yang mendesak Kita agar cepat-cepat menginvestasikan barang atau aset Kita pada mereka.

3. Minimnya atau dibatasinya Informasi

Biasanya investasi resmi akan memberikan informasi yang sangat detail dan terperinci bagi calon-calon investor mengenai suatu investasi dan juga cara mengelola dana. Lain cerita jika dengan Investasi bodong. Jika Kita meminta informasi tentang penjelasan tentang bagaimana mengelola dana dan juga kemana aset Kita dialokasikan, Oknum penipuan biasanya hanya akan menghindari pertanyaan-pertanyaan dari calon korbannya. 

4.Legalitas yang belum jelas

Sebelum memulai bisnis, pastinya perusahaan dalam berinvestasi diharuskan untuk mendaftarkan diri dan juga menunggu hasil untuk izin operasi dari banyak pihak, salah satu contohnya yaitu dari OJK atau Otorisasi Jasa Keuangan. Jika perusahaan investasi tidak bisa memperlihatkan izin operasi, maka Kita patut curiga dengan perusahaan itu. Dan juga kita harus Kenali ciri-ciri lainnya. 

5. Berani Mencatut Nama Tokoh Terkenal

Agar sukses dalam menipu korban, biasanya Oknum penipuan investasi bodong bahkan berani mencatut nama-nama dari orang yang terkenal, dari nama artis bahkan juga tokoh penting. Akan tetapi nama-nama yang disebutkan para oknum mungkin tidak pernah melakukan investasi bahkan mereka juga mungkin tidak tau tentang perusahaan yang menyebutkan nama mereka.

6. Rekam jejak yang Fiktif

Rekam jejak perusahaan investasi bodong yang tidak bisa untuk dipertanggungjawabkan. Kebanyakan oknum penipuan akan mengaku-ngaku memiliki banyak pengalaman di dalam dunia investasi, bahkan juga ada beberapa oknum yang berani mengaku memiliki penghargaan yang bisa menghasilkan uang yang lebih besar. Akan tetapi, disaat Kita mencari akan kebenaran itu, nihilnya bukti yang dikatakan oleh para oknum tersebut. 

Cara Menghindari Investasi Bodong

ciri-ciri investasi bodong

1. Melakukan Eksplorasi Sebelum Memulai Investasi

Sebelum Kita memulai suatu investasi, ada baiknya Kita mengeksplorasi terlebih dahulu, tentang seluk beluk,  sistem dari berinvestasi, pengalokasian dana, dan juga keuntungan yang akan Kita peroleh bahkan tentu saja dengan legalitasnya. Kita pun bisa melakukan konfirmasi secara langsung tentang sebuah perusahaan investasi kepada OJK atau juga pihak otoritas resmi lainnya.

2. Mengecek Lewat Situs OJK

Agar Kita lebih yakin lagi tentang suatu perusahaan investasi, Kita juga bisa mengecek dan juga mengkonfirmasi tentang kredibilitas suatu perusahaan investasi yang kita pilih melalui situs OJK. Kita juga bisa menghubungi call center OJK melalui 1500655, dan juga Kita bisa mengirimkan surel ke ojk di waspadainvestasi@ojk.go.id.

3. Membaca Dokumen Tentang Perusahaan investasi

Jika sebuah perusahaan investasi yang sudah legal maka kita akan diberikan beberapa dokumen tentang informasi secara rinci mengenai kesempatan investasi untuk para calon investor. Pada dokumen ini berisikan data-data seperti halnya profil perusahaan,kondisi keuangan, model investasi, dan juga resiko bahkan informasi mengenai orang-orang yang berada di dalam perusahaan tersebut. 

4. Menanyakan Investasi Dengan Orang yang Lebih Paham

Setelah Anda melakukan riset, Anda juga wajib untuk bertanya pada orang yang paham tentang investasi, Seperti contohnya konsultan keuangan. Atau juga bisa dengan bertanya kepada orang yang telah melakukan investasi, misalnya saudara, orang tua, ataupun teman Anda.

5. Jangan Terlalu Serakah

Rata-rata banyak dari Kita memiliki sifat yang serakah dikarenakan terlena oleh oknum penipuan dari perusahaan investasi bodong. Dikarenakan terayu akan tawaran-tawaran yang memiliki hasil peruntungan yang besar. Maka dari itu supaya Anda menghindari investasi itu, Sebaiknya Anda mengetahui ciri investasi bodong dan juga memikirkannya secara logika jika Anda tidak ingin aset yang Anda miliki hilang begitu saja.